Sukses

13 Wisata Ambon yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alam Indah dan Memukau

Wisata Ambon yang wajib untuk dikunjungi saat liburan.

Liputan6.com, Jakarta Ambon adalah salah satu provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Provinsi ini berbatasan langsung dengan Laut Seram di Utara, Laut Arafura di Selatan juga Samudra Hindia. Ambon adalah salah satu kota yang kehidupan masyarakatnya saling menghargai juga harmonis. Selain masyarakat yang masih menjunjung tinggi prinsip pela gandong, Ambon juga memiliki sejumlah tempat wisata yang menawan juga indah. Wisata Ambon yang cukup populer adalah Gong Perdamaian Dunia. 

Ambon selain terkenal dengan julukan kota musik, tempat wisata Ambon juga tidak kalah menarik. Salah satu wisata Ambon yang paling diunggulkan adalah pantai yang berderet indah, beberapa monumen perjuangan juga wisata edukasi dan budaya lainnya.  

Keindahan alam yang ada di wisata Ambon, memang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas, namun jika kamu berencana menghabiskan liburan seru dan menyenangkan, Ambon bisa jadi pilihan tepat. 

Berikut ini wisata Ambon yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Kamis (1/9/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Ambon

1. Monumen Christina Martha Tiahahu

Salah satu tempat wisata Ambon menarik dan populer, yang wajib untuk dikunjungi oleh wisatawan adalah Monumen Christina Martha Tiahahu. Monumen yang terletak di Karang Panjang ini, berjarak sekitar 3 Km dari pusat kota Ambon. Wisata ini merupakan salah satu situs sejarah dan dibuat untuk mengenang pahlawan perempuan nasional asal Maluku. Tempat ini memiliki pemandangan sunset yang indah, pengunjung juga bisa melihat kota Ambon dari ketinggian saat malam hari. 

2. Gong Perdamaian Dunia

Wisata Ambon yang cukup populer adalah Gong Perdamaian Dunia. Wisata ini akan kamu jumpai saat berada di kota Ambon, karena tempatnya terletak di pusat kota. Saat berada di sini, pengunjung akan melihat sebuah gong yang dihiasi oleh seluruh bendera dari seluruh dunia. Gong perdamaian ini merupakan gong ke-35 di dunia, serta terdapat museum mini yang terletak persis di bawah gong. Dalam museum ini, pengunjung akan menemukan foto - foto yang menceritakan asal usul kota Ambon. 

3. Monumen Ambon City of Music

Wisata Ambon selanjutnya yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan adalah Monumen Ambon City of Music. Tempat wisata ini terletak di desa Hative Besar, serta memiliki jarak tempuh 10 km dari pusat kota Ambon. Wisata ini berhadapan langsung dengan pantai yang menghadap pusat kota diseberang teluk. Pengunjung bisa duduk bersantai sambil menikmati pemandangan laut, selain itu terdapat kios kecil yang menjual makanan juga minuman. 

3 dari 5 halaman

Wisata Ambon

4. Batu Capeo

Wisata Ambon selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi oleh para wisatawan adalah Batu Capeo. Tempat ini terletak di pesisir pantai serta tempat ini juga tidak jauh dari Museum Siwalima. Saat berada di tempat ini, pengunjung bisa berenang, snorkeling sambil menikmati pemandangan yang ada. Pengunjung juga bisa melihat batu karang besar yang menjadi daya tarik tempat ini, dengan bentuk seperti topi. 

5. Pintu Kota

Wisata Ambon selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Pintu Kota atau gerbang kota. Tempat ini terletak di pesisir pantai Pulau Ambon, yang berada di antara Desa Seri dan Desa Airlouw. Wisata ini memiliki jarak tempuh 17 km dari pusat kota, dan saat berada di sini pengunjung akan melihat pepohonan rindang dengan semilir angin yang sejuk. Tempat ini juga memiliki banyak spot foto menarik, serta terumbu karang yang menawan juga ikan hias yang indah 

6. Jembatan Merah Putih 

Salah satu wisata Ambon yang sangat populer adalah Jembatan Merah Putih. Jembatan ini membentangi teluk dalam pulau Ambon, dan menghubungkan Desa Rumah Tiga, Desa Hative Kecil dan Galala. Pengunjung akan menikmati pemandangan kota ambon yang indah melalui jembatan ini. Jembatan ini adalah salah satu jembatan terpanjang di Indonesia Timur.

7. Bukit Paralayang Ruhatu 

Wisata Ambon selanjutnya adalah Bukit Paralayang Ruhatu. Tempat ini adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di daerah perbukitan, dengan pemandangan yang langsung mengarah ke Pantai Seri. Saat berada di sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan laut dari ketinggian, dihiasi gradasi hijau dari pepohonan yang berderet. Tempat ini juga memiliki gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk bersantai. 

 

 

4 dari 5 halaman

Wisata Ambon

8. Air Terjun Maspait

Wisata Ambon yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Air Terjun Maspait. Melansir dari dispar.malukuprov, tempat wisata ini terletak di Dusun Taeno, Desa Rumah Tiga, Ambon. Tempat ini memiliki air terjun yang jernih serta dikelilingi bebatuan. Suasana tempat ini juga sejuk dan menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Akses menuju wisata ini tidak sulit, pengunjung diharuskan berkendara dengan motor atau mobil sekitar 16 menit, dan menyusuri jalan setapak menuju tangga. Saat berada di sini, pengunjung bisa mandi sepuasnya. 

9. Underwater View Hukurila

Tempat wisata Ambon selanjutnya adalah Underwater View Hukurila. Melansir dari sumber yang sama, tempat wisata ini memberikan liburan menyenangkan dengan sensasi yang cukup memacu adrenalin. Negeri Hukurila terletak kurang lebih 17 km dari kota Ambon. Meskipun cukup jauh untuk diakses, namun tempat ini memiliki pemandangan bawah laut yang indah untuk pengunjung yang suka diving ataupun snorkeling. Daya tarik wisata ini, membuat siapapun ingin berkunjung dan menikmati keindahan alam dengan banyak spot menarik. 

10. Santai Beach

Tempat wisata Ambon yang paling diunggulkan adalah deretan pantai yang indah dan memukau, salah satunya adalah Santai Beach. Wisata ini terletak di desa Latuhalat serta memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Ambon, hanya dengan jarak tempuh 13 km. Pantai berpasir putih dengan luas kurang lebih 100 meter ini, memiliki air laut yang sangat jernih, sehingga pengunjung bisa melihat dasar laut. Tempat wisata ini juga bisa digunakan untuk berenang, menyelam juga snorkeling sambil menikmati matahari terbit. 

5 dari 5 halaman

Wisata Ambon

11. Pantai Lima Jari 

Tempat wisata Ambon yang wajib untuk dikunjungi adalah Pantai Lima Jari. Tempat wisata ini terletak sekitar 10 km dari pusat kota Ambon. Salah satu daya tarik tempat wisata ini adalah pantai yang memiliki bentuk seperti kolam renang, juga terdapat batu karang yang memanjang di sepanjang pantainya. Wisata ini memiliki air laut yang bersih juga udara yang segar, serta pengunjung bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam yang tersedia. 

12. New Siwang Ujunghuk

Melansir dari sumber yang sama, tempat wisata Ambon menarik yang wajib untuk dikunjungi saat liburan adalah New Siwang Ujunghuk. Tempat wisata ini merupakan salah satu wisata terbaru yang ada di kota Ambon. Meskipun terletak sejauh 7 km dari pusat kota Ambon, akan tetapi suasana yang ada di sini, membuat siapapun ingin berkunjung untuk menikmati tempat daerah pegunungan yang dikelilingi pepohonan rindang. Tempat wisata ini juga memiliki banyak spot foto menarik untuk mengabadikan momen saat berkunjung. 

13. Siwang Paradise

Wisata selanjutnya adalah Siwang Paradise yang terletak di Gunung Nona, dengan jarak tempuh sekitar 6,8 km dari pusat kota Ambon. Untuk bisa sampai ke puncaknya, maka pengunjung harus berjalan kaki sejauh 30 menit. Namun jarak bukan menjadi kendala, karena tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Pemandangan alam yang terdapat di tempat ini bak lukisan indah dengan nuansa berkabut. Pengunjung juga bisa menikmati beragam spot foto yang ada juga fasilitas yang tersedia di tempat ini. 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.