Sukses

5 Kiat Jaga Berat Badan di Momen Pergantian Tahun, Salah Satunya Kurangi Minum Kalori

Guna menjaga berat badan tetap stabil hingga menyongsong tahun baru 2024, nutrisionis Andrea Feraldho memberikan beberapa kiat.

Liputan6.com, Jakarta Gorengan banyak disajikan di tengah keluarga saat merayakan pergantian tahun. Mulai dari ayam goreng, kentang goreng, hingga daging goreng.

Guna menjaga berat badan tetap stabil hingga menyongsong tahun baru 2024, Nutrisionis Andrea Feraldho memberikan beberapa kiat.

Pertama, dia menyarankan kepada masyarakat untuk hanya memilih satu jenis gorengan dalam satu piring. Sisanya bisa diisi dengan karbohidrat, sayur, dan protein.

“Pada saat kita mau ngisi piring kita, coba usahakan untuk pilih satu jenis gorengan saja. Jadi jangan sampai satu piring isinya semua gorengan. Satu piring gorengannya satu, sisanya karbohidrat, sayur-sayuran, atau protein lain,” kata Andrea dalam video di kanal YouTube DRV Channel, dikutip Senin (1/1/2023).

Kedua, Andrea menyarankan untuk mengganti camilan menjadi lebih sehat seperti buah-buahan.

“Yang pasti kita bisa makan buah, tapi buah juga enggak sebanyak-banyaknya. Mungkin kalau kita makan anggur, anggurnya 10, paling banyak 15. Atau kalau kita mau makan buah lain, kita bisa potong jadi cuman satu piring kecil.”

Selain buah-buahan, camilan lain yang bisa dipilih adalah kacang-kacangan, misalnya almond panggang.

“Selain itu, kita bisa ngemil yoghurt barengan sama buah-buahan kita,” saran Andrea.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Olahraga Sebelum Masuk Masa Libur Nataru

Kiat ketiga dari Andrea adalah melakukan olahraga sebelum masuk ke masa libur Natal dan tahun baru atau Nataru.

“Olahraga itu seharusnya kita lakuinnya dari sebelum masuk ke liburan. Sempatkan waktu setiap hari untuk olahraga.”

“Dengan rajin olahraga bahkan dari sebelum liburan, semangat kita untuk menjaga porsi makan dan untuk tetap berolahraga sepanjang liburan pasti juga akan tetap naik. Karena kita sudah berolahraga, mungkin pada saat kita lihat makanan kita akan lebih ada penahanan diri dan self control untuk tidak makan terlalu banyak,” jelas Andrea.

Olahraga dapat dilakukan rutin satu jam satu kali. Baik dengan berjalan kaki di sekitar rumah, berenang, lari keliling komplek, dan jalan-jalan dengan peliharaan.

3 dari 4 halaman

Agar Pengaturan Makan Tetap Konsisten

Guna mempertahankan konsistensi dalam pengaturan makan agar tidak konsumsi makanan berlebih selama liburan, Andrea menyarankan kiat keempat yakni untuk mendengarkan badan.

“Cara menjaga agar enggak over eating selama liburan, yang pertama kita harus mendengarkan badan kita sendiri.”

“Pada saat kita makan, benar-benar rasakan badan sendiri, kira-kira kita sudah kenyang atau belum. Kita jangan makan hanya karena kita melihat ada banyak jenis makanan yang tersedia dan kita mau coba semuanya.”

Dengan mendengarkan badan, seseorang bisa berupaya menghentikan kegiatan makan saat kebutuhan perut sudah tercukupi.

4 dari 4 halaman

Kurangi Minum Kalori

Kiat kelima menurut Andrea adalah mengurangi minum kalori. Yang dimaksud Andrea dengan meminum kalori di sini adalah minuman manis.

Seperti minuman soda, jus bergula, sirup, boba, dan lain-lain.

“Yang paling penting usahakan untuk tidak minum kalori. Jadi, coba dikurangin minum minuman yang manis-manis dan banyakin minum air putih aja atau teh tanpa gula dan kopi tanpa gula,” tutup Andrea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.