Sukses

6 Makanan yang Bantu Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Tempe Masuk Daftar

Ada banyak makanan yang bsia membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bikin jarang sakit. Berikut enam daftar yang sebagian diantaranya kesukaan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Imunitas atau sistem kekebalan tubuh merupakan hal yang penting agar tahan di segala situasi dan musim. Misalnya ketika musim hujan, imunitas yang baik akan menjaga tubuh agar tidak terserang flu.

Salah satu cara memiliki imunitas tubuh yang baik ternyata bisa dipelihara dengan makan makanan yang sehat. 

"Sel kekebalan memerlukan nutrisi tertentu agar dapat berfungsi dengan baik," kata dokter yang mendalami  pengobatan integratif, Gary E. Deng, MD, PhD.

Nutrisi tersebut diantaranya berasal dari probiotik, protein, vitamin, mineral, antioksidan, dan masih banyak lagi. Mengonsumsi makanan seperti itu membantu sel kekebalan dan melawan molekul berbahaya.

Berikut enam makanan yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh, dilansir dari Real Simple pada Minggu, 5 November 2023.

 1. Makanan Probiotik

Bagi kesehatan usus, makanan probiotik seperti tempe, yogurt, kimchi menjadi sajian yang direkomendasikan. Lalu, karena fungsi usus berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, makanan kaya probiotik salah satunya. 

"Bakteri baik dalam makanan probiotik memperkuat sel-sel kekebalan di lapisan usus," ujar Deng.

Ia juga menjelaskan, bahwa mikroba usus juga memetabolisme makanan untuk menghasilkan nutrisi yang tidak akan tersedia bagi tubuh.

Hal tersebut memastikan sistem kekebalan tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk mencapai performa terbaik.

Deng pun merekomendasikan untuk menambahkan makanan probiotik ke dalam pola makan sebanyak dua hingga tiga kali seminggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sayuran Hijau

Selain mendukung kesehatan jantung dan fungsi otak, sayuran hijau juga menjaga sistem kekebalan tubuh. Sayuran tersebut antara lain seperti kangkung, bayam, lobak, sawi, brokoli dan lain sebagainya.

“Sayuran berdaun hijau kaya akan mikronutrien, terutama vitamin C dan K. Vitamin tersebut penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat," jelas ahli nutrisi, Rhyan Geiger, RDN.

Nutrisi yang mendukung kekebalan lainnya dalam sayuran berdaun hijau juga termasuk beta-karoten, folat, dan vitamin B9.

3 dari 4 halaman

3. Buah Sitrus

Menurut Geiger, buat sitrus seperti jeruk kaya akan vitamin C yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh. Buah ini mendorong produksi sel darah putih yang melawan penyakit.

4. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry. Menurut Deng, buah beri kaya akan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel sehat dari molekul perusak.

"Buah beri juga menawarkan vitamin dan nutrisi penting untuk kekebalan tubuh. Serta serat yang mendukung bakteri baik di saluran pencernaan," kata Geiger.

4 dari 4 halaman

5. Protein Tanpa Lemak

Sumber protein tanpa lemak antara lain seperti tahu, kacang-kacangan, daging, ayam atau tanpa kulit, dan ikan.

"Protein membantu tubuh memperbaiki jaringan dan otot serta membangun antibodi. Selain itu meningkatkan sintesis asam amino yang diperlukan untuk fungsi kekebalan tubuh,” kata Geiger

6. Teh Hijau

Geiger menambahkan, bahwa teh hijau menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

"Teh hijau memiliki beragam antioksidan, termasuk senyawa tanaman yang disebut epigallocationchin gallate," jelas Geiger.

Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh dan meningkatkan fungsi lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.