Sukses

Profil PT Virtue Dragon Nickel Industry, Perusahaan Nikel Asal China

PT Virtue Dragon Nickel Industry merupakan perusahaan asal China yang bergerak di bidang smelter nikel.

Liputan6.com, Jakarta PT Virtue Dragon Nickel Industry merupakan perusahaan asal China yang bergerak di bidang smelter nikel yang terletak di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Perusahaan terkemuka di Indonesia ini sering kali membantu dalam bidang kemanusiaan di tanah air.

PT Virtue Dragon Nickel Industry telah berdiri sejak Agustusn 2024 dengan kantor pusat di Jakarta. Perusahaan ini merupakan cabang perusahaan Jiangsu Delong Nickel Co., Ltd., produsen logam China yang didirikan Dai Guofang, mertua Zhu.

Untuk lebih paham, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai profil PT Virtue Dragon Nickel Industry yang telah dirangkum dari laman resmi vdni.co.id., Kamis (5/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil PT Virtue Dragon Nickel Industry

PT Virtue Dragon Nickel Industry merupakan perusahaan asal China yang bergerak di bidang smelter nikel yang terletak di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. PT. Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) didirikan pada Agustus 2014 dengan kantor pusat di Jakarta dan cabang di Kendari, Sulawesi Tenggara. Perusahaan induk VDNI adalah De Long Nickel Co.LTD di JiangSu, China.

Beroperasi di kawasan industri di Morosi, Konawe, teknologi RKEF yang paling canggih dan ramah lingkungan, yang juga dikenal sebagai tanur listrik. Tanur listrik (disebut juga, dapur listrik atau tungku listrik) adalah tanur yang melakukan proses pembuatan baja atau baja paduan dengan memanfaatkan sumber panas dari arus listrik. Tanur listrik dapat mencapai suhu yang tinggi dalam waktu yang singkat. 

3 dari 5 halaman

Visi, Misi, dan Nilai-Nilai PT Virtue Dragon Nickel Industry

Visi

Menjadi organisasi kelas dunia yang sukses dalam bisnis inti peleburan yang terintegrasi melalui operasi yang berkualitas

Misi

1. Baik di sektor hulu maupun hilir dunia industri, nama PT Virtue Dragon Nickel Industry akan identik dengan nilai dan kualitas.

2. PT Virtue Dragon Nickel Industry akan menjadi organisasi yang kreatif, peduli terhadap karyawan dan lingkungannya

Nilai-Nilai

1. Perfect for all

PT Virtue Dragon Nickel Industry akan menjadi organisasi yang kreatif, peduli terhadap karyawan dan lingkungan kita. Perusahaan kami sempurna untuk semua.

2. Who we are

PT Virtue Dragon Nickel Industry adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang peleburan bijih nikel di Sulawesi Tenggara, Indonesia

3. Powerful skill

PT Virtue Dragon Nickel Industry selalu memastikan semua tenaga kerja memiliki pengalaman dan juga keterampilan profesional. Sehat adalah perhatian utama bagi PT. Virtue Dragon Nickel Industry

4 dari 5 halaman

Asal Usul Adanya Pelajar Magang Asing di PT Virtue Dragon Nickel Industry

Pada tahun 2014, Jiangsu Delong Nickel Co., Ltd. Mulai berinvestasi di Indonesia dengan membangun kawasan industri pabrik pengolahan feronikel dan stainless steel. Wakil Presiden Eksekutif kantor pusat Wu Wennan mengatakan, investasi dan operasional perusahaan di Indonesia tidak berjalan dengan lancar, terutama untuk mengirimkan pekerja dari China karena dibutuhkan modal yang sangat tinggi. Sedangkan keahlian teknis orang Indonesia belum mencapai standar, ditambah lagi dengan adanya perbedaan budaya dan sebelumnya perusahaan juga banyak melakukan perekrutan penerjemah keturunan Tionghoa, namun sebagian besar dari mereka hanya bisa berbicara dan tidak bisa menulis. Oleh karena itu, proses lokalisasi tidaklah berjalan dengan lancar.

Untuk itu, dari tahun 2014, Nanjing Polytechnic Institute dan Jiangsu Delong Nickel Co., Ltd melakukan kerjasama dan inilah asal munculnya gagasan “Pelajar Magang Asing”. Kepala institusi He Xuejun mengatakan, saat itu, sekolah dan perusahaan bersama-sama membuat standar pendaftaran (rekrutmen), melaksanakan pendaftaran (perekrutan) bersama, serta membuat program pelatihan dan tujuan pelatihan, bersama-sama dalam mengikuti proses pelatihan, menjalankan pelatihan dan magang di pabrik, serta bekerja di perusahaan cabang luar negeri.

5 dari 5 halaman

Proyek PT Virtue Dragon Nickel Industry

1. Pembangunan Jetty

PT Virtue Dragon Nickel Industry membangun proyek jetty yang terletak di Morosi, Sulawesi Tenggara. Pembangunan ini telah selesai dibangun pada tahun 2017. Pada akhir pembangunan, bisa menampung 4 tongkang dan 1 kapal besar.

2. PT VDNI berangkatkan karyawan lokal studi khusus ke China

Dalam rangka meningkatkan keahlian, pengetahuan dan kemampuan tenaga kerja lokal PT. Virtue Dragon Nickel Industry membuat program pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerja lokalnya dengan mengirimkan 80 orang tenaga kerja lokal putra daerah untuk belajar di Universitas terkenal di negeri China pada tahun 2018 lalu.

Program pendidikan tersebut berlangsung selama 1 tahun dengan jurusan pendidikan yang ditempuh adalah peleburan logam di Universitas Yunnan Kunming Metalurgical sebanyak 46 orang dan jurusan pembangkit listrik di Yancheng Institute of Technology sebanyak 34 orang. Program ini juga merupakan bagian dari program alih tehnologi dari tenaga kerja asing kepada tenaga kerja Indonesia.

Diharapkan setelah pulang menempuh pendidikan di negeri China tenaga lerja lokal putra daerah ini akan bisa mengimplementasikan keahliannya dengan mengoperasikan bagian-bagian penting dari proses produksi di smleter dan PLTU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.