Sukses

Viral Pria Tempelkan Barcode QRIS Palsu di Kotak Amal Masjid, Ini Fakta-Faktanya

Pria ini mengganti QRIS kotak amal masjid dengan rekening pribadinya.

Liputan6.com, Jakarta Menyisihkan sebagian uang atau pendapatan untuk mengasihi orang yang membutuhkan adalah perbuatan yang mulia. Terlebih di bulan Ramadhan ini akan mendapat pahala berlipat ganda. Banyak cara mudah untuk beramal, mulai dari bayar zakat, sedekah sampai infak.

Ketika melaksanakan salat jamaah di masjid, kamu bisa menyisihkan uang untuk sedekah di kotak amal. Namun jika lupa membawa uang cash, di zaman canggih ini kamu bisa melakukan secara transfer. Beberapa kotak amal di masjid menyediakan barcode QRIS yang memudahkan melakukan transaksi digital dengan aman.

Meski demikian, kemudahan itu disalahgungakan oleh oknum-oknum untuk melakukan penipuan. Seperti baru-baru ini yang tenga viral di media sosial, seorang pria yang menempelkan barcode QRIS palsu untuk sumbangan masjid di kotak amal.

Pria itu diduga dengan sengaja memasang dan mengganti QRIS dengan milik pribadi. Dalam video yang diunggah Instagram @redasamudera.id menunjukkan seorang pria yang tengah membawa selebaran kertas di dalam masjid. Rupanya kertas yang ia bawa itu merupakan barcode QRIS miliknya pribadi untuk ditukar dengan barcode QRIS punya masjid.

Ia pun melakukan aksi penipuannya dengan menempel satu persatu kotak amal dengan QRIS palsu. Berikut cerita selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari Instagram @redasamudera.id, Senin (10/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menempel QRIS Palsu di Kotak Amal Masjid

Dalam video yang diketahui diambil dari CCTV masjid itu tampak pria mengenakan kemeja panjang berwarna biru dipadu celana jeans panjang menaiki anak tangga. Tampak ia menghampiri kotak amal yang berjejer rapih di lantai atas.

Pria tersebut terlihat dengan santai mengganti QRIS tersebut di atas sebuah kotak amal sebuah masjid. Sebelum menempel barcode QRIS palsu, ia sempat melihat sekeliling untuk memastikan aman atau tidak.

"Hati hati .. terutama para DKM Masjid .. telah terjadi modus penipuan mengganti barcode qris kotak amal masjid Nurul Iman Blok M Square Jakarta Selatan Lt 7" dalam keterangan unggahan tersebut, Minggu (9/4/2023).

Pelaku tidak hanya memasang satu, tetapi membawa sekitar empat kode QRIS melalui saku bajunya kemudian dipasang di atas kotak amal. Selain itu, diduga pelaku melakukan aksinya di kawasan masjid di Kalibata, Jakarta Selatan.

3 dari 5 halaman

Ditemukan Banyak QRIS Palsu

Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Nurul Iman, Blok M Square angkat bicara terkait kabar viral kasus penipuan scan atau barcode Qris palsu di kotak amal. Ia mengakuke jadian viral seperti dalam video tersebut diduga terjadi pada Kamis (6/4/2023) sekitar 10.30 WIB.

"Baru ketahuan oleh kita hari Minggu, 9 April sekitar jam 11 siang. Kita lihat ada keanehan saja, biasanya di kotak-kotak infak itu ga ada stiker Qris, terutama kotak bagian luar, nah ini ada stiker asing," ujarnya.

Merasa curiga, akhirnya mereka memeriksa semua kotak dan tiang-tiang serta dinding masjid. Ternyata ditemukan banyak stiker QRIS yang mencurigakan tersebut. Kemudian mereka memastikannya lewat rekaman CCTV untuk menemukan pelakunya.

4 dari 5 halaman

Sudah Ditangani Polisi

Walaupun demikian, ia menjelaskan, pemasangan stiker Qris oleh pelaku dilakukan dengan menumpuk beberapa kotak yang memang telah dipasangkan stiker Qris yang asli milik majid

"Sebenarnya ga diganti, itu kan dia hanya pasang stiker Qris pribadi. Kita juga ada beberapa kotak yg ada stiker Qris nya. Tapi di stiker nya ada keterangan nama masjidnya Masjid Nurul Iman Blok M Square. Nah yg pelaku tempel berbeda," jelasnya.

Saat ini, modus penipuan ini menjadi perhatian publik terutama dalam berhati-hati ketika akan bersedekah di masjid. Adapun pihak dari Kapolsek Pancoran, Kompol Panji Ali Candra mengatakan tengah memeriksa kejadian tersebut.

"Mohon waktu. Sedang kami cek," kata Kapolsek Pancoran Kompol Panji Ali Candra dikutip Liputan6.com dari Merdeka.com Senin (10/4/2023).

5 dari 5 halaman

Ingatkan Masyrakat Untuk Lebih Hati-Hati

Karena modus penipuan terbaru ini, masyarakat pun diminta untuk berhati-hati ketika hendak memberikan sedekah terutama jika menggunakan QRIS. Jika melihat dari tanggal yang tertera dalam cctv kejadian terjadi pada awal bulan April 2023 ini. Tak sedikit warganet miris melihat aksi penipuan yang dilakukan pria tersebut.

"y cek di qris ternyata seniat itu dia nama rekeningnya juga restorasi masjid tapi lokasi di medan. Tapi dia nyebar stiker di jaksel." komentar salah satu warganet.

"pak tolong segera di tangkep,dia sudah banyak menipu org..saya salah satu korban dan banyak lagi,dulu dia bisnis properti tp nyatanya rumahnya tidak di bangun2." komentar salah satu warganet.

"Buat pelajaran kita bersama, mau nyumbang pake qris kudu cek2 dulu.. jgn asal tf" komentar salah satu warganet.

"Semoga pelaku dapat d tangkap karna ini berefek sangat tidak baik bagi masjid" komentar salah satu warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.