Sukses

4 Bahan Penghilang Kulit Pecah-pecah

Menjaga kelembapan tumit dapat dilakukan perawatan sendiri di rumah agar tidak pecah-pecah, misalnya membuat masker dari pisang atau alpukat

Menjaga kelembapan tumit menjadi hal yang penting agar tidak pecah-pecah atau berbentuk seperti retakan tanah kering. Dikutip Healthmeup, Rabu (11/12/13) kulit di bawah kaki tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat maka itu perlu dijaga kelembapannya. Tumit yang pecah-pecah bukanlah penyakit serius namun mengganggu penglihatan dan keindahan kaki.

Tumit retak umumnya dialami penderita diabetes dan orang-orang yang sudah tidak muda lagi. Kondisi ini memburuk saat musim atau suhu yang dingin menjadi penyebab kulit menjadi kering kemudian pecah.

Berikut ini cara mengatasi tumit pecah-pecah yang dapat dilakukan sendiri di rumah, yaitu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman



1. Air Mawar dan Gliserin

Rendam kaki Anda dalam campuran gliserin dan air mawar setiap hari, membantu menenangkan kondisi kulit dan mengpbati kulit pecah-pecah.

Selain itu juga dapat ditambahkan dengan lemon dan garam, rendam selama 20 menit, kemudian gosokan batu apung.
3 dari 6 halaman


2. Lilin parafin dan minyak kelapa

Panaskan lilin hingga meleleh kemudian campukan dengan minyak kelapa. Pakai seperti masker di bagian tumit yang pecah-pecah, lebih baik dilakukan di malam hari dengan ditambah memasang kaus kaki. Bilas dan bersihkan lilin parafin tersebut pada pagi hari.
4 dari 6 halaman


3. Madu

Madu merupakan pelembab alami yang juga memiliki sifat antibakteri. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengobati kulit pecah-pecah. Tuangkan sekitar setengah cangkir madu ke dalam setengah ember air hangat dan rendam kaki Anda selama 20 menit.
5 dari 6 halaman


3. Pisang

Hancurkan pisang dan kemudain dijadikan sebagai masker untuk bagian tumit atau telapak kaki yang pecah-pecah. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Selain pisang juga dapat ditambahkan alpukat dan daging kelapa hijau.
6 dari 6 halaman


4. Minyak zaitun

Pilih minyak zaitun yang extra virgin untuk melembutkan dan melembapkan tumit kering yang pecah-pecah. Gunakan kapas untuk mengoleskan minyak zaitun. Kemudian pijat dengan gerakan memutar selama 15 menit.

Biarkan minyak zaitun tersebut dan kenakan kaos kaki selama satu jam, setelah itu baru dibersihkan.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini