Sukses

27 Wisata Kulon Progo Hits yang Cocok Jadi Tujuan Liburan, Eksotis dan Menawan

Wisata kulon progo yang wajib Anda kunjungi saat ingin menghabiskan waktu liburan.

Liputan6.com, Jakarta Yogyakarta tidak hanya dikenal sebagai kota pendidikan dan budaya, namun juga dikenal sebagai kota yang memiliki banyak tempat wisata. Dengan keragaman yang ada, membuat siapapun ingin berkunjung dan menikmati keindahannya. Oleh karena itu, saat Anda ingin melepas penat dari banyaknya aktivitas, maka dengan liburan dan mengunjungi wisata Kulon Progo adalah pilihan yang tepat. 

Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang berada paling Barat Provinsi DIY, serta memiliki batasan langsung dengan Purworejo. Hal itu membuat Kulon Progo terdapat banyak tempat wisata alam yang menarik. Adanya bandara baru New Yogyakarta International Airport di pesisir Kulon Progo, juga membuat beragam wisata Kulon Progo yang baru semakin bermunculan dan siap memanjakan wisatawan.

Wisata Kulon Progo tergolong lengkap, mulai dari perbukitan yang indah, hamparan pantai yang menawan dan memesona, gunung, gua, hingga kebun bunga membuat siapapun yang berkunjung akan betah menikmati suasana alam di tempat ini. Selain itu, berbagai fasilitas pendukung di setiap tempat wisata juga memadai, dan lengkap dengan spot - spot foto yang menarik. 

Berikut ini wisata Kulon Progo yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/11/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Kulon Progo

1. Hutan Mangrove

Wisata Kulon Progo yang wajib Anda sambangi saat ingin menghabiskan waktu liburan adalah Hutan Mangrove. Tidak hanya digunakan sebagai lahan untuk konservasi bakau, namun hutan ini sekarang diberikan akses bagi masyarakat untuk berwisata. Lokasinya juga mudah untuk dijangkau, tepatnya berada di Desa Jangkaran, Temon Kulon, Kulon Progo. Pengelola wisata ini juga menyediakan berbagai alternatif dan fasilitas yang memadai, serta tersedia beberapa spot foto menarik untuk dinikmati. Saat berada di sini, Anda juga bisa mengunjungi dua kawasan wisata sekaligus yaitu Mangrove Pasir Mendhit dan Mangrove Pantai Kadilangu.

2. Puncak Proman

Wisata Kulon Progo yang wajib Anda kunjungi saat menghabiskan waktu liburan, serta melepas penat adalah Puncak Proman. Selain memiliki pemandangan alam yang memukau, tepat yang berada di Bukit Proman ini memiliki spot foto yang instagramable, sehingga Anda bisa berswafoto sepuasnya. Terletak di Pedukuhan Tritis, Ngargosari, Samigaluh, membuat pengunjung bisa mengakses tempat ini menggunakan motor maupun mobil. Namun, sebelum menikmati suasana yang ada di tempat ini, maka Anda harus mendaki anak tangga sepanjang 100 meter dari tempat parkir untuk menuju puncak.

3. Gunung Jaran

Wisata Kulon Progo yang bisa Anda sambangi, terutama bagi pengunjung yang suka petualangan, maka Gunung Jaran adalah tempat yang cocok. Meskipun tidak fenomenal seperti gunung Andong, Merapi, Merbabu dan yang lainnya, namun saat berada di sini, Anda bisa menikmati hamparan perkebunan yang indah dan memesona. Gunung ini berada pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, sehingga hutan pinus, kebun teh nglinggo bisa Anda nikmati saat berada di sini. 

4. Gua Kiskendo

Wisata Kulon Progo selanjutnya adalah Gua Kiskendo, yang terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, tepatnya di Pegunungan Menoreh. Saat Anda berada di sini, maka ukiran cerita ramayana di relief mulut gua bisa Anda nikmati. Selain itu, masih ada stalagmit dan stalaktik yang sampai saat ini masih terjaga dengan baik. Fasilitas yang tersedia seperti bumi perkemahan, bisa pengunjung sewa untuk sekadar beristirahat. 

5. Waduk Sermo

Wisata Kulon Progo yang wajib Anda sambangi adalah Waduk Sermo, yang berlokasi di kawasan Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat wisata ini, mulai dibangun pada tahun 1994 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996. Adapun fungsi dari pembangunan waduk ini, ditujukan untuk memenuhi kebutuhan irigasi. Akan tetapi, sekarang masyarakat juga bisa menjadikan waduk ini sebagai tujuan untuk berwisata, sambil menikmati panorama alam di sekitar Waduk Sermo.

6. Kebun Bunga Matahari di Pantai Glagah

Wisata Kulon Progo yang sangat cocok dikunjungi pecinta fotografi adalah Kebun Bunga Matahari. Tempat ini memiliki ribuan bunga yang sangat cocok dijadikan latar foto menarik dan eksotis. Lokasinya yang dekat dengan Pantai Glagah, membuat pengunjung yang datang menjadi puas menikmati bunga matahari di sini. 

7. Kebun Teh Nglinggo

Wisata Kulon Progo yang wajib dikunjungi saat liburan bersama keluarga adalah, mengunjungi Kebun Teh Nglinggo, yang merupakan satu-satunya kawasan kebun teh yang ada di Yogyakarta. Saat berada di sini, Anda akan menikmati jamuan teh hijau, sambil melihat hamparan kebun teh yang masih sangat asri, tentu dengan berjalan kaki atau menggunakan mobil offroad. Akan semakin indah jika minhum sambil ditemani matahari yang mulai terbit dari Bukit Ngisis. 

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Wisata Kulon Progo

8. Gua Kidang Kencono

Wisata Kulon Progo selanjutnya yang wajib dikunjungi saat ingin menghabiskan waktu liburan adalah, Gua Kidang Kencono yang memiliki panjang lorong mencapai 350 m. Saat Anda menyambangi tempat ini, maka indahnya stalagmit dan stalaktit yang masih alami bisa Anda nikmati sepuasnya. Gua Kidang Kencono berlokasi di Desa Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo atau berdekatan dengan Gua Kiskendo, dan memiliki akses mudah untuk dilalui oleh pengunjung. 

9. Ayunan Langit

Wisata Kulon Progo yang bisa Anda nikmati bersama keluarga saat liburan adalah Ayunan Langit. Tempat ini mulai resmi dikunjungi tahun 2017 silam, dan sampai saat ini tak pernah sepi dari pengunjung. Berlokasi di Purwosari, Girimulyo, membuat Anda mudah untuk mengakses tempat wisata ini. Bagi pecinta olahraga dengan memacu adrenalin, maka Ayunan Langit ini adalah rekomendasi tempat yang cocok. Pengunjung yang datang, bisa mencoba untuk berayun di pinggir tebing setinggi 800 m dan di atas jurang. 

10. Canting Mas Puncak Dipowono

Wisata Kulon Progo yang wajib Anda sambangi saat ingin menghabiskan waktu liburan adalah Canting Mas Puncak Dipowono. Tempat wisata ini berlokasi di Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, yang bisa memfasilitasi Anda dengan berbagai spot foto, termasuk “teras kaca”. Sambil menikmati indahnya alam yang memesona, maka Anda juga bisa makan atau minum. Jangan khawatir, karena tempat ini juga tersedia beberapa warung makan kecil. 

11. Puncak Kleco

Wisata Kulon Progo yang memiliki panorama indah juga asri sejauh mata memandang adalah Puncak Kleco. Kawasan perbukitan ini terletak di Desa Purwoharji, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Untuk bisa sampai ke sini, maka membutuhkan sedikit usaha dari pengunjungm, dengan melakukan trekking sejauh 1 km atau menyewa jasa ojek di sekitar tempat wisata. Akan tetapi pemandangan hijau di tempat ini, akan memanjakan mata, di mana pengunjung bisa menyaksikan matahari saat terbenam dan terbit. 

12. Puncak Widosari

Wisata Kulon Progo yang wajib Anda kunjungi selain Puncak Kleco, maka di Puncak Widosari, Anda akan menemukan bongkahan batu besar di tengah hamparan hijau yang menentramkan. Tak sama dengan puncak sebelumnya, di sini Anda akan menemukan gardu pandang yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen di Puncak Widosari. Tempat ini juga membuat pengunjung bisa menikmati cantiknya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari Puncak Widosari.

13. Pule Payung

Wisata Kulon Progo yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Pule Payung, di mana tempat wisata ini dulu mewakili Kulon Progo dalam kompetisi Anugerah Pesona Indonesia (API). Tak hanya itu saja, namun wisata ini meraih juara. Pule Payung terletak di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, dengan ketinggian 450 mdpl, sehingga pengunjung yang datang bisa menikmati pemandagan Perbukitan Menoreh juga Waduk Sermo. Tersedia juga beberapa spot foto menarik yang bisa dicoba termasuk spot angkasa, lolipop, wolu, jembatan surga, hingga sepeda langit dsb.

14. Wisata Kalibiru

Wisata Kulon Progo selanjutnya yang wajib Anda kunjungi saat menghabiskan waktu liburan adalah Wisata Kalibiru. Salah satu daya tarik tempat ini, memiliki paduan panorama bukit dan hutan yang semakin indah untuk dinikmati. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan melalui menara pandang, aktivitas outbond, termasuk flying fox, dan trekking. Berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola wisata juga memadai, sehingga dapat menunjang aktivitas Anda saat ingin menghabiskan waktu liburan seru dan menyenangkan. 

 

4 dari 5 halaman

Wisata Kulon Progo

15. Bukit Ngisis Nglinggo

Wisata Kulon Progo selanjutnya, yang masih menawarkan pemandangan perbukitan yang indah dan memesona adalah Bukit Ngisis Nglinggo. Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, maka pemandangan di bukit ini menjadi salah satu alternatif. Bukit ini juga dikelilingi oleh berbagai gunung, selain itu Anda juga bisa menikmati matahari terbit dan terbenam, sambil melepas penat dan menenangkan pikiran. Anda juga bisa melihat hamparan alam yang luas serta indah sejauh mata memandang, hanya dengan tiket masuk yang dikenakan sebesar Rp.5.000

16. Ekowisata Sungai Mudal

Wisata Kulon Progo selanjutnya adalah Ekowisata Sungai Mudal, yang berlokasi di Dusun Banyunganti. Tempat ini akan sangat cocok jika Anda ingi melakukan berbagai aktivitas sekaligus, seperti berenang, berkemah dan flying fox. Namun untuk sampai ke sini, maka Anda harus berjalan sepanjang 500 m dari tempat parkir untuk menuju tempat yang juga menjadi sumber air bersih masyarakat ini.

17. Curug Sidoharjo

Wisata Kulon Progo yang wajib Anda kunjungi saat liburan adalah Curug Sidoharjo atau yang dikenal dengan Air Terjun Perawan. Tempat wisata ini berlokasi di Dusun Madigondo, Kalurahan Sidoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kulon Progo, dan merupakan salah satu air terjun tertinggi di Yogyakarta. Setelah berjalan selama 10 menit dari tempat parkir, maka Anda bisa melihat suasana air terjun yang indah, apalagi saat musim hujan debit airnya semakin banyak. 

18. Grojogan Watu Jonggol

Wisata Kulon Progo yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Grojogan Watu Jonggol, di mana wisata ini merupakan air terjun yang berada Desa Wisata Nglinggo. Saat ingin melepas penat dari banyaknya aktivitas, maka suasana sejuk dan segarnya air dikelilingi batuan alami ini adalah tempat yang cocok. Setelah melepaskan rasa lelah, maka Anda bisa melakukan swafoto untuk menghiasi laman instagram Anda. 

19. Air Terjun Kembang Soka

Wisata Kulon Progo selanjutnya yang wajib Anda kunjungi saat liburan adalah Air Terjun Kembang Soka, yang berada di Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Selain merupakan tempat yang tersembunyi, tampat wisata ini menawarkan suasana sejuk dan nyaman untuk melepaskan penat. Terdapat tiga mata air yang menjadi sumber Air Terjun Kembang Soka, sehingga tempat ini tak pernah mengalami kekeringan. 

20. Air Terjun Kedung Pedut

Wisata Kulon Progo selanjutnya adalah Air Terjun Kedung Pedut, yang berlokasi di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo atau sekitar 50 km ke arah barat dari Kota Yogyakarta. Masih sama dengan tempat wisata sebelumnya yang merupakan air terjun, namun saat berada di sini, pemandangan air terjun berkabut ketika air jatuh ke kolam adalah pemandangan pertama yang Anda jumpai. Tersedia juga wahana flying fox dan berbagai spot foto yang bisa Anda nikmati. 

21. Puncak Suroloyo

Wisata Kulon Progo selanjutnya yang bisa Anda nikmati adalah Puncak Suroloyo, yang terletak di Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Saat berkunjung, Anda bisa melihat panorama yang luar biasa dari Puncak Suroloyo, termasuk pemandangan Candi Borodudur, Gunung Merapi, Gunung Sindoro dan Gunung Merbabu. Uniknya lagi, pengunjung bisa melihat Samudra Hindia dari sisi selatan puncak, dan jika Anda beruntung maka berkesempatan melihat upacara jamasan di Keraton Yogyakarta.

 

5 dari 5 halaman

Wisata Kulon Progo

22. Pantai Glagah

Wisata Kulon Progo selanjutnya yang cukup populer adalah Pantai Glagah, yang membuat Anda bisa menikmati hamparan pasir sejauh mata memandang, juga laguna yang masih sangat luas. Pantai Glagah berlokasi di Kecamatan Temon, Kulon Progo dan hanya berjarak sekitar 10 km dari Kota Wates. Untuk pengunjung yang suka dan gemar memancing, maka di pantai ini Anda bisa melakukan aktivitas tersebut, bahkan juga bisa menyewa kano. 

23. Pantai Trisik

Wisata Kulon Progo Selain Pantai Glagah yang bisa dikunjungi, maka Pantai Trisik bisa membuat Anda menikmati hamparan pasir hitam yang mengkilap di sepanjang pantai. Hal menarik yang ada di panatai ini, terdapat konservasi penyu yang akan menambah pengalaman Anda. Selain itu, deretan pohon-pohon cemara yang rimbun di sekitar pantai, semakin menambah keindahan yang tiada batasnya. 

24. Pantai Bidara

Wisata Kulon Progo yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Bidara, yang terletak di Kelurahan Bugel, Kapanewon Panjatan. Meskipun baru dibuka tahun 2021, namun tak pernah sepi pengunjung karena tempat ini menawarkan suasana alami yang dapat menenangkan. Untuk melepas penat sambil menikmati matahari terbenam, akan semakin indah dan menenangkan. Bahkan yang lebih menariknya lagi, pantai ini dipercaya menjadi tempat bertapa Sultan Hamengkubuwono IX pada masa lalu.

25. Pantai Bugel

Wisata Kulon Progo  yang wajib Anda kunjungi saat ingin menghabiskan waktu liburan sambil melepas penat adalah Pantai Bugel. Pantai ini sering dikunjungi banyak orang, sekadar bisa mendapatkan ketenangan dengan panorama pantai besi dan hijaunya pohon-pohon cemara di sekitarnya. Pantai Bugel juga bisa adalah pilihan tempat untuk melihat indahnya matahari terbit dan terbenam. Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah saat berada di tempat wisata ini. 

26. Pantai Congot

Wisata Kulon Progo yang juga masih satu lokasi dengan Pantai Glagah, terletak di Desa Jangkaran, Temon, Kulon Progo. Bagi pengunjung yang memiki hobi dan ketertarikan di dunia memancing, maka Anda harus mengunjungi pantai ini. Tempat ini sering digunakan untuk melaut dan mendaratnya para nelayan. Bgai pengunjung, Anda bisa membayar mulai dari Rp5.000 untuk menikmati panorama pantai hitam yang satu ini.

27. Kedung Pedut

Wisata Kulon Progo yang terletak di dataran tinggi Kulonprogo ini adalah Kedung Pedut, tepatnya di Desa Kembang, Jatimulyo, Giromulyo. Kedung Pedut adalah wisata berupa air terjun yang sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tempat wisata ini memiliki beberapa spot menarik, dengan keindahan warna airnya yang putih jernih kehijauan. Adapun warna putih jernih di sini, terjadi karena aliran air deras yang berasal dari air terjun di samping kedung ini, sedangkan warna hijau toska terbentuk dari pantulan batuan di dasar sungai.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.