Sukses

Terkumpul Rp 700 Juta, Aksi Dokter Lakukan Galang Dana untuk Pasiennya Ini Bikin Haru

Aksi galang dana berawal Twitter Do Your Magic kembali jadi sorotan.

Liputan6.com, Jakarta Saling berbagi terhadap sesama bisa dilakukan oleh siapa saja dan dalam bentuk apa saja. Terlebih, kini dengan perkembangan teknologi yang mumpuni, masyarakat juga mudah untuk memberikan bantuan.

Salah satu cara yang kerap dilakukan saat memberi bantuan ialah dengan memanfaatkan media sosial. Bahkan, tak sedikit pula masyarakat yang memberikan informasi mengenai butuh pertolongan melalui platform media sosial. Baik itu bantuan mencari seseorang, meramaikan dagangan hingga penggalangan dana.

Bahkan, baru-baru ini media sosial juga ramai akan adanya seorang dokter spesialis Ortopedi dan Traumatologi yang melakukan aksi penggalangan dana. Aksi penggalangan dana yang dilakukan oleh akun @asaibrahim ini pun menjadi sorotan netizen. Pasalnya, dokter bedah tulang, dr.Asa ibrahim Sp.OT ini sempat meminta bantuan kepada netizen di Twitter terkait adanya aksi galang dana.

Aksi penggalangan dana yang dilakukan oleh pemilik akun Twitter @asaibrahim ini pun diketahui untuk membantu salah satu pasien remajanya yang mengalami kecelakaan hingga harus dioperasi. Rupanya, aksi galang dana tersebut disambut baik oleh netizen. Bahkan, diketahui pula dana yang terkumpul untuk pengobatan pasiennya mencapai Rp 700 juta lebih pada Jumat (6/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Alami patah tulang tangan parah serta batok kepala rusak

Melalui thread yang dibuat oleh akun @asaibrahim, pada 3 Januari 2023, dirinya menyebutkan jika ada salah satu pasien dari keluarga tidak mampu yang mengalami kecelakaan. Nahasnya, pasien yang diketahui berusia 16 tahun tersebut tengah merantau sendiri untuk bekerja membantu ornag tua.

Namun disayangkan, dirinya terlibat kecelakaan berat hingga membuat tangan kanannya harus dioperasi. Kendala pada biaya juga memengaruhi operasi yang harus dilakukan, pasalnya pasiennya tak memiliki BPJS. Melalui akun Twitter @asaibrahim, dokter spesialis bedah tulang ini pun memilih melakukan aksi galang dana terhadap pasiennya.

Dirinya juga turut serta menceritakan mengenai kronologi kecelakaan dari pasiennya hingga membuat kondisi tangan kananya mengalami patah tulang sangat parah serta batok kepala yang juga hancur.

"Setelah operasi kondisi blm stabil, akibat hilang darah dalam jumlah besar, nabil harus masuk ke ICU utk penanganan awal, transfusi bbrp kantong darah dan perawatan.Saat ini kondisi nabil sdh stabil. Untuk pembiayaan,keluarga tdk pnya bpjs,dibantu jasa raharja sdh diurus 20 jt." tulisnya.

3 dari 5 halaman

Perlu operasi rekonstruksi kepala hingga pembuatan tangan palsu

Lebih lanjut, karena kondisi pasien yang begitu parah dokter Asa Ibrahim ini pun menyebutkan jika sang pasien, Nabil masih harus menjalani beberapa kali operasi untuk rekonstruksi kepala. Tak hanya itu saja, dirinya juga berinisiasi untuk memesan tangan palsu untuk pasiennya.

Melalui media sosial, ia pun membagikan informasi untuk aksi galang dana. Pasalnya, dirinya pun percaya jika masih banyak netizen yang memanfaatkan media sosial demi kebaikan. Rupanya hal tersebut benar adanya.

"Sebenarnya donasi resmi hanya saya buka kurang dari 3 jam.saya tutup krna saya rasa sdh sgt cukup,trnyta rasa kemanusiaan tmn2 tdk terbendung, meski sdh ditutup donasi msh masuk trus bhkan smpe hari ini." lanjutnya pada Jumat (6/1/2023).

4 dari 5 halaman

Terkumpul lebih dari Rp 700 juta

Melalui unggahan di akun Twitter, dokter Asa Ibrahim turut merinci menganai untuk apa saja dana yang telah terkumpul tersebut. Dalam unggahannya, selain untuk biaya pengobatan hingga sembuh serta operasi yang masih perlu dilakukan, sisa dananya akan dibelikan tangan palsu yang memilih harga cukup mahal.

"Halo sahabat2ku smua yg keren bgt, yg solidaritas kemanusiaannya tinggi bgt. Alhamdulillah hari ini saya rekap total donasi yg masuk utk nabil sampai detik ini : 716.370.208

Speechless,luar biasa teman2 semua.Semuanya akan digunakan utk kesembuhan dan kebahagiaan nabil"

"Nanti kita rencana fasilitasi tangan palsu yg seperti ini, harganya seharga mobil.tapi insyaAllah bisa membuat nabil lebih aktif dan lebih produktif, aplgi dia masih sgt muda, 16 thn, masi panjang perjalanannya." lanjutnya.

5 dari 5 halaman

Banjir apresiasi netizen

Aksi galang dana yang dilakukan oleh dokter bedah tulang ini pun langsung mencuri perhatian. Bahkan, tak sedikit pula yang memuji aksi yang dilakukan para netizen lainnya yang bersedia memberikan sedikit harta untuk kesembuhan pasien tersebut.

"Alhamdulillah hanya Allah yg mampu menggerakan hati setiap warga twitter yg ikut menyumbang,semoga nabil cepat pulih dan bisa sehat selalu,hasil dari semangatmu untuk membantu orangtua dg tulus makanya banyak org yg membantumu" tulis akun @enaknyajadiapa

"Yang donasi kalian keren bgt.Dokter juga keren bgt dok. Aku baru(mungkin sebenernya ada sebelumnya tapi gak serame ini ya) liat ada dokter yang seperhatian ini ke pasiennya sampe dibukakan donasi loh. Kagum sekali sama dokter. Makasih dokter" tulis @neverjoinblue

"Warga twitter mah gitu, biar hidupnya banyak sambat karna misqueen, tp kalo ada yg butuh pertolongan pada gercep bgt" ujar @greenview06

"salut banget sama warga twitter keren" tulis @ansynt_

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.