Sukses

10 Tempat Asia Wisata Terbaik yang Wajib Dikunjungi, Kota Kuno hingga Gunung yang Tak Bisa Didaki

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Asia yang wajib dikunjungi.

Liputan6.com, Jakarta Asia adalah benua terbesar baik berdasarkan luas maupun populasinya. Maka tidak mengherankan jika banyak tempat asia wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi. Hal ini jelas tidak lepas dari budaya yang beragam dari beberapa peradaban tertua.

Ada begitu banyak hal di Asia wisata yang dapat dilihat dan dilakukan. Memilih hanya beberapa tempat tentu saja sangat sulit. Bahkan di satu negara saja ada banyak sekali tempat yang menarik yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk dijelajahi.

Namun hal itu tentu sulit untuk dilakukan jika Anda mempunyai waktu dan dana yang terbatas. Namun jika Anda punya rencana untuk berkeliling Asia, setidaknya ada beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi dalam perjalanan ini.

Perjalanan Asia wisata bisa Anda mulai dari gedung pencakar langit Hong Kong hingga lereng Gunung Fuji yang megah, serta keajaiban arsitektur tempat-tempat seperti Angkor Wat di Kamboja.

Berikut adalah sejumlah tempat Asia wisata yang wajib Anda kunjungi, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (26/8/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Gunung Fuji dan Laut Mati

1. Gunung Fuji, Jepang

Gunung Fuji merupakan gunung berapi yang masih aktif. Namun, terakhir Gunung Fuji mengalami erupsi adalah pada 1708. Gunung Fuji terkenal dengan pemandangannya yang indah karena terselimuti salju. Bahkan Gunung Fuji salah satu dari tiga gunung suci di Jepang, karena dianggap memiliki kekuatan tertentu.

Di lereng Gunung Fuji terdapat sebuah hutan yang sangat terkenal sebagai tempat bunuh diri. Hutan tersebut tak lain adalah Aokigahara. Meski memiliki kesan yang suram dan menyedihkan, namun Aokigahara memiliki pesonanya sendiri. Aokigahara merupakan hutan lebat yang tumbuh di atas permukaan lava yang telah mengeras. Di sana terdapat gua-gua es yang menimbulkan sensasi rasa yang menakutkan.

Banyak orang berkunjung ke Gunung Foto untuk melihat pemandangan indahnya dari kejauhan dan menjadikannya sebagai latar belakang foto. Namun banyak pula yang mengunjungi Gunung Fuji memang sengaja untuk melakukan pendakian.

Ada empat rute yang bisa Anda lalui untuk mencapai puncak gunung. Setiap rute memiliki tempat pemberhentian di sepanjang jalan dalam bentuk kuil, monumen bersejarah, dan bahkan kedai teh. Ini jelas membuat Gunung Fuji selalu menjadi pilihan menarik di Asia wisata untuk dikunjungi.

2. Laut Mati, Israel

Laut Mati tidak seperti laut kebanyakan. Air di laut ini memiliki kadar garam yang lebih tinggi daripada laut lainnya, sehingga tidak ada yang bisa tenggelam ke dalamnya. Bagi Anda yang tidak bisa berenang, tentu saja Laut Mati adalah destinasi asia wisata yang aman, sebab Anda akan mengapung dengan sendirinya.

Sepanjang garis pantai di tepi Laut Mati banyak terdapat resor dan spa. Selain itu terdapat juga tempat wisata bernuansa religi di dekatnya. Jericho, kota di mana Yesus dikatakan telah menyembuhkan pengemis buta, terletak hanya beberapa menit di barat laut Laut Mati. Kota Sodom dan Gomorra yang legendaris, serta Zoar dan Admah, juga terletak di kota ini.

Meski kondisi lautnya terlalu asin untuk tempat hidup binatang laut, namun Anda tetap dapat menemukan sejumlah jenis binatang di gurun di sekitar Laut Mati. Pejalan kaki akan bertemu dengan apa pun mulai dari kelinci hingga rubah dan macan tutul saat menjelajahi cagar alam di sekitar Laut Mati.

3 dari 6 halaman

Phuket dan Beijing

3. Phuket, Thailand

Pulau terbesar di Thailand ini merupakan magnet bagi pengunjung. Phuket menawarkan beberapa pantai terbaik yang ada di negara ini. Kondisi pantai-pantai di Phuket memiliki pasir yang bersih dan lembut.

Pantai Kata, Hat Karon, dan Kamala merupakan pantai-pantai yang selalu ramai pengunjung setiap musim liburan. Perairan di sana menyimpan terumbu karang yang indah. Dengan kata lain, pengunjung dapat menikmati kesempatan luar biasa untuk snorkeling dan menyelam. Selain itu, pengunjung juga dapat menjelajah menggunakan kayak laut.

Pengunjung juga dapat berkunjung ke Wat Chalong putih dan emas, yang merupakan kuil Buddha terbesar dan terpenting di pulau itu. Pengunjung juga dapat mendaki bukit untuk mencapai Big Buddha, patung setinggi 45 meter yang terbuat dari marmer Burma.

Banyaknya daya tarik yang dimiliki Phuket, tentu tempat di asia wisata ini menjadi salah satu tujuan yang menarik untuk mengisi waktu liburan.

4. Beijing, China

Beijing merupakan salah satu kota terpadat sekaligus tertua di dunia. Anda bisa mengintip sejarah itu dengan berjalan di hutong-hutong Beijing, gang-gang sempit yang dipenuhi rumah dan halaman tradisional.

Ibu kota Tiongkok ini adalah rumah bagi tujuh Situs Warisan Dunia UNESCO, termasuk Istana Musim Panas Kekaisaran dan tamannya, kanal tertua di dunia, dan Kota Terlarang. Kota Terlarang terdiri dari hampir 1.000 bangunan berbeda. Kota Terlarang adalah salah satu atraksi wisata paling mengesankan di Beijing.

Kota ini juga menawarkan banyak pagoda dan kuil yang tampak unik, termasuk Kuil Tianning delapan sisi abad ke-12. Selain itu, Beijing juga memiliki 150 museum dan galeri. Museum Militer Revolusi Rakyat Tiongkok dan Museum Seni Nasional Tiongkok memiliki koleksi besar dan layak untuk dikunjungi.

Beberapa bagian Tembok Besar juga dapat ditemukan di Beijing, termasuk situs tembok yang paling banyak dikunjungi, bagian Badaling sepanjang 80 kilometer. Maka tidak mengherankan jika Beijing masuk dalam daftar tempat asia wisata yang wajib dikunjungi.

4 dari 6 halaman

Hoi An dan Hong Kong

5. Hoi An, Vietnam

Kota kuno Hoi An adalah rumah bagi salah satu pelabuhan perdagangan tertua di Asia dan Situs Warisan Dunia UNESCO. Sampai sekarang, Hoi An masih mempertahankan arsitektur aslinya dalam bentuk bangunan rangka kayu, daun jendela kolonial Prancis yang berwarna-warni, serta atap ubin bergaya China. Di Kota ini juga terdapat banyak bangunan keagamaan, halaman, dan ruko yang berderet di gang-gang sempit di seluruh kota.

Setiap bulan purnama, Hoi An merayakan Festival Lentera, sebagai wujud penghormatan pada leluhur melalui cahaya. Pada malam sebelum bulan purnama, semua lampu di Kota Kuno dimatikan, dan lentera berwarna-warni serta lilin diletakkan di jendela, di dalam rumah, dan di atas perahu yang mengambang di sungai.

Yang pasti, Hoi An memiliki banyak daya tarik yang wajib dikunjungi ketika Anda memiliki rencana liburan di Asia wisata.

6. Hong Kong

Hong Kong merupakan salah satu tempat asia wisata yang menarik. Pengunjung dapat mendaki ke puncak Victoria Peak, bukit tertinggi di Hong Kong. Tempat ini juga merupakan pusat perbelanjaan, yang memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan kota di bawahnya.

