Sukses

Etika adalah Kaidah Baik dan Buruk, Simak Manfaat, Macam, dan Sifatnya

Etika menentukan apa yang benar dan salah.

Liputan6.com, Jakarta Etika adalah elemen yang tak bisa lepas dari kehidupan. Etika menentukan apa yang benar dan salah. Etika adalah dasar yang digunakan dalam segala aspek kehidupan.

Memahami etika adalah bagian penting untuk menentukan perilaku yang bermoral. Etika adalah sistem yang didasarkan pada apa yang harus dilakukan manusia dan yang tidak boleh dilakukan. Etika adalah bagian yang memengaruhi bagaimana orang membuat keputusan dan menjalani hidup mereka.

Etika adalah konsep yang diturunkan dari filosofi budaya, agama, dan cara hidup masyarakat. Tiap daerah mungkin bisa memiliki etika yang berbeda. Namun, dasar utama dari etika adalah tentang benar dan salah.

Berikut pengertian tentang etika dan macamnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(28/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Pengertian etika

Etika adalah istilah yang berasal bahasa Yunani ethos, yang berarti adat, kebiasaan, tabiat atau watak.. Menurut KBBI, etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak).

Secara sederhana, etika adalah sistem prinsip-prinsip moral. Melansir Britannica, etika juga disebut sebagai filsafat moral. Etika adalah disiplin yang berkaitan dengan apa yang baik dan buruk secara moral dan benar dan salah secara moral. Etika juga diterapkan pada sistem atau teori nilai atau prinsip moral apa pun.

3 dari 8 halaman

Isi etika

Subjek etika terdiri dari isu-isu mendasar dari pengambilan keputusan praktis, dan perhatian utamanya meliputi sifat nilai tertinggi dan standar yang dengannya tindakan manusia dapat dinilai benar atau salah.

Meskipun etika selalu dipandang sebagai cabang filsafat, sifat praktisnya yang mencakup semua menghubungkannya dengan banyak bidang studi lain, termasuk antropologi, biologi, ekonomi, sejarah, politik, sosiologi, dan teologi.

Etika mencakup bagaimana menjalani hidup yang baik, hak dan kewajiban, bahasa benar dan salah, serta keputusan moral.

4 dari 8 halaman

Manfaat etika

Melansir BBC, etika adalah konsep yang berguna untuk memengaruhi cara manusia berperilaku. Jika seseorang menyadari bahwa akan baik secara moral untuk melakukan sesuatu maka akan menjadi tidak rasional bagi orang tersebut untuk tidak melakukannya.

Tetapi manusia sering berperilaku tidak rasional - mereka mengikuti 'insting' mereka bahkan ketika kepala mereka menyarankan tindakan yang berbeda. Inilah peran etika sebagai alat yang baik untuk berpikir tentang masalah moral.

5 dari 8 halaman

Etika dalam kehidupan sehari-hari

Etika berkaitan dengan apa yang baik bagi individu dan masyarakat dan juga digambarkan sebagai filsafat moral. Etika merupakan kebutuhan dasar bagi kehidupan manusia. Ini membantu dalam pengambilan keputusan mengenai tindakan. Etika membantu mempromosikan harmoni dan kerja tim.

Etika adalah apa yang membimbing seseorang untuk mengatakan yang sebenarnya, menepati janji, atau membantu seseorang yang membutuhkan. Ada kerangka etika yang mendasari kehidupan setiap hari, membantu membuat keputusan yang menciptakan dampak positif dan menjauhkan dari hasil yang tidak adil.

6 dari 8 halaman

Macam etika

Para filsuf saat ini cenderung membagi teori etika menjadi tiga bidang: metaetika, etika normatif dan etika terapan.

Metaetika

Metaetika adalah etika yang dibuat untuk menunjukkan pembahasan yang bukan moralitas secara langsung, melainkan mengacu berbagai konsep yang digunakan dalam bidang moralitas. Metaetika seolah-olah bergerak pada taraf lebih tinggi daripada perilaku etis, yaitu pada taraf “bahasa etis” atau bahasa yang digunakan dalam bidang moral. Dapat dikatakan bahwa metaetika mempelajari logika khusus dari ucapan-ucapan etis.

Etika normatif

Etika normatif adalah macam etika yang berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola perilaku ideal yang seharusnya dimiliki oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika normatif memberi penilaian sekaligus memberi norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan.

Etika terapan

Etika terapan adalah cabang etika yang dikhususkan untuk penanganan masalah moral, praktik, dan kebijakan dalam kehidupan pribadi, profesi, teknologi, dan pemerintahan. Etika terapan melihat topik kontroversial seperti perang, hak-hak binatang dan hukuman mati.

7 dari 8 halaman

Macam etika menurut cakupannya

Macam etika menurut cakupannya merupakan macam etika yang terbagi secara umum. Berikut macam etika menurut cakupannya:

Etika umum

Etika umum adalah etika yang membahas norma dan nilai moral. Ini merupakan kondisi dasar manusia untuk bertindak secara etis. Etika umum menjadi pegangan bagi manusia dalam bertindak. Ini juga menjadi tolak ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan.

Etika khusus

Etika khusus adalah macam etika yang merupakan penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus. Penerapan ini bisa berwujud bagaimana seseorang bersikap dan bertindak dalam kehidupannya dan kegiatan profesi khusus yang dilandasi dengan etika moral.

 

8 dari 8 halaman

Sifat-sifat etika

Sifat etika adalah sifat yang mengacu pada standar normatif perilaku yang berkaitan dengan kode etik ideal manusia. Ini secara substansial berbeda dari perasaan. Pilihan etis dipengaruhi secara signifikan oleh perasaan. Berikut sifat-sifat etika:

- Etika merupakan ilmu normatif karena berkaitan dengan ide-ide.

- Prinsip-prinsip etika dipaksakan sendiri.

- Moralitas adalah inti dari perilaku etis dan harus reflektif.

- Etika mengikuti aturan disiplin.

- Etika bukanlah agama.

- Etika tidak selalu melibatkan norma-norma yang diterima secara budaya.

- Etika berkaitan dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.