Sukses

PT DPI, Anak Usaha Dana Pensiun BCA di Bidang Facility Management Services

Legalitas PT DPI sebagai entitas perusahaan tertera pada Akta Notaris DR. Fulgensius Jimmy nomor 123 tanggal 24 April 2007.

Liputan6.com, Jakarta PT Dana Purna Investama yang juga dikenal dengan nama DPI yang merupakan bagian dari Dana Pensiun BCA. PT DPI adalah perusahaan yang menyediakan layanan pengelolaan gedung. Tujuan didirikannya perusahaan ini mulanya untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di bidang pengelolaan gedung-gedung operasional Bank Central Asia (BCA). Dengan kualitas yang dimiliki, PT DPI berhasil menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan lain juga.

Tidak hanya perusahaan swasta yang mempercayakan pengelolaan gedungnya pada PT DPI, perusahaan BUMN pun menjadi salah satu klien PT DPI. Tujuan dari bisnis yang dikerjakan PT DPI adalah untuk membantu klien mengelola fasilitas gedungnya, sehingga klien dapat lebih fokus mengelola bisnisnya. Berikut ulasan Liputan6.com terntan profil singkat PT DPI dan jenis layanan yang disediakan, ilansir dari laman resmi perusahaan, Selasa (10/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil PT DPI

PT Dana Purna Investama (DPI) didirikan pada 2007 sebagai anak usaha dari Dana Pensiun BCA yang merupakan bagian dari PT Bank Central Asia (BCA). Legalitas PT DPI sebagai entitas perusahaan tertera pada Akta Notaris DR. Fulgensius Jimmy nomor 123 tanggal 24 April 2007.

Kegiatan usaha yang dilakukan adalah jasa pengelola gedung, jasa pelatihan dan keterampilan tenaga kerja, serta jasa outsourcing.  Melalui usahanya ini, PT DPI berkomitmen membantu mitra kliennya dalam mengelola fasilitas gedungnya dengan baik sehingga klien dapat fokus mengelola bisnis intinya.

Meski relatif baru, dibawah manajemen yang telah berpengalaman dalam pengelolaan gedung, DPI terus berkembang dan semakin dipercaya untuk mengelola gedung milik perusahaan swasta maupun BUMN di seluruh Indonesia. Dengan dukungan finansial yang kuat dan tim pendukung profesional, DPI terus menjaga kepuasan pelanggan dan menjadi tolok ukur atau benchmarking dalam industri pengelolaan gedung di Indonesia.

3 dari 5 halaman

Layanan yang Disediakan PT DPI

Layanan pengelolaan fasilitas gedung yang disediakan PT DPI cukup beragam, berikut jenis layanannya.

1. Building Operation Maintenance and Management

Building Operations Maintenance and Management (BOMM) merupakan layanan pengelolaan operasional gedung dan pemeliharaan gedung yang dilakukan secara berkala oleh tenaga profesional. Layanan BOMM bertujuan agar gedung selalu terpelihara dengan baik dan penghuni gedung merasa nyaman dan aman melakukan aktivitas di dalamnya.  Pemilik gedung tidak perlu repot mengurus pemeliharaan dan operasional gedung sehingga bisa fokus menjalankan bisnis utamanya. 

Layanan BOMM yang disediakan adalah layanan terpadu, meliputi pemeriksaan, perapihan, pembersihan, penggantian, dan perbaikan sarana prasarana gedung. Berikut jenis layanan BOMM PT DPI.

Engineering

Perlu dilakukan pemeliharaan dan pengawasan pada semua peralatan mekanikal serta elektrikal untuk menunjang kegiatan operasional gedung. DPI memiliki teknisi terampil dan berpengalaman yang dapat memastikan semua peralatan mekanikal dan elektrikal dipelihara dengan baik dan berfungsi sebagaimana mestinya.  Pemeliharaan peralatan yang baik dapat memperpanjang usia pemakaian peralatan dan akan mengurangi biaya operasional gedung.

Housekeeping

Housekeeping atau cleaning services merupakan layanan kebersihan gedung yang dilakukan oleh tenaga terlatih dengan menggunakan peralatan dan material pembersih yang sesuai dengan spesifikasi gedung. Monitoring yang ketat dilakukan secara periodik untuk memastikan semua tenaga kerja cleaning service melaksanakan tugasnya dengan baik dan sesuai SOP yang ada.

Gardener

Selain pemeliharaan peralatan dan kebersihan gedung, taman menjadi bagian dari gedung yang tidak kalah pentingnya dan membutuhkan perawatan secara teratur. DPI menawarkan secara khusus layanan yang bersinggungan langsung kepada ekosistem alam di sekitar gedung. 

Gondolaman

Sama halnya kebersihan bagian interior gedung yang harus dipelihara, bagian eksterior juga harus dipelihara kebersihannya. DPI memiliki tenaga terampil bersertifikasi yang dapat membersihkan eksterior gedung baik low rise building maupun high rise building.

4 dari 5 halaman

Layanan yang Disediakan PT DPI

2. Office Management Services

Office Management Services adalah layanan pengelolaan berbagai fasilitas gedung yang dilakukan oleh tenaga yang ahli dibidangnya.  Layanan ini tidak hanya terbatas pada perkantoran, namun juga  termasuk pusat perbelanjaan, bank, rumah sakit, apartemen hingga perhotelan dan lainnya.

PT DPI memiliki pengalaman yang mumpuni dalam memberikan layanan Office Management Services. Perusahaan juga selalu berkomitmen memberikan layanan prima kepada pelanggannya. Secara umum Office Management Services mencakup beberapa layanan berikut. 

Receptionist

Tugas utama seorang receptionist adalah menerima tamu yang datang, mencatat identitasnya, dan membantu tamu bertemu dengan tenant yang ada di dalam gedung. Receptionist merupakan representasi perusahaan, receptionist yang baik dan ramah akan memberikan kesan perusahaan yang baik kepada tamu. DPI memberikan pelatihan khusus dan SOP kepada tenaga kerjanya agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. 

Administration Staff

Meskipun terlihat sederhana, tugas seorang administration staff pada suatu perusahaan sangat penting. Seorang administration staff bertugas mengatur penyimpanan dokumen dan melaksanakan pekerjaan administratif serta membantu koordinasi antara bagian maupun rekan kerja lain. DPI memberikan layanan kebutuhan Administration Staff berdasarkan kualifikasi yang diminta oleh Pelanggan.

Secretary

Secretary adalah karyawan yang biasanya ditugaskan untuk membantu pekerjaan pimpinan perusahaan, mulai dari menerima dan menyimpan surat, menerima tamu dan telepon, mengatur jadwal, serta kegiatan lainnya yang berhubungan dengan rahasia perusahaan. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja ini, DPI akan melakukan seleksi yang lebih ketat untuk mendapatkan tenaga kerja yang terampil dan bisa dipercaya.

Butler

Memiliki pekerja yang dapat menyajikan makanan dan minuman sesuai prosedur table manner, menjadi kebutuhan perusahaan saat ini, terutama perusahaan yang sering menerima tamu. DPI menyediakan tenaga Butler yang terlatih dalam menyajikan hidangan.

Driver

Tenaga driver yang disediakan oleh PT DPI adalah sopir yang bertugas mengemudikan mobil milik perusahaan untuk mengantar jemput karyawan di perusahaan tersebut serta merawat kendaraan yang digunakan dengan baik. DPI menyediakan tenaga kerja Driver yang dapat mengemudi kendaraan dengan baik serta memiliki surat ijin mengemudi yang sah. Driver DPi juga harus memiliki perilaku baik dan memiliki pengetahuan yang memadai mengenai kendaraan dan peraturan lalu lintas.

