Sukses

Pria Tak Sarapan Rawan Kena Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menemukan, pria yang tak makan sarapan rawan terkena serangan jantung atau penyakit jantung.

Pria yang jarang sarapan berpikirlah dua kali. Sebuah penelitian menemukan, pria yang tak sarapan membahayakan karena rawan terkena penyakit jantung.

Dalam penelitian di Amerika Serikat, pria yang tidak sarapan, sebanyak 27 persen lebih mungkin mengalami serangan jantung atau penyakit jantung. Melewatkan sarapan membuat tubuh `ekstra tegang`. Jadi sarapan, benar-benar sangat penting untuk kesehatan. Selain itu, melewatkan sarapan bisa memengaruhi pilihan makan Anda sepanjang hari.

Dr Tony Goldstone , yang memimpin penelitian, mengatakan, orang kerap mencari makanan manis dan berlemak setelah kelaparan (puasa). Alhasil, kebanyakan orang yang melewatkan sarapan cenderung kelebihan berat badan.

Beberapa ahli memang mempertanyakan pentingnya sarapan di atas makanan besar lainnya. Tapi, sejumlah penelitian menunjukkan sarapan bisa melindungi diri dari obesitas. Memang, ini bukan berarti hanya sarapan yang penting, melainkan sarapan merupakan salah satu yang penting dari tiga makan besar.

"Jika Anda tak makan sarapan Anda akan kelaparan pada pertengahan hari sehingga Anda akan mengemil, maka Anda tak akan makan siang yang tepat dan Anda akan lapar lagi pada sore hari dan perlu camilan," kata profesor psikologi kesehatan di University of Surrey, Jane Ogden seperti dikutip Dailymail, Selasa (5/10/2013).

Sementara itu, Kepala Diet dan Kesehatan Penduduk di Medical Research Council Dr Susan Jebb, sarapan memang penting tapi bukan berarti sarapan itu memiliki keajaiban. "Saya menduga Anda akan mendapatkan risiko yang sama seperti berat badan naik dengan melewatkan makan siang atau malam, tapi itu perilaku yang jarang, jadi orang tidak mempelajarinya," ujarnya.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.