Sukses

9 Tempat Wisata di Madiun Bertema Edukasi dan Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta - Ingin berlibur bersama anak-anak di Jawa Timur, wajib mampir ke tempat wisata di Madiun yang edukasi. Anak-anak bisa banyak belajar tentang sejarah, alam, hingga menikmati asyiknya outbound di kawasan wisata yang hijau.

Kota Pecel ini punya banyak potensi wisata edukasi yang selama ini jarang diketahui. Ada sembilan tempat wisata di Madiun yang edukasi dan wajib dikunjungi. Mulai dari makam, masjid kuno, waduk, bendungan, kampung warna-warni, monumen, dan situs bersejarah lainnya.

Tempat wisata di Madiun yang edukasi tak hanya cocok dikunjungi bersama anak-anak untuk mengisi akhir pekan dan libur panjang. Tempat wisata di Madiun ini pun cocok untuk mengisi hari libur bersama teman-teman dan pasangan. Tertarik berkunjung ke tempat wisata di Madiun yang edukasi?

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam sembilan tempat wisata di Madiun yang edukasi melansir dari berbagai sumber, Jumat (14/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tempat Wisata di Madiun yang Edukasi

1.  Makam dan Masjid Kuno Taman

Tempat wisata di Madiun yang edukasi adalah Makam dan Masjid Kuno Taman. Ini wisata edukasi berupa peninggalan sejarah terletak di Kelurahan Taman, Madiun. Nama lain dari tempat wisata di Madiun yang edukasi ini adalah Masjid Donopuro atau Masjid Besar Kuno Madiun.

Tempat wisata di Madiun yang edukasi ini dibangun oleh Kiai Ageng Misbach atau Kiai Donopuro tahun 1754. Masjid yang semula bernama Masjid Donopuro ini didirikan di tanah bebas pajak atau perdikan Kerajaan Mataram.

Setelah masjid kuno yang dikelilingi makam para mantan bupati Madiun ini masuk dalam daftar peninggalan cagar budaya tahun 1981, maka namanya pun diganti menjadi Masjid Besar Kuno Madiun.

2. Kampung Warna-Warni

Tempat wisata di Madiun yang edukasi adalah kampung warna-warni. Awalnya, kampung warna-warni adalah kawasan kumuh dan tidak terawat. Kini, masyarakat sekitar mengubahnya menjadi tempat wisata penuh warna yang layak posting di Instagram, cocok dikunjungi bersama anak-anak untuk edukasi.

Tempat wisata di Madiun yang edukasi ini terletak di Jalan Jatijajar. Tempat wisata di Madiun ini pun didekorasi dengan lukisan mural. Nggak heran jika banyak yang menganggap Kampung Warna-Warni mirip Gamcheon Culture Village di Busan, Korea.

3. Situs Bersejarah Nglambangan

Tempat wisata di Madiun yang edukasi adalah situs Bersejarah Nglambangan. Lokasinya di desa Nglambangan, kecamatan Wungu, tepatnya berjarak delapan kilometer ke arah timur dari kota Madiun.

Tempat wisata di Madiun ini memiliki sejumlah peninggalan yang dipercaya sudah ada sejak jaman Majapahit. Ada bangunan dan artefak yang masih terjaga sampai sekarang, seperti Pura Lambangsari, Watu Dakon yang biasa digunakan untuk menyimpan pusaka, punden, lumbung, sumur kuno, serta Sendang Jambangan.

4. Wana Wisata Grape

Tempat wisata di Madiun yang edukasi adalah wana wisata grape. Tempat ini bisa ditemukan lima belas kilometer dari Kota Madiun, atau tepatnya di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, ada tempat wisata yang bernama Wana Wisata Grape.

Di tempat wisata di Madiun yang edukasi ini, pengunjung akan dibawa pada nuansa hutan asri yang berpadu dengan panorama persawahan dan perbukitan. Banyak kegiatan yang bisa wisatawan lakukan di sini, mulai dari bersepeda, hiking, main di sungai sampai berkemah.

3 dari 3 halaman

Tempat Wisata di Madiun yang Edukasi

5. Monumen Kresek

Tempat wisata di Madiun yang edukasi adalah Monumen Kresek. Ini tempat wisata di Madiun yang didirikan untuk mengenang tragedi berdarah politik tahun 1948. Orang-orang sering menyebut dengan Peristiwa Madiun, yang kemudian dibuat dalam diorama dan relief-relief.

Lokasi tempat wisata di Madiun yang edukasi ini, hanya berjarak 8 kilometer menuju arah timur dari Kota Madiun. Tragedi Madiun sendiri tercatat sebagai salah satu sejarah kelam bangsa Indonesia. Peristiwa ini menelan banyak korban di Desa Kresek mulai dari anggota TNI, Pamong Desa, hingga warga biasa.

6. Waduk Notopuro

Tempat wisata di Madiun yang edukasi adalah Waduk Notopuro. Waduk ini sebenarnya berguna untuk irigasi dan waduk tadah hujan yang menampung aliran air dari sekitar hutan lereng gunung pandan.

Waktu terbaik untuk menikmati suasana tempat wisata di Madiun yang edukasi seperti Waduk Notopuro adalah di pagi hari menjelang terbitnya matahari. Lokasi tempat wisata di Madiun yang edukasi ini berada di Dusun Notopuro, Desa Duren, Kecamatan Pilangkenceng, Madiun.

7. Bendungan Jati

Tempat wisata di Madiun yang edukasi adalah bendungan jati. Tempat wisata instagenic yang penuh warna dan cocok dikunjungi bersama anak-anak tidak hanya ada di kampung warni-warni.

Ada Bendungan Jati sebagai tempat wisata di Madiun yang edukasi, menawarkan panorama serupa. Semua dinding, pagar, dan jembatan di bendungan tersebut dipoles cat beragam warna cerah. Tangga menuju bendungan tampak apik dibalut warna kuning, merah muda, dan biru tua.

8. Waduk Bening Widas

Tempat wisata di Madiun yang edukasi adalah Waduk Bening Widas. Wisata edukasi ini dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dari aliran Sungai Brantas, juga dijadikan sebagai salah satu wisata andalan Kabupaten Madiun.

Ada pemandangan permukaan waduk yang dikelilingi hutan, pengunjung yang membawa anak-anak juga bisa melakukan berbagai kegiatan seperti memancing, bermain banana boat, sampai keliling waduk naik perahu. Tertarik berkunjung ke tempat wisata di Madiun yang edukasi ini?

9. Waduk Kedungbrubus

Tempat wisata di Madiun yang edukasi adalah waduk Kedungbrubus. Lokasi tempat wisata di Madiun yang edukasi ini berada di sebelah utara Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun dan berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Tempat wisata di Madin berupa waduk ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan irigasi warga dan tempat rekreasi. Anak-anak yang diajak berlibur ke sini bisa sekaligus belajar sejarah. Di sekitar Waduk Kedungbrubus banyak sekali ditemukan fosil purba.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS