Sukses

6 Manfaat Minyak Goreng untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak goreng untuk kesehatan tubuh dipengaruhi oleh jenisnya. Minyak zaitun, minyak kanola, minyak kelapa, minyak alpukat, dan berbagai jenis minyak lainnya bisa kamu pilih sebagai minyak goreng untuk memasak agar mendapatkan manfaat kesehatan

Padahal mengonsumsi makanan yang diolah dengan minyak goreng sering dikaitkan dengan meningkatnya risiko kesehatan. Namun, dampak buruk ini sebenarnya baru akan terjadi bila kamu menggunakan minyak goreng yang salah atau makan makanan dalam porsi besar dan terlalu sering.

Manfaat minyak goreng untuk kesehatan tubuh dipengaruhi oleh kandungan masing-masing jenisnya. Oleh karena itu, kamu bisa memilih jenis minyak goreng yang sehat untuk menjadi pengganti minyak goreng biasa.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/1/2021) tentang manfaat minyak goreng untuk kesehatan tubuh

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Goreng untuk Kesehatan Tubuh

Minyak Zaitun untuk Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Manfaat minyak goreng untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah untuk menunjang kesehatan jantung dan pembuluh darah. Hal ini bisa kamu dapatkan jika menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki kandungan lemak tidak jenuh dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung, walaupun harganya lebih mahal.

Namun, minyak zaitun tidak cocok dipakai untuk menggoreng makanan dengan metode deep fry (direndam minyak). Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki titik didih yang rendah, sehingga lebih baik dipakai untuk memanggang, membuat tumisan dengan sedikit minyak, atau sebagai campuran salad.

Minyak Bunga Matahari untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Minyak Bunga Matahari atau Sunflower oil tinggi vitamin E yang merupakan antioksidan kuat sehingga dapat melindungi sel dan organ tubuh dari radikal bebas, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Minyak bunga matahari merupakan minyak goreng serbaguna karena dapat menahan suhu tinggi (memiliki titik asap 230 derajat Celsius). Minyak ini cocok untuk campuran sayuran, steak, dan ikan. Selain itu, minyak bunga matahari dapat juga digunakan sebagai pengganti mentega saat memanggang kue.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Goreng untuk Kesehatan Tubuh

Minyak Jagung untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Kamu dapat menggunakan minyak jagung yang kaya vitamin E untuk mendukung kesehatan kulit. Mengonsumsi minyak jagung sebanyak 1 sdm per hari juga mampu memenuhi 15 persen kebutuhan vitamin E harian.

Selain itu, minyak ini memiliki titik didih lebih tinggi, sehingga cocok untuk menggoreng makanan bahkan dengan metode deep fry. Satu sendok makan minyak jagung mengandung lemak total sebesar 14 gram. Proporsinya yaitu lemak jenuh 1,8 gram, lemak tak jenuh rantai tunggal 3,8 gram, dan lemak tak jenuh rantai ganda 7 gram.

Minyak Alpukat untuk Mengurangi Gejala Arthritis

Manfaat minyak goreng untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah dapat mengurangi gejala arthritis. Sejumlah penelitian telah menemukan, ekstrak alpukat dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan yang berkaitan dengan penderita arthritis.

Oleh karena itu, minyak alpukat dapat menjadi pilihan untuk memberikan dampak kesehatan terutama pada mereka yang memiliki masalah persendian. Minyak alpukat dapat digunakan langsung ataupun sebagai minyak goreng karena stabil pada suhu tinggi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Goreng untuk Kesehatan Tubuh

Minyak Kanola untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat minyak goreng untuk kesehatan tubuh juga baik untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena minyak ini dianggap lebih rendah kalori dan mengandung lebih sedikit lemak jenuh sehingga dapat menunjang diet Anda.

Minyak kanola dapat menjadi pilihan karena tinggi asam omega-3 dan omega-6. Kandungan lemak jenuh yang dimilikinya lebih rendah daripada minyak zaitun dan minyak jagung. Satu sendok makan minyak kanola memiliki 14 gram total lemak (lemak jenuh 1 gram, lemak tak jenuh rantai tunggal 9 gram, dan lemak tak jenuh rantai ganda 3,9 gram). 

Selain itu, rasa minyak kanola cenderung lebih netral dan cocok untuk beragam hidangan. Namun, minyak ini tidak disarankan untuk dimasak dalam suhu tinggi, sehingga tidak cocok untuk menggoreng atau membakar. Hal ini disebabkan karena saat dipanaskan, minyak kanola bisa mengalami oksidasi yang bereaksi dengan oksigen untuk membentuk radikal bebas dan memicu peradangan.

Minyak Kelapa untuk Mencegah Osteoporosis

Untuk mencegah osteoporosis, diperlukan asupan tinggi kalsium. Minyak kelapa diketahui membantu tubuh agar lebih efektif dalam menyerap beberapa zat penting, salah satunya kalsium.

Berdasarkan jenisnya, beberapa minyak goreng memang diketahui membawa manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, kamu tetap disarankan untuk tidak menggunakan minyak goreng secara berulang. Batasi juga porsi dan atur frekuensi konsumsi makanan yang digoreng. Jangan terlalu banyak atau terlalu sering agar tidak mendatangkan gangguan kesehatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini