Sukses

Cara Membuat Pidato yang Berkesan Bagi Audiens, Ketahui Tujuannya

Memilih topik yang yang diminati dan dikuasai menjadi langkah penting dalam cara membuat pidato.

Liputan6.com, Jakarta Pidato adalah salah satu bentuk komunikasi yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam dunia bisnis, pendidikan, maupun politik, pidato dapat digunakan untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan. Namun, tidak semua orang mengetahui cara membuat pidato dan dapat menyampaikannya dengan mengesankan. Banyak orang merasa gugup atau tidak yakin saat harus berpidato di depan banyak orang. 

Sebetulnya, dengan persiapan yang baik dan latihan yang cukup, semua orang dapat menyampaikan pidato yang mengesankan dan efektif. Agar sebuah pidato dapat meninggalkan kesan pada audiensnya, orang yang akan berpidato perlu mempelajari cara membuat pidato.

Pidato merupakan pola komunikasi yang bertujuan menyampaikan informasi, meyakinkan, atau mengubah pandangan. Tujuan pidato harus di identifikasi dan dipertajam agar dapat memberikan kesan yang baik pada audiens. Berikut cara membuat pidato yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (19/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Pidato: Penulisan

1. Pemilihan Topik

Memilih topik yang yang diminati dan dikuasai menjadi langkah penting dalam cara membuat pidato. Pemilihan topik sesuai minat dan keahlian dapat mendorong kepercayaan diri seseorang yang membawakan pidati tersebut. Sebaliknya, memilih topik di luar keahlian dan minat akan menghilangkan kepercayaan diri orang tersebut.

2. Tentukan Tujuan 

Sebelum memulai cara membuat pidato, seseorang perlu menentukan tujuan dari pidato yang akan dibuat.  Apakah untuk menyampaikan informasi, meyakinkan audiens, atau mengubah pandangan mereka? Ini akan membantu dalam menyusun struktur dan mengarahkan fokus pidato yang dibuat.

3. Kumpulkan Informasi

Setelah topik dan tujuan pidato ditentukan, cara membuat pidato selanjutnya adalah mencari tahu sebanyak mungkin tentang topik tersebut. Cari sumber-sumber relevan dan pastikan bahwa informasi yang disampaikan akurat dan dapat dipercaya. Baca buku-buku, artikel, dan lakukan riset online untuk mengumpulkan informasi yang relevan dan menarik.  

4. Buat Pidato

Setelah mengumpulkan informasi yang cukup, cara membuat pidato selanjutnya adalah membuat kerangka pidato. Buat garis besar pidato, pastikan untuk menyertakan pembukaan yang menarik, tubuh pidato yang jelas, dan penutup yang kuat. Kerangka pidato juga akan membantu orator menghafalkan isi keseluruhan pidatonya.

Kerangka kemudian perlu dikembangkan menjadi naskah pidato yang utuh, Pembukaan harus menarik perhatian audiens dan memberikan gambaran umum tentang isi pidato. Tubuh pidato harus menyajikan informasi serta contoh-contoh yang relevan dan menarik. Penutup berupa simpulan poin-poin utama dari pidato yang bertujuan memberikan kesan yang kuat pada audiens.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Pidato: Presentasi

Setelah cara membuat pidato selesai ditulis, agar tujuan dari pidato tersebut sampai pada audien, pidato perlu dipresentasikan. Berikut tips agar presentasi pidato berjalan baik dan mengesankan.

1. Latihan

Setelah selesai menyusun naskah pidato, orator perlu berlatih untuk membawakannya. Orator dapat berlatih di depan cermin atau meminta tolong teman atau keluarga untuk menjadi audiens selama latihan. Dengan melatih pidato sebelum mempresentasikannya, orator melatih intonasi, gerakan tubuh, dan kontak mata. Ingat untuk mengatur waktu dan pastikan pidato tidak terlalu panjang atau terlalu pendek. Latih untuk mengatasi kecemasan yang mungkin Anda rasakan saat menyampaikan pidato.

2. Percaya Diri

Sajikan pidato dengan percaya diri dan fokus pada konten yang ada. Ingat untuk mengatur nada suara, gerakan tubuh, serta menjaga kontak mata dengan audiens. Persiapkan diri dengan baik. Sebelum hari H pidato, persiapkan diri dengan baik, pastikan untuk mengetahui lokasi dan jadwal pidato. Persiapkan pula alat-alat yang dibutuhkan seperti slide atau alat presentasi lainnya.

3. Terima Kritik 

Setelah selesai menyampaikan pidato, terima kritik yang muncul dengan baik dan cobalah untuk mengambil pelajaran dari kritik tersebut. Setiap pidato dapat menjadi kesempatan untuk belajar dan meningkatkan diri.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Pidato: Tujuan

Menentukan tujuan pidato penting sebagai penentu arah dari pidato tersebut. Tujuan pidato dapat bervariasi tergantung pada konteks dan audiens yang dihadap, berikut tujuan umum pidato.

1. Menyampaikan Informasi

Tujuan ini sering digunakan dalam pidato ilmiah atau presentasi produk. Pada pidato ini, seseorang ingin menyampaikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya kepada audiens.

2. Meyakinkan Audiens

Tujuan ini sering digunakan dalam pidato politik atau iklan. Dengan tujuan ini orator ingin meyakinkan audiens untuk melakukan sesuatu atau membeli sesuatu.

3. Mengubah Pandangan

Tujuan ini sering digunakan dalam pidato motivasi atau pidato sosial. Pembawa pidato ingin mengubah pandangan audiens tentang suatu masalah atau masalah tertentu.

4. Menghibur

Tujuan ini sering digunakan dalam pidato humor di acara non formal. Tujuan menghibur kerap digunakan para komedian tunggal yang memang bertugas membuat audiens tertawa dan merasa senang.

5. Memberi Inspirasi

Tujuan ini sering digunakan dalam pidato motivasi atau pidato kepemimpinan. Tujuannya untuk memberikan inspirasi dan semangat kepada audiens.

6. Menyampaikan Kesan yang Kuat

Tujuan ini sering digunakan dalam pidato perpisahan atau pidato pernikahan.otang yang menyampaikan pidato ingin menyampaikan kesan yang kuat dan emosional kepada audiens.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.