Sukses

Menebak Merek Smartphone Kim Jong Un, Penampakannya Mirip Samsung Galaxy Z Flip

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, diduga menggunakan smartphone lipat Samsung Galaxy Z Flip.

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un, dipastikan memiliki sebuah ponsel pintar atau smartphone yang bahkan bisa dilipat.

Dari sebuah foto saat Kim Jong Un memeriksa peluncuran uji coba rudal balistik antarbenua atau Intercontinental Ballistic Missile (ICBM) berbahan bakar padat baru 'Hwasong 18' pada Rabu, 12 Juli 2023, terlihat penampakan smartphone lipat ini.

Di dalam foto seperti yang diberitakan media Korea Selatan, YNA pada Kamis 13 Juli 2023, dari atas meja yang berada persis di depan Kim Jong Un saat menonton peluncuran rudal, terlihat sejumlah benda seperti rokok, asbak, dan minuman kaleng.

Kemudian ada satu barang yang tampak seperti smartphone lipat berada di tengah-tengah asbak dan bungkus rokok yang terbuka.

Sulit ditebak secara akurat merek smartphone yang digunakan Kim Jong Un lantaran casing-nya tertutup di bagian luar.

Kim Jong Un Diduga Pakai Smartphone Lipat Samsung

Namun, mengingat bentuk, ukuran, dan ketebalannya, situs berita YNA menyebut bahwa tampilannya mirip dengan seri 'Galaxy Z Flip' dari Samsung Electronics atau seri Huawei China.

Di pasar global, smartphone lipat rilisan Samsung Electronics menempati urutan pertama dengan pangsa pasar lebih dari 70 persen, diikuti oleh Huawei dan Oppo.

Tidak jelas di mana pabrikannya, tapi jika ponsel yang dapat dilipat itu benar, kemungkinan besar produk tersebut masuk ke Korea Utara melalui China secara diam-diam.

Terkait smartphone Kim Jong Un juga pernah 'ramai' kira-kira empat bulan yang lalu. Saat itu, Jong Un diduga menggunakan smartphone all-in-one buatan China.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernah Ramai Penampakan Smartphone Kim Jong Un Berwarna Putih yang Disebut Ponsel All In One

Sebuah smartphone all-in-one warna putih terekam di atas meja tempat Kim Jong Un duduk selama pelatihan serangan senjata Unit Artileri Hwasong pada 9 Maret 2023.

Dari segi ukuran dan desain, situs berita Yonhap News menduga bahwa itu produk China, bukan Apple maupun Samsung.

Namun, resolusi Dewan Keamanan PBB 2397 melarang ekspor dan impor perangkat elektronik ke Korea Utara.

 

3 dari 3 halaman

Kim Jong Un Melek Teknologi dan Smartphone Terkini

'Penampakan' barang elektronik yang dimiliki Kim Jong Un juga pernah bocor pada Agustus 2019.

Membuat Jong Un disebut diam-diam adalah sosok yang melek teknologi dan mengikuti perkembangan smartphone terkini.

Sebuah tablet yang tampak seperti iPad ditempatkan di atas meja di pusat komando Kim Jong Un, yang kala itu memandu uji peluncuran 'peluncur roket multipel super besar', mencuri perhatian. 

Pada saat itu, ada PC tablet berwarna perak bertanda 'iPad' bersama dengan peta, teropong, dan asbak di atas meja, tapi nomor serinya tidak terlihat, sehingga media asing melaporkan bahwa itu mungkin saja terjadi.

Selain itu, wartawan Korea Selatan yang mengunjungi Korea Utara untuk meliput turnamen sepak bola International Youth U-15 (under 15) 2015 menemukan berbagai perangkat elektronik yang tidak terduga di International Friendship Exhibition Hall Mtc.

Saat itu, di ruang Kim Jong Un di ruang pameran, ada sebuah thinkpad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini