Sukses

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil pada Trimester 1, 2, dan 3, Begini Mengatasinya

Kaki bengkak saat hamil adalah normal.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil? Secara medis, mengalami kaki bengkak saat hamil merupakan hal wajar. Kondisi ini akan terjadi pada trimester pertama, kedua, dan ketiga selama masa kehamilan. 

Melansir dari Health Line, pada Jumat (4/3/2022) penyebab kaki bengkak saat hamil pada trimester pertama adalah hormon, trimester kedua disebabkan darah dan cairan dalam tubuh, dan trimester ketiga karena mendekati masa melahirkan.

“Yakinlah, cairan ekstra akan berkurang dengan cepat pada hari-hari dan minggu-minggu setelah bayi lahir,” dijelaskan.

Penyebab kaki bengkak saat hamil memang tidak selalu berhubungan dengan masalah kesehatan serius. Meski demikian, pre-eklamsia bisa menjadi salah satu risikonya. Apabila tidak mendapat penanganan tepat, ini berbahaya bagi ibu dan janin dalam kandungan.

The National Health Service (NHS) dalam keterangan tertulisnya menjelaskan cara mengatasi kaki bengkak saat hamil. Mulai dari menghindari berdiri terlalu lama, gunakan kaus kaki dan sepatu nyaman, istirahat, minum air banyak, dan melakukan olahraga ringan teratur.

“Cobalah berjalan-jalan secara teratur di siang hari atau lakukan latihan kaki,” dijelaskan.

Berikut Liputan6.com ulas penyebab kaki bengkak saat hamil pada trimester pertama, kedua, dan ketiga, Jumat (4/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Kaki bengkak bagi ibu hamil adalah hal lumrah. Pada trimester 1, 2, dan 3 pasti ada momen di mana kaki ibu menjadi lebih besar daripada biasanya, ini tanda kaki membengkak.

Melansir Health Line, ini penjelasan penyebab kaki bengkak saat hamil sesuai usia kehamilan:

1. Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil pada Trimester Pertama

Apa yang menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil pada trimester pertama? Kondisi kehamilan di usia muda berhubungan dengan hormon ibu hamil.

Peningkatan kadar hormon progesteron (secara harfiah berarti "kehamilan" atau "kehamilan pro") memperlambat pencernaan ibu hamil. Inilah penyebab kaki bengkak saat hamil pada trimester pertama.

Hal ini pula yang menyebabkan perut ibu hamil membesar sebelum memiliki benjolan bayi atau jabang bayi dalam perutnya. Pembengkakan tak hanya terjadi di kaki, tetapi tangan atau wajah, walaupun tidak banyak.

Penyebab kaki bengkak saat hamil paling umum adalah hormon. Meski demikian, jika melihat banyak pembengkakan sejak dini, terutama jika disertai dengan pusing, sakit kepala, atau pendarahan, sebaiknya hubungi dokter kandungan.

2. Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil pada Trimester Kedua

Apa yang menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil pada trimester kedua? Trimester kedua dimulai dengan minggu ke-13 kehamilan (kira-kira awal bulan keempat). Pembengkakan kaki pada usia kehamilan ini, hal lumrah.

Usia kehamilan pada minggu ke-13, memungkinkan penyebab kaki bengkak saat hamil dipengaruhi darah dan cairan dalam tubuh.

Penyebab kaki bengkak saat hamil pada trimester kedua, pengaruh peningkatan volume darah dan cairan dalam tubuh. Volume darah akan meningkat sekitar 50 persen.

“Yakinlah, cairan ekstra akan berkurang dengan cepat pada hari-hari dan minggu-minggu setelah bayi lahir,” dijelaskan.

Kondisi dari penyebab kaki bengkak saat hamil pada trimester kedua ini ditandai dengan cincin dan sepatu yang terasa sedikit nyaman, karena sangat pas!

Bukan hal yang membahayakan, semua cairan ekstra dalam tubuh ibu hamil pada trimester kedua bisa membantu melembutkan tubuh dan mempersiapkannya untuk melahirkan.

3 dari 3 halaman

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil Selanjutnya

3. Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil pada Trimester Ketiga

Apa yang menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil pada trimester ketiga? Trimester ketiga Dimulai pada minggu ke-28 kehamilan, trimester ketiga adalah waktu yang paling umum yang menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil.

Terutama saat minggu-minggu mendekati 40 minggu, gejala pembengkakan akan terasa di jari-jari kaki ibu hamil.

Pada kondisi trimester ketiga, tubuh ibu hamil akan terus membangun suplai darah dan cairan, inilah penyebab kaki bengkak saat hamil yang sering terjadi.

Rahim menjadi semakin berat saat bayi tumbuh, yang dapat memperlambat aliran darah dari kaki kembali ke jantung. Meski begitu, penyebab kaki bengkak saat hamil pada trimester ketiga bukan hal yang membahayakan, hanya bikin tidak nyaman.

4. Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil Lainnya

Apa yang menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil lainnya? Faktor-faktor lain yang dapat berkontribusi pada kaki bengkak saat hamil adalah:

- cuaca panas

- ketidakseimbangan diet

- asupan kafein

- kurang minum air putih

- berdiri untuk waktu yang lama

Secara medis, penyebab kaki bengkak saat hamil merupakan hal wajar. Hal yang perlu diwaspadai adalah saat pembengkakan kaki terjadi tiba-tiba dan tanpa proses yang jelas.

NHS dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, pembengkakan selama kehamilan bisa terjadi di kaki, pergelangan kaki, dan jari-jari kaki. Kondisi pembengkakan kaki saat hamil akan semakin memburuk pada trimester ketiga kehamilan.

“Peningkatan pembengkakan yang tiba-tiba bisa menjadi tanda pre-eklampsia, suatu kondisi yang perlu dipantau sesegera mungkin,” dijelaskan.

Gejalanya?

- peningkatan tiba-tiba pembengkakan di wajah, tangan, atau kaki

- sakit kepala yang sangat buruk

- masalah dengan penglihatan, seperti mata kabur atau berkedip

- sakit parah tepat di bawah tulang rusuk

- muntah dengan salah satu gejala ini.

Ini bisa menjadi gejala pre-eklampsia, yang dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak dipantau dan diobati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.