Sukses

Penggunaan Kondom dari Masa ke Masa Sejak 15.000 SM

Kondom kita kenal sebagai alat kontrasepsi yang bisa digunakan oleh pria maupun wanita. Ini dia cerita kondom dari masa ke masa

Kondom kita kenal sebagai alat kontrasepsi yang bisa digunakan oleh pria maupun wanita. Rupanya sudah sejak zaman lampau kondom digunakan oleh manusia. Berikut sejarah penggunaan kondom dari masa ke masa dikutip dari Dailymail, Selasa (3/12/2013).

15.000 SM : Diketahui kondom sudah digunakan karena terdapat dalam sebuah lukisan di dinding dari Grotte des Combarrelles , sebuah gua di Perancis. Lukisan-lukisan diyakini antara 10 dan berusia 15.000 tahun sebelum masehi.

1000 SM : Beberapa sejarawan berpendapat bahwa kondom yang terbuat dari kain yang digunakan di Mesir Kuno untuk melindungi terhadap penyakit.

1400 M : Dikenal masa Glans kondom atau orang yang hanya menutupi kepala penis saat berhubungan.  Kondom ini digunakan di Cina dan Jepang . Di Cina, penutup penis terbuat dari usus domba dan diminyaki kertas sutra sementara di Jepang, bahan pilihan kondom adalah rumah kura-kura atau tanduk hewan.

1500-an : Dokter Italia dan Gabrielle Fallopius menulis tentang kengerian sifilis yang sering berakibat fatal di De Morbo Gallico. Dia merekomendasikan laki-laki khususnya menggunakan pelindung linen yang direndam dalam bahan kimia dan dikeringkan saat bercinta. Ini akan membantu mencegah penyakit.

1494 : Wabah sifilis menyebar di Eropa. Sebelum menyebar ke Asia, penyakit ini lebih dulu ada pada orang-orang Cina pada tahun 1505. Banyak yang menganggap, wabah ini muncul akibat  larangan penggunaan alat kontrasepsi terkait kepercayaan agama-agama modern seperti Kristen dan Islam.

1564 : Dokter Italia Gabriele Falloppio menerbitkan De Morbo Gallico, yang merupakan risalah medis pertama yang menyarankan penggunaan kondom sebagai alat untuk mengatasi sifilis.

1600-an : Kondom yang terbuat dari usus binatang pertama kali dibuat dan tersedia untuk umum.

1640 : Kondom dari usus hewan ditemukan di toilet dan diyakini telah digunakan oleh pasukan Raja Charles I

1700 : Pasar kondom terus berkembang. Kondom menjadi lebih banyak dan sering dibuat menggunakan usus atau kandung kemih hewan yang diberi sulfur, alkali atau linen dan direndam dalam bahan kimia.

1708 : Pada abad ke-18 , penggunaan kondom telah menjadi luas, meskipun banyak kontroversi.

Awal 1800-an : Lebih banyak orang mulai terbuka dengan pengendalian kelahiran, termasuk penggunaan kondom. Istilah kondom (condom) juga mulai populer.

1840 : Meskipun tidak nyaman, kondom menjadi terjangkau bagi semua orang dan mulai secara luas dipromosikan ke kelas pekerja (berkat penemuan karet).

1839 : Charles Goodyear menciptakan kondom karet

1870 : E. Lambert dan Son of Dalston mulai menjadi produsen kondom terbesar di London.

1912 : Julius Fromm , seorang ahli kimia Jerman memproduksi kondom menggunakan larutan karet mentah yang dimasukkan ke cetakan kaca.

1918 : Seorang hakim memutuskan bahwa kondom dapat diiklankan dan dijual untuk mencegah penyakit dari penyebaran

1914 : Militer Jerman mempromosikan penggunaan kondom di kalangan tentara. Kecuali Inggris dan Amerika Serikat , semua tentara membagi-bagikan kondom kepada para prajurit.

1920 : Latex diciptakan. Youngs Rubber Company adalah perusahaan pertama yang memproduksi kondom lateks dan dijual di bawah merek Trojan.

1927-1931 : Kondom sering dibagikan kepada anggota militer Amerika dan menjadi masalah standar untuk pria militer .

1932 : The London Rubber Company menjadi perusahaan Eropa pertama yang membuat kondom lateks dan dijual di bawah nama dagang, Durex.

1941 : Jerman melarang penggunaan kondom dan mengarahkan seluruh pasokan negara untuk militer.

1957 : Durex mengungkapkan kondom pertama dengan pelumasan .

1967 : Perancis mencabut hukum pengontrolan kelahiran, diikuti oleh Italia pada 1971. Negara terakhir untuk menyingkirkan undang-undang anti - kondom adalah Republik Irlandia pada 1993.

1981 : Epidemi AIDS dimulai. Semua negara melakukan kampanye kesehatan antara tahun 1985 dan 1987. Akibatnya , penggunaan kondom meroket, terutama di Swiss penggunaan kondom melonjak 80 persen.

1994 : Penjualan kondom mulai menurun. Namun penggunaan kondom secara global terus tumbuh, dengan prediksi para ahli bahwa 18,6 miliar akan digunakan setiap tahun pada tahun 2015.

2013 : Kondom dengan segala macam warna, rasa, tekstur dan bahan sudah diproduksi dan bisa didapat dengan mudah oleh siapa saja. Sempurna sekali perangkat untuk kehidupan seks pada hampir semua orang.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.