Sukses

Doa Jenazah Perempuan yang Wajib Dipahami, Lengkap dengan Tata Cara Sholat Jenazah

Simak bacaan doa jenazah perempuan yang bisa dihafalkan ketika ada yang meninggal.

Liputan6.com, Jakarta Doa jenazah perempuan berbeda dengan bacaan doa jenazah laki-laki. Bacaan doa jenazah perempuan penting untuk dipahami oleh kaum Muslim. Bacaan doa jenazah perempuan ini dapat berupa niat salat dan setelah salat jenazah.

Bacaan doa jenazah perempuan ini perlu untuk dihafalkan. Dengan begitu, ketika saudara atau tetangga perempuan yang meninggal dapat mengamalkannya. Mendoakan jenazah diharapkan bisa membuat almarhum tenang dan setidaknya diampuni dosa-dosanya.

Selain itu, anda juga penting memahami tata cara sholat jenazah perempuan. Hal ini tata cara sholat jenazah sangat berbeda dengan sholat wajib. Perbedaan tersebut terletak pada bacaan niat dan gerakannya.

Untuk lebih paham, berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa jenazah perempuan beserta tata cara sholat dan cara mengkafaninya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (2/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Doa Jenazah Perempuan

Adapun bacaan doa jenazah perempuan yang dapat dilafalkan dan dipraktikkan ketika sholat jenazah perempuan, yakni:

Allâhummaghfir lahâ warhamhâ wa ‘âfihâ wa‘fu anhâ wa akrim nuzulahâ wa wassi’ mudkhalahâ waghsilhâ bilmâ’i wats tsalji wal barod, wa naqqihâ minal khothâyaâ kamâ naqqaita ats-tsauba al-abyadhu minad danasi, wa abdilhâ dâaron khoiran min dâarihâ wa ahlan khoiron min ahlihâ wa zaujan khoiron min zaujihâ wa adkhilhâ al-jannata wa a’idzhâ min ‘adzâabin qabri wa min adzâbinnâr.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, bebaskanlah dan maafkanlah dia. Muliakanlah tempatnya, luaskanlah kuburnya, dan mandikanlah ia dengan air, salju, dan es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Kemudian masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari siksa kubur dan siksa neraka."

3 dari 5 halaman

2. Tata Cara Sholat Jenazah Perempuan

Adapun tata cara sholat jenazah perempuan yang bisa anda hafalkan adalah sebagai berikut:

a. Membaca niat sholat jenazah perempuan:

Usholli 'alaa haadzihil mayyitati arba'a takbiratatin fardhol kifayaatai ma'muuman lillahi ta'aala.

Artinya: "Saya niat sholat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Taala.”

b. Takbir pertama dengan membaca Surat Al-Fatihah.

c. Takbir kedua dengan membaca sholawat yang berbunyi:

Allahumma sholli alaa muhammad wa ala aali muhammad. Kamaa sholaita ala ibroohim wa ala aali ibroohim. Innaka hamiidun majiid. wa baarik ala muhammad wa ala aali muhammad. Kamaa baarokta ala ibroohim wa ala aali ibroohim. Fil aalamiina Innaka hamidun majiid.

Artinya : "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad. Ya Allah, limpahilah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, dan limpahkanlah berkah atas Nabi Muhammad beserta keluarganya, sebagaimana Engkau telah beri berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, Bahwasanya Engkau Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia di seluruh alam."

d. Takbir ketiga dengan membaca:

Allahummagh firlahaa waa warhamhaa wa'aafihaa wa'fuanhaa, wa akrim nuzuula-haa, wawassi madkhola-haa, waghsil-haa bil maa-i wats tsalji wal-baradi, wanaqqi-haa minal khathayaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyad-haa minal danasi, wa abdil-haa daaran khairan min daari-haa, wa ahlan khairan min ahli-haa, wa zaujan khairan min zau-ji-haa, waqi-haa fitnatal qabri waadzaban naari.

Artinya : "Ya Allah, ampunilah dia berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau suami di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), suami yang lebih baik daripada suaminya, dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka."

e. Takbir keempat dengan membaca:

Allahumma laa tahrimnaa ajro-haa walaa taftinaa bada-haa waghfir lanaa wa la-haa (versi pendek)

Wa li ikhwanina ladzina sabaquuna bil imaani wa la tajal fi quluubina gillal lilladzina amanuu robbana innaka rouufur rohiim

Artinya: "Ya Allah, janganlah Engkau haramkan Kami dari pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah pada kami setelah kematiannya serta ampunilah kami dan dia, dan juga bagi saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian terhadap orang-orang yang beriman (berada) dalam hati kami. Wahai Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang."

f. Tutup dengan salam ke kanan dan ke kiri masih dalam posisi berdiri.

4 dari 5 halaman

3. Doa Setelah Sholat Jenazah Laki-Laki maupun Perempuan

Adapaun bacaan doa setelah sholat jenazah laki-laki maupun perempuan, yakni:

Bismillahirahmannirahim, allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad wa’ala aali sayyidina Muhammadin.

Allahumma bihaqqil fatihati I’tiq riqaa banaa wa riqaaba haadzal mayyiti (hadzihil mayyitati) waj’al qabrahu (haa) roudhotan minal jannati. Wal aa taj’alhu lahuu (lahaa) hufratan minan niiraani. Washollallahu ‘alaa khoiri kholqihi sayyidinaa Muhammad wa aalihi wa sohbihi ajma’in. Wal hamdulillahi rabbil alamin.

Artinya: “Ya Allah curahkanlah rahma atas junjungan kami Nabi Muhammad  dan kepada keluarga Nabi Muhammad. Ya Allah dengan berkahnya surat al Fatihah, bebaskanlah dosa kami dan dosa mayit ini dari siksaan api neraka.

Ya Allah curahkanlah rahmat dan berilah ampunan kepada mayit ini. Dan jadikanlah tempat kuburnya taman nyaman dari surga dan janganlah Engkau menjadikan kuburnya itu lubang jurang neraka. Semoga Allah memberi rahmat kepada semulia-mulia mahluk-Nya yaitu junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya serta sahabat-sahabatnya. Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam.”

5 dari 5 halaman

4. Cara Mengkafani Jenazah Perempuan

Setelah mengetahui bacaan doa jenazah perempuan, anda perlu mengetahui cara mengkafani jenazah perempuan. Kain kafan untuk jenazah perempuan terdiri dari 5 lembar kain putih, yang terdiri dari:

a. Lembar pertama berfungsi untuk menutupi seluruh badan.

b. Lembar kedua berfungsi sebagai kerudung kepala.

c. Lembar ketiga berfungsi sebagai baju kurung.

d. Lembar keempat berfungsi untuk menutup pinggang hingga kaki.

e. Lembar kelima berfungsi untuk menutup pinggul dan paha.

Adapun tata cara mengkafani jenazah perempuan yaitu:

a. Susunlah kain kafan yang sudah dipotong-potong untuk masing-masing bagian dengan tertib. Kemu- dian, angkatlah jenazah dalam keadaan tertutup dengan kain dan letakkan di atas kain kafan sejajar, serta taburi dengan wangi-wangian atau dengan kapur barus.

b. Tutuplah lubang-lubang yang mungkin masih mengeluarkan kotoran dengan kapas.

c. Tutupkan kain pembungkus pada kedua pahanya.

d. Pakaikan sarung.

e. Pakaikan baju kurung.

f. Dandani rambutnya dengan tiga dandanan, lalu julurkan ke belakang.

g. Pakaikan kerudung.

h. Membungkus dengan lembar kain terakhir dengan cara menemukan kedua ujung kain kiri dan kanan lalu digulungkan ke dalam.

i. Ikat dengan tali pengikat yang telah disiapkan.

j. Doa menaburkan bedak pada manyat

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيّدِنَا مُحَمَّدِ النَّتِي الَّذِي جَاءَ بِالحق المبين.

Artinya: Ya Allah berikanlah rahmat atas penghulu kami Muhammad saw sebagai Nabi yang membawa kebenaran yang nyata

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.