Sukses

Langkah Efektif Jaga Kondisi Tubuh saat Musim Pancaroba Tiba, Sudah Diterapkan?

Berikut ini langkah efektif guna menjaga kondisi tubuh saat musim pancaroba tiba.

Liputan6.com, Jakarta Masa terjadinya pergantian antara dua musim atau yang lebih dikenal dengan pancaroba telah tiba. Ya, jika beberapa waktu yang lalu mayoritas masyarakat Indonesia merasakan kemarau yang cukup ekstrem, namun akhir-akhir ini, hujan mulai turun walau di waktu yang tak menentu.

Perubahan cuaca tersebut memaksa tubuh seseorang untuk terus beradaptasi dengan kondisi yang tak menentu. Dalam kondisi tersebut, seseorang yang sedang berada dalam kondisi imun yang kurang baik akan mudah terserang penyakit.

Ya, berbagai penyakit yang identik dengan musim pancaroba seperti flu, batuk, influenza, diare, demam berdarah, dan penyakit lainnya akan terasa jika kondisi tubuh tidak cukup fit. Untuk itu, dilansir dari Kementerian Kesehatan, berikut ini langkah efektif guna menjaga kondisi tubuh saat musim pancaroba tiba.

1. Konsumsi Vitamin C yang Cukup

Vitamin c dapat membantu dalam pembentukan jaringan dan sistem pertahanan tubuh. Dengan asupan vitamin c yang tepat, seseorang dapat terlindungi dari serangan penyakit yang kerap hadir saat musim pancaroba tiba. Dan untuk menjaga asupan vitamin c, bisa mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, jambu, dan pepaya atau bisa mengonsumsi suplemen vitamin c.

2. Rutin Mencuci Tangan

Mencuci tangan merupakan tindakan sederhana yang dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan. Dengan rutin mencuci tangan, khususnya sebelum dan setelah makan, kuman dan mikroba yang dapat menyebabkan berbagai penyakit akan hilang.

3. Jaga Kebersihan Tubuh

Salah satu langkah sederhana untuk menjaga kebersihan tubuh agar terhindar dari penyakit yang identik dengan musim pancaroba adalah mandi dua kali sehari. Mengapa? Pasalnya, dengan mandi dua kali sehari, dapat mengurangi pegal pada otot dan melancarkan aliran darah tubuh sehingga mengurangi rasa lelah.

Dengan kata lain, mandi dua kali sehari dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menghilangkan bakteri di tubuh yang berpotensi membawa penyakit.

4. Olahraga Minimal 30 Menit

Berolahraga 30 menit setiap hari dapat mendukung pembentukan antibodi dan trombosit putih dalam tubuh Anda. Itu juga akan menangkis infeksi dan mikroba lain dengan lebih efektif, sekaligus meningkatkan respons kekebalan dan kemampuan Anda untuk melawan penyakit.

5. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Mengonsumsi makanan bergizi sangat berkaitan dengan hidup yang sehat. Selain mencapai berat badan yang ideal, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang dapat mengurangi risiko penyakit yang muncul kala musim pancaroba tiba. 

Untuk itu, usahakan mengonsumsi makanan sehat dan yang mengandung nilai gizi seimbang untuk tubuh seperti vitamin, mineral, karbohidrat, protein, lemak, kalsium, serat, dan air.

Selain makanan, minuman sehat yang menjadikan tubuh terhindar dari berbagai penyakit saat musim pancaroba tiba adalah susu steril. Kenapa susu steril? Karena susu steril dapat membuat organ tubuh serta darah jauh lebih bersih dan menetralkan racun di dalam tubuh.

Nah, susu steril yang bisa kamu konsumsi di tengah tingkat polusi udara yang tinggi adalah BEAR BRAND. BEAR BRAND merupakan susu steril yang terbuat dari 100% susu murni berkualitas tinggi.

Dengan segala kebaikan susu, kemurnian BEAR BRAND pun dapat membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas sehari-hari, dan juga membantu untuk jaga kondisi tubuh.. So, langsung saja minum BEAR BRAND 1 kaleng setiap hari dan #RasakanKemurniannya dan jangan lupa beli BEAR BRAND di Alfamart terdekat!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini