Sukses

5 Cara Ampuh Hentikan Kebiasaan Merokok

Ada banyak perokok di dunia ini yang ingin berhenti merokok. Namun sayang, banyak yang kesulitan saat akan memulainya.

Ada banyak perokok di dunia ini yang ingin berhenti merokok. Namun sayang, banyak yang kesulitan saat akan memulainya.

Bahkan peringatan akan bahaya merokok di kemasan dan larangan merokok di tempat-tempat tertentu tidak berpengaruh sama sekali.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok tersebut, seperti dilansir laman Boldsky, Minggu (26/1/2014)

1. Tekad yang kuat

Setiap tahun berganti, banyak perokok yang menetapkan resolusi untuk berhenti merokok. Nyatanya, sedikit sekali yang berhasil. Hanya sekadar resolusi saja dirasa kurang. Para perokok harus memiliki tekad kuat untuk menghentikan kebiasaan merusak itu. Ingat, setiap merokok, orang di sekitar akan mendapatkan dampak buruk dari kebiasaan tidak menyehatkan itu.

2. Konseling

Jangan pernah ragu untuk melakukan konseling kepada ahlinya. Biasanya, konselor memiliki cara atau metode ampuh yang dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok.

3. Terapi pengganti nikotin

Terapi pengganti nikotin merupakan satu cara terbaik untuk menghentikan kebiasaan merokok. Ini akan membantu menghentikan kebiasaan itu secara perlahan. Di London, sudah banyak perokok yang berhenti karena bantuan terapi pengganti nikotin ini.

4. Menahan godaan

Cobalah secara perlahan, di mana pun Anda berada untuk menolak ajakan merokok yang datang. Jika memang perlu, menjauh sejenak dari teman-teman yang perokok. Kalau memang mereka adalah teman-teman Anda, maka akan mengerti apa yang sedang Anda lakukan saat itu.

5. Dukungan dari keluarga

Sertakan anggota keluarga dalam proses menghentikan kebiasaan merokok. Dukungan dari keluarga akan membuat jalan Anda lebih mudah untuk mewujudukan keinginan tersebut.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.