Sukses

Ekspansi Adalah Pengembangan, Ini Pengertian dalam Konteks Ekonomi dan Bidang Lain

Ekspansi adalah istilah yang mengacu pada proses memperluas atau mengembangkan sesuatu, misalnya bisnis, pasar, kapasitas, tempat, dan sebagainya.

Liputan6.com, Jakarta Ekspansi adalah pengembangan atau perluasan. Ekspansi adalah istilah yang mengacu pada proses memperluas atau mengembangkan sesuatu, misalnya bisnis, pasar, kapasitas, tempat, dan sebagainya. Secara sederhana, bisa diartikan bahwa ekspansi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan membuat suatu hal menjadi lebih meningkat.

Secara pandangan etimologi, ekspansi berasal dari bahasa latin yaitu expandere yang kemudian selanjutnya diserap dalam bahasa Inggris, yaitu expansion. Menurut Merriam Webster, expansion adalah tindakan atau proses perluasan. Sementara itu menurut Britannica, ekspansi adalah tindakan menjadi lebih besar atau membuat sesuatu yang lebih besar, tindakan memperluas.

Dari sejumlah pengertian tersebut, dapat dipahami bahwa ekspansi adalah aktivitas atau tindakan untuk memperluas atau mengembangkan sesuatu. Sesuatu ini bisa apa saja, termasuk ekonomi, wilayah, ukuran, kapasitas, dan sebagainya.

Untuk lebih memahami pengertian ekspansi lebih mendalam, penting juga untuk memahami pengertian istilah ini menurut para ahli. Berikut adalah sejumlah pengertian ekspansi menurut para ahli, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (10/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Ekspansi Menurut Para Ahli

Menurut Alex S. Nitisemito, ekspansi adalah bentuk upaya dari sebuah perusahaan untuk dapat memperluas cakupan pasar dan juga kapasitas dari produksi sebuah perusahaan tersebut. Ekspansi dalam konteks ini, menurut Nitisemito, dilatarbelakangi karena adanya peningkatan permintaan terhadap kapasitas produk dan jasa yang dimiliki oleh perusahaan.

Sedangkan menurut Bambang Riyanto, ekspansi adalah sebuah kegiatan perusahaan untuk dapat memperluas modal usaha, baik itu dari modal tetap maupun dari modal kerja pada perusahaan yang bersangkutan.

Enny Pudjiastuti dan Suad Husnan mendefinisikan bahwa ekspansi adalah bentuk aktivitas perluasan sebuah usaha yang dilakukan tepat dengan cara untuk meningkatkan modal, serta meningkatkan kapasitas produksi, dengan menambah unit untuk berbagai kebutuhan produksi serta proses akuisisi (merger) dengan beberapa perusahaan lain.

Semua pengertian ekspansi menurut para ahli tersebut secara spesifik mengacu pada ekspansi dalam konteksnya dengan ekonomi dan bisnis.

3 dari 5 halaman

Ekspansi Ekonomi dan Bisnis

Ekspansi Ekonomi

Dalam bidang ekonomi, ekspansi adalah suatu usaha yang dilakukan untuk dapat meningkatkan aktivitas ekonomi serta juga pertumbuhan dunia usaha. Perkembangan ekonomi ini biasanya ditandai dengan hadirnya kenaikan harga produk barang dan jasa, adanya peningkatan jumlah uang yang ada di masyarakat, peningkatan produksi, dan peningkatan konsumsi masyarakat.

Ekspansi Bisnis

Dalam bisnis, ekspansi adalah sesuatu pada segala macam aktivitas atau kegiatan untuk memperbesar atau juga memperluas jaringan usaha suatu perusahaan, baik itu dari sisi produksi atau dari sisi distribusi.

Ekspansi Pasar

Ekspansi pasar adalah upaya untuk merambah pasar baru yang dilakukan suatu perusahaan yakni dengan produk yang dipunyai. Hal tersebut dilakukan dengan menjangkau pasar yang telah atau sudah ada di titik geografis baru sehingga kemudian pengguna-pengguna baru itu mengenal serta menggunakan produknya.

Ekspansi Kredit

Ekspansi kredit adalah suatu kegiatan atau aktivitas penambahan jumlah kredit. Kredit merupakan suatu penyediaan uang atau juga tagihan dengan berdasarkan kesepakatan pinjam meminjam antara pihak bank itu dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam tersebut untuk dapat melaksanakan, yakni dengan jumlah bunga adalah sebagai imbalan.

4 dari 5 halaman

Bentuk-Bentuk Ekspansi Ekonomi

Merger

Merger merupakan sebuah bentuk penggabungan dua atau lebih perusahaan serta dengan menjadi satu kesatuan. Ini merupakan salah satu bentuk ekspansi bisnis, yang mana sebuah perusahaan yang lebih dominan akan tetap untuk mempertahankan identitasnya, sedangkan untuk sebuah perusahaan yang lemah itu akan makin dapat untuk menghilang identitasnya.

Akuisisi

Akuisisi merupakan sebuah pengambilalihan (takeover) atas hak dan kepemilikan saham yang disebut aset suatu perusahaan yang dilakukan oleh berbagai kelompok investor. Jenis dari ekspansi tersebut umumnya dilakukan untuk mampu dan dapat menjaga ketersediaan pasokan dari bahan baku atau juga dengan jaminan produk itu akan diserap oleh lingkungan pasar.

Hostile Take Over

Hostile take over merupakan sebuah bentuk akuisisi terhadap suatu perusahaan yang akan dilakukan dengan cara paksa. Upaya dari ekspansi tersebut akan dilakukan dengan cara membuka sebuah penawaran atas saham dari perusahaan yang ingin mereka kuasai di pasar modal, yaitu dengan harga tinggi di atas harga pasar.

Leveraged Buyout

Leveraged buyout merupakan sebuah upaya menguasai suatu perusahaan yang berdiri, yakni dengan cara mereka meminjam uang (utang) untuk dapat membeli perusahaan lainnya.

5 dari 5 halaman

Ekspansi dalam Berbagai Bidang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ekspansi adalah istilah yang mengacu pada tindakan untuk mengembangkan dan memperluas sesuatu, termasuk bisnis, wilayah, kapasitas, dan sebagainya.

Ekspansi Politik

Ekspansi adalah tindakan atau aktivitas untuk mengembangkan atau memperluas sesuatu termasuk wilayah. Ekspansi wilayah adalah aktivitas atau tindakan untuk memperluas wilayah kekuasaan suatu negara. Ekspansi wilayah biasanya dilakukan dengan cara diplomasi maupun perang.

Ekspansi wilayah juga disebut ekspansi politik, di mana suatu negara memperluas wilayah kekuasaanya dengan dengan menduduki sebagian atau seluruhnya wilayah negara lain.

Ekspansi Biologi

Dalam kaitannya dengan ilmu biologi, ekspansi adalah sesuatu yang terkait dengan sistem pernapasan makhluk hidup. Dalam sistem pernapasan terdapat istilah ekspansi paru, yakni pengembangan paru-paru yang terjadi ketika proses pernapasan.

Ekspansi Fisika

Dalam ilmu fisika penggunaan kata ekspansi diterapkan pada termodinamika dengan istilah ekspansi termal. dalam fenomena termodinamika, ekspansi adalah perubahan dimensi ataupun peningkatan volume yang terjadi karena adanya perubahan temperatur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.