Sukses

19 Macam Android dari Tingkatan Pertama hingga Terbaru Lengkap Beserta Fiturnya

Ada beberapa macam android dari yang tingkatan pertama hingga terbaru dengan beberapa fitur yang melengkapinya.

Liputan6.com, Jakarta Macam android terus diperbarui seiring berkembangan teknologi digital yang semakin pesat. Android adalah sistem operasi berbasis mobile yang secara umum digunakan pada perangkat smartphone ataupun tablet. 

Kehadiran Android bahkan mampu menggeser popularitas sistem operasi Symbian dan Blackberry. Di Indonesia sendiri penggunaan smartphone meningkat hingga mencapai sekitar 100 juta orang pada tahun 2018, dan menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia. 

Hampir setiap tahun, android selalu memperbarui sistem operasi atau OS-nya. Hingga 2020, setidaknya android telah mengeluarkan 18 sistem operasi. Macam android tersebut selalu memiliki fitur-fitur terbaru di setiap serinya, itu yang menarik para penggunanya.

Berikut ini ulasan mengenai macam android dari yang pertama rilis hingga terbaru beserta fitur-fiturnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (30/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Daftar Macam Android pada Tahun 2008-2010

1. Android 1.0 Apple Pie

Macam android yang pertama ialah dinamai Apple Pie atau biasa disebut Android Alpha. Jenis sistem operasi ini pertama kali diperkenalkan pada 2008. Adapun fitur menarik yang dimiliki di antaranya play store, web browser, kamera sinkronisasi antara Gmail, Contact, dan Google Agenda. Di samping itu, Apple Pie juga telah dilengkapi dengan fitur lainnya, seperti Maps dan YouTube. Setidaknya terdapat dua versi Apple Pie yaitu dirilis oleh Google dan OHA.

2. Android 1.1 Banana Bread

Macam android yang kedua adalah Banana Bread. Android Banana Bread rilis pada Februari 2009. Android Banana Bread atau yang juga disebut Android Beta memiliki fitur yang tak jauh beda dari Apple Pie. Android Banana Bread mulai bisa digunakan pada smartphone HTC. Fitur yang ditawarkan adanya Show dan Hide numeric keyboard pada aplikasi telepon, serta kemampuan untuk menyimpan MMS attachments.

3. Android 1.5 Cup Cake

Macam android yang ketiga adalah Cup Cake. Versi Android ini diperkenalkan pertama kali pada 2009 dan menjadi sistem operasi yang paling diminati oleh pengguna ponsel. Selain itu, OS ini juga menyertakan fitur-fitur seperti keyboard di layar, Bluetooth, A2DP, AVRCP, dan beragam peningkatan fitur seperti perubahan UI untuk menajemen aplikasi Google.

4. Android 1.6 Donut

Macam android yang ke empat adalah Donut. Android Donut dirilis pada September 2009. Jenis Android ini pun mulai bisa memperbaiki masalah atau bug. Selain itu, pada jenis Android Donut ini memiliki fitur tambahan berupa fitur navigasi Turn by Turn dan gesture framework.

5. Android 2.0 - 2.1 Eclair

Pada Oktober 2009, Android kembali merilis OS terbarunya yang diberi nama Eclair. Versi Android Eclair merupakan awal dari diterapkannya aplikasi Bluetooth 2.1 pada Android. Tak berselang lama, versi 2.0 pun di update ke versi 2.1 yang tentu saja memiliki fitur tambahan lain. Fitur tambahan pada versi ini ialah Multi Touch, Live Wallpaper serta flash kamera.

6. Android 2.2 Froyo

Macam android yang selanjutnya adalah Froyo. Froyo merupakan sistem operasi yang dirilis pada bulan Mei 2010. Android ini merupakan pembaharuan fitur dari versi sebelumnya. Di Android Froyo, pada Google Chrome terdapat tambahan Script Chorme. Fitur ini berguna untuk menambah kecepatan kinerja pada Google Chrome. Selain itu, juga ada fitur lain yaitu adanya USB Tathering, implementasi JIT, dan animated GIFs.

3 dari 5 halaman

Daftar Macam Android pada Tahun 2011- 2014

7. Android 2.3 Gingerbread

Masih ditahun 2010, pada bulan Desember, Google kembali merilis Android dengan nama Gingerbread. Pada Android versi 2.3 ini mulai disematkan fitur NFC, internet calling dan juga download manager. 

8. Android 3.0-3.2 Honeycomb

Macam android berikutnya ialah Honeycomb. Jenis android ini khusus dirancang untuk perangkat dengan ukuran layar yang lebih besar, terutama tablet. Android Hoenycomb yang resmi dirilis pada Februari 2011 ini menjadi salah satu perangkat yang cukup digemari oleh penggunanya. Dengan berbagai fitur menarik seperti video chat Google Talk, adanya Google eBook, Private browsing, dan HTTP live streaming.  

9. Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Android Ice Cream Sandwich merupakan jenis Android yang mulai populer di kalangan pengguna smartphone. Pasalnya, Android Ice Cream Sandwich ini bisa digunakan pada semua jenis platform dan juga smartphone. Selain itu, fitur dari sistem operasi ini pun semakin bertambah dan juga menjadi lebih multitasking. Terutama dengan penambahan fitur WI-FI direct dan support aplikasi Email EAS v14.

10. Android 4.1.2 Jelly Bean

Jelly Bean merupakan salah satu macam android yang sangat populer. Jenis android yang dirilis pada 27 Juni 2012 ini merupakan versi dari android yang mendapatkan update hingga 2 kali. Adapun versi terbaru dari android ini menggunakan User Interface dan Google Search.

11. Android 4.4.2 KitKat

Macam android yang populer berikutnya yaitu KitKat. Android KitKat resmi dirilis pada 2013 dan memiliki banyak pembaharuan pada fitur-fitur yang dimilikinya. Hal yang paling mencolok mungkin dapat dilihat dan langsung terasa oleh pengguna ialah tampilan (antar muka) dan navigasi.

Di samping itu, Android KitKat juga telah menyertakan sejumlah fitur baru yang sebelumnya tidak tersedia pada Android Jelly Bean. Banyak sekali keunggulan yang dimiliki Android KitKat dibanding Jelly Bean, seperti Voice Command, Fitur Celler ID, dan aplikasi Google Hangouts.

12. Android 5.0 Lillipop

Lollipop merupakan salah satu sistem operasi yang resmi dirilis pada 2014. Macam android ini memiliki fitur tambahan yang menyempurnakan fitur-fitur terdahulunya. Selain itu, sistem kerja pada Android Lollipop lebih sempurna dari versi android sebelumnya.

4 dari 5 halaman

Daftar Macam Android pada Tahun 2015-2017

13. Android 6.0 Marsmallow

Salah satu OS Android yang saat ini sangat digemari ialah Marsmallow. Android versi 6.0 ini memiliki fitur tambahan support USB type C. OS ini memulai adanya fitur sensor sidik jari dan juga daya baterai yang meningkat.

14. Android 7.0 Nouget

Macam android yang cukup digemari pengguna berikutnya ialah Nouger. OS yang dirilis pada 2016 ini memiliki fitur-fitur yang canggih. Salah satu fitur yang menjadi daya tarik bagi penggunanya adalah Multi Window.

15. Android 8.0 Oreo

Macam android yang selanjutnya adalah Oreo. Android Oreo merupakan salah satu sistem operasi yang mengutamakan kecepatan dan frekuensi. Bahkan kecepatan Bootnya mencapai 2 kali lipat dan tahan lama. Tak heran, jika kini jenis OS ini sangat digemari oleh para penggunanya.

5 dari 5 halaman

Daftar Macam Android pada Tahun 2018-2021

16. Android 9.0 Pie

Pada Oktober 2018, Google merilis Android Pie yang memiliki desain dan fitur yang berbeda dari versi sebelumnya. Salah satu fitur menarik dari Android Pie ini ialah App Actions. Fitur ini membuat android bisa memprediksi tindakan yang akan dilakukan oleh penggunanya.

17. Android 10

Mulai pada Android 10, Google tidak lagi menyematkan nama makanan pada julukan Androidnya. Menurut pihak Android, pemakaian nama dessert untuk Android ternyata tidak selalu dimengerti oleh masyarakat global. Android 10 dirilis pada September 2019. Android 10 inilah yang kini banyak digunakan pengguna smartphone Android di seluruh dunia. Dengan fitur menarik yaitu adanya dynamic depth dan juga sudah adanya dukungan AV1 video codec dan HDR+ video format.

18. Android 11

Macam android yang paling terbaru adalah Android 11. Android 11 mulai dikembangkan pada 2020. Versi previewnya mulai dirilis pada awal Juni 2020. Sebelumnya Google juga berencana untuk merilis Android 11 versi beta untuk publik pada awal minggu Juni 2020. Namun disebabkan aksi protes yang meluas di Amerika Serikat, Google menundanya.

19. Android 12

Macam android yang paling terbaru dan baru rilis adalah Android 12. Google baru saja meluncurkan Android 12 pada tanggal 18 Mei 2021 lalu. Sistem operasi ini masih dalam tahap pengembangan dan dinamakan sebagai Android 12 beta preview. Android 12 menawarkan beragam fitur menarik yang belum ada pada pendahulunya, seperti perubahan desain Material You yang memudahkan kostumasi handphone, peningkatan fitur privasi, dan mode satu tangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.