Sukses

Apa Itu Dinamis? Ketahui Pengertian, Karakteristik dan Contohnya dalam Kehidupan

Dinamis adalah istilah umum yang merujuk kepada segala sesuatu atau kondisi yang terus-menerus berubah dan bergerak secara aktif.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu dinamis? Dinamis adalah istilah umum yang merujuk kepada segala sesuatu atau kondisi yang terus-menerus berubah, bergerak secara aktif dan mengalami perkembangan yang berarti. 

Secara etimologi, kata dinamis berasal dari bahasa Yunani yaitu dynamque yang berarti kekuatan atau tenaga. Istilah populer ini bisa diartikan dari berbagai sudut pandang, tergantung konteks yang sedang dibicarakan. 

Istilah dinamis sering kali digunakan dalam kehidupan bermasyarakat. Seperti ciri-ciri kehidupan seseorang hingga sifat seseorang dalam pasang surut kehidupan. Beragamnya kondisi yang terjadi pada sesuatu atau sesorang disebut dinamika.

Berikut ini penjelasan mengenai apa itu dinamis, beserta karakteristik dan contohnya dalam kehidupan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (20/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Dinamis

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI, apa itu dinamis adalah penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan dan sebagainya; mengandung dinamika.

Sosiologi

Sedangkan jika dilihat dari sisi sosiologi, apa itu dinamis adalah penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut.

Antropologi

Kemudian, apabila dilihat dari sisi antropologi, apa itu dinamis adalah sesuatu yang memiliki sifat aktif bergerak dan berubah.

Linguistik

Apa itu dinamis adalah penuh gerakan, penuh semangat, mudah berubah sesuai dengan keadaan.

Pendidikan Kewarganegaraan

Apa itu dinamis adalah selalu bergerak mengikuti perkembangan zaman.

3 dari 4 halaman

Karakteristik Dinamis dalam Masyarakat

Setelah mengetahui apa itu dinamis, berikut ini terdapat beberapa karakteristik dinamis dalam masyarakat, antara kain:

1. Menekuni Materi

Dinamis adalah sifat yang positif dan sebaiknya dimiliki oleh setiap orang. Hal ini karena mereka yang dinamis mampu menekuni materi yang lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang statis. Metode belajar yang digunakan adalah mereka menerima banyak perubahan dan menyeleksinya, sehingga mendapatkan materi yang relevan dan sesuai dengan apa yang dicari.

2. Memikirkan Peluang

Sifat dinamis membuat seseorang selalu berpikir positif dan memikirkan peluang di setiap masalah yang muncul. Dengan begitu berbagai kemungkinan dapat dikalkulasikan dan setiap kemungkinan yang kurang menguntungkan bisa dieliminasi. Ini kemudian akan menghasilkan dorongan untuk melakukan perubahan dan tanggap terhadap adaptasi.

3. Keyakinan yang Kuat

Seseorang yang memiliki sifat dinamis percaya bahwa dia mampu mendapatkan apa yang dia inginkan, terutama yang berkaitan dengan masa depan. Pasalnya mereka tidak takut dengan adanya perubahan dan melakukan adaptasi agar bisa masuk dan berkembang di dalamnya. Dengan begitu mereka tidak akan kesulitan untuk meraih masa depan yang mereka inginkan.

4. Semangat untuk Maju

Mereka yang memiliki sifat dinamis selalu memiliki semangat untuk maju, bergerak, dan berkembang secara signifikan. Berbeda dengan mereka yang memiliki sifat statis, dinamis membuat seseorang mampu melangkah maju dengan optimis dan menerima segala perubahan yang terjadi kemudian.

5. Kemampuan Belajar Positif

Setiap orang yang memiliki sifat dinamis tentunya juga sering menghadapi masalah. Akan tetapi, mereka mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap peristiwa dan langkah yang sudah mereka alami. Dengan begitu, mereka tidak takut melangkah maju dan terus berpikir positif walaupun terjadi kekacauan dan halangan di setiap langkahnya.

4 dari 4 halaman

Contoh Penerapan Dinamis dalam Kehidupan Sehari-Hari

Setelah memahami apa itu dinamis, berikut ini ada beberapa contoh sifat dinamis yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya adalah:

  1. Jika Anda memilik sifat yang dinamis, salah satu sifat lain yang akan Anda munculkan adalah sifat percaya diri. Sebab sifat dinamis adalah sifat yang mudah bergerak dan beradaptasi, Anda akan memiliki kepercayaan diri di tiap langkah yang diambil, karena setiap langkah tersebut terdapat peluang yang bisa dimanfaatkan.
  2. Seseorang yang memiliki sifat dinamis adalah orang yang spesial dan unik, ini karena tidak semua orang mampu menerima perubahan dengan lapang dada. Keunikan inilah yang akan menjadi sumbu penyemangatnya untuk tetap melakukan perubahan dan bisa memanfaatkannya untuk kehidupan di masa depan.
  3. Mereka yang memiliki jenis dinamis yang positif akan memberikan vibes yang sama positifnya pada lingkungan dan komunitas sosial di sekitarnya. Peluang dan alternatif yang didapatkan oleh seseorang dinamis didapatkan karena dia mampu membaca peluang yang ada dalam setiap peristiwa.

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa, manusia memiliki sifat yang dinamis karena kehidupan manusia mengikuti perkembangan zaman, yang mana ada kecenderungan untuk melakukan suatu perubahan ke arah yang lebih baik. Selain itu, dalam kehidupan masyarakat sering terjadi adanya dinamika seperti adanya pertentangan dalam masyarakat, konflik, peperangan yang menyebabkan berkurangnya penduduk, atau dinamika dalam bersaing untuk menemukan hal-hal baru dalam kehidupan. Hal-hal tersebut dapat mendorong terjadinya perubahan dalam masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.