Office Boy

Office Boy atau biasa dikenal dengan sebutan OB adalah seseorang yang bertugas membantu melakukan pekerjaan yang bukan tugas karyawan, sehingga karyawan dapat lebih optimal dalam menyelesaikan pekerjaannya.  OB memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kenyamanan karyawan yang bekerja di suatu perusahaan.  DPI menghadirkan layanan OB dengan orang-orang yang sudah terseleksi dan terlatih sehingga bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Messenger

Messenger atau kurir adalah seseorang yang bertugas mengambil atau mengantar dokumen maupun barang ke berbagai tempat untuk kepentingan perusahaan.  Keberadaan messenger sangat dibutuhkan karena banyak dokumen fisik perusahaan yang sangat penting dan perlu diambil atau dikirim segera. DPI menyediakan tenaga messenger yang dapat mengakomodir kebutuhan perusahaan yang dibekali dengan kendaraan bermotor dan pengetahuan yang memadai mengenai peraturan lalu lintas.

Pengelolaan Meeting Room

Meeting Room atau ruang rapat menjadi salah satu tempat yang perlu diperhatikan secara khusus, mulai dari aspek kebersihan, kerapian, hingga kesiapan peralatan yang dibutuhkan untuk rapat.  DPI memberikan pilihan layanan pengelolaan ruang rapat termasuk tapi tidak terbatas pengaturan jadwal rapat serta ruang rapat yang digunakan.

Telephone Operator

Telephone operator adalah petugas yang menangani seluruh komunikasi perusahaan melalui telepon dan bertanggung jawab untuk melayani sambungan telepon yang masuk maupun keluar.  DPI menyediakan layanan Telephone Operator yang  telah mendapat training mengenai grooming dan cara berkomunikasi yang baik sehingga dapat dengan mudah menjalankan tugas yang diberikan.

Liftman

PT DPI Juga menyediakan tenaga liftman yang bertugas membantu pengunjung menemukan tempat yang ingin dituju pengunjung gedung. Liftman biasanya akan berada di dekat lift atau di dalamnya. Lingkup kerja lift man juga membantu penghuni gedung mengoperasikan lift.

5 dari 5 halaman

Layanan yang Disediakan PT DPI

3. Outsourcing

Layanan yang disediakan PT DPI selanjutnya adalah outsourcing atau tenaga kerja alih daya.  Outsourcing adalah penggunaan tenaga kerja dari luar perusahaan untuk melaksanakan tugas atau pekerjaan penunjang operasional perusahaan.  

DPI menyediakan berbagai tenaga kerja alih daya yang diperlukan perusahaan sehingga perusahaan tidak perlu repot melakukan perekrutan karyawan yang tentunya akan menghabiskan waktu, tenaga dan biaya yang besar.  Setelah tenaga kerja disalurkan ke perusahaan, DPI  akan memantau kinerja dari setiap tenaga kerja dan memastikan tenaga kerja tersebut bekerja dengan baik sesuai SOP yang telah ditentukan.

4. ATM Cleaning

Sebagai perusahaan yang mulanya didirikan untuk menyediakan layanan bagi perusahaan perbankan, PT DPI juga menyediakan layanan ATM cleaning. ATM Cleaning merupakan layanan khusus yang disediakan oleh DPI kepada perusahaan perbankan untuk membantu memelihara kebersihan dan merawat mesin ATM serta ruangan ATM yang ada di kantor  maupun di luar kantor Bank. 

Jasa layanan ini dilengkapi dengan teknologi mobile services yang dapat memberikan informasi ATM yang telah dibersihkan secara real-time, dalam bentuk laporan dan visual.  Selain itu, Cleaner DPI juga dibekali dengan kendaraan bermotor dan peralatan lengkap yang dibutuhkan untuk melakukan pembersihan ATM dari satu tempat ke tempat yang lain secara cepat dan terjadwal. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.