Disneyland jelas menjadi salah satu ikon taman hiburan yang ada di Hong Kong. Kebanyakan orang datang ke Hong Kong untuk alasan ini. Namun jangan lupakan juga Ocean Park, taman hiburan dengan rollercoaster dan wahana air, yang tak kalah menarik.

5 dari 6 halaman

Angkor Wat dan Kingdom of Bhutan

7. Angkor Wat dan Siem Reap, Kamboja

Kota Siem Reap lebih dikenal sebagai pintu gerbang ke wilayah Angkor dan kuil-kuil megah yang ditinggalkan oleh peradaban Khmer. Monumen keagamaan terbesar di dunia, Angkor Wat dibangun pada awal abad ke-12 dan membentang di atas lahan seluas lebih dari 160 hektar.

Siem Reap sendiri adalah perpaduan menarik antara arsitektur kolonial China dan Prancis. Di sekitarnya ada sejumlah toko roti, galeri, dan sawah Prancis. Asia Wisata ini begitu terkenal bagi wisatawan mancanegara.

Jika Anda memiliki masih memiliki waktu luang sebelum mengunjungi Angkor Wat, Museum Nasional Angkor adalah cara terbaik untuk mempelajari lebih lanjut tentang reruntuhan arkeologi dan peradaban menakjubkan itu.

8. Kingdom of Bhutan

Bhutan adalah negara yang dikelilingi Himalaya, Tibet, dan India. Bhutan memiliki bentang alam berupa pegunungan curam, lembah hijau, dan sungai deras. Di sana ada Gangkhar Puensum setinggi 7.570 meter, yang merupakan gunung tertinggi di dunia yang belum didaki.

Biara Sarang Harimau adalah tempat terbaik untuk menikmati pemandangan bentang alam Bhutan. Ini tak lain karena biara tersebut terletak di ketinggian 3.000 meter di pegunungan dan hanya dapat dicapai setelah pendakian yang melelahkan.

6 dari 6 halaman

Jaipur dan Bagan

9. Jaipur, India

Asia Wisata selanjutnya adalah Jaipur, India. New Delhi dan Mumbai mungkin merupakan kota paling terkenal di India, tetapi Jaipur juga tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. Dikenal sebagai "kota merah muda" karena warna batu yang digunakan untuk membangun banyak bangunan di sekitarnya, Jaipur juga merupakan rumah bagi komunitas pengrajin.

Di sini, para pengrajin memproduksi segala sesuatu mulai dari pencetakan balok dan tembikar biru hingga karya lak; ukiran batu; dan Bandhani, seni unik mendekorasi tekstil tie-dye dengan mencabutnya dengan kuku.

Banyak hal menakjubkan di Jaipur adalah. Beberapa di antaranya keajaiban arsitektur, termasuk istana Jal Mahal yang menakjubkan, yang terletak di tengah Danau Man Sagar.

Banyak monumen dan bangunan berwarna merah muda lainnya terletak dalam jarak 10 kilometer dari kota, termasuk kompleks kuil kuno Galtaji yang dibangun tepat di perbukitan sempit dan dikelilingi oleh kund suci (kolam air kecil). Jam matahari batu terbesar di dunia di Jantar Mantar dan batu pasir merah dan marmer Amer Fort abad ke-10 juga berada tepat di luar kota dan menarik banyak pengunjung.

10. Bagan, Myanmar

Bagan merupakan sebuah kota kuno yang dulunya merupakan ibukota dari kerajaan yang kuat. Saat ini, Bagan dan Angkor adalah dua situs keagamaan kuno terpenting di Asia. Keduanya tidak pernah sepi pengunjung setiap tahunnya.

Bagan membentang di area seluas 41 kilometer persegi dan merupakan rumah bagi lebih dari 3.000 pagoda, stupa, dan bangunan keagamaan lainnya yang terletak di tengah hutan lebat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini