Sukses

Dukung Pemulihan Penyakit Fisik dan Mental, RSUI Bangun Taman Healing

Liputan6.com, Jakarta Alam memiliki peran penting bagi kesehatan fisik dan psikologi manusia. Bahkan penelitian mengungkapkan, pepohonan dan lingkungan hijau bisa mengurangi rasa sakit dan meminimalisir stres.

Hal ini tertuang dalam sebuah jurnal yang ditulis oleh profesor arsitektur di pusat penelitian gedung kesehatan (Effects of Healthcare Environmental Design on Medical Outcomes: 2012), Roger S. Ulrich bahwa pasien rumah sakit yang dapat menikmati alam, seperti melihat pepohonan serta tumbuhan hijau, membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit. Hal ini akan mengurangi waktu inap, biaya rumah sakit, meminimalisir rasa stres, hingga evaluasi negatifpada catatan perawat kesehatan.

Melatarbelakangi itu, RS Universitas Indonesia (RSUI) menyelenggarakan penanaman pohon pertama sebagai peresmian dibangunnya “RSUI WINGS Garden”, yakni taman penyembuