Sukses

Pasangan Baru Menikah Sebaiknya Pakai Kondom atau Tidak?

Sebenarnya, apakah tindakan seperti ini dianjurkan atau tidak?

Tak sedikit pasangan yang baru menikah memilih untuk mengenakan kondom ketika akan berhubungan seksual. Sebenarnya, apakah tindakan seperti ini dianjurkan atau tidak?

Spesialis Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKU-UI) dr. Eddy Karta, SpKK mengatakan bahwa dianjurkan atau tidaknya mengenakan kondom ketika berhubungan seksual, semuanya dikembalikan ke pasangan itu masing-masing.

"Kalau memang ingin menunda memiliki momongan, ya silakan saja," kata dr. Eddy, saat diwawancarai Health Liputan6.com, ditulis Rabu (4/12/2013)

Karena tujuan penggunaan kondom yang utama adalah untuk pencegahan kehamilan dan penularan penyakit kelamin, tambah dr. Eddy, maka tentunya dianjurkan menggunakan kondom atau tidak, sebaiknya dikembalikan ke pasangan masing-masing.

Dilanjutkan dr. Eddy, sampai saat ini kondom masih menjadi pilihan alat kontrasepsi yang banyak dipilih karena murah, mudah, praktis, dan bisa digunakan hanya saat dibutuhkan saja.

Hal ini berbeda dengan alat kontrasepsi hormonal dan IUD. Sehingga, pemilihan kondom pada pasangan baru menikah, akan mudah dicocokan dengan rencana dari pasangan itu sendiri.

(Adt/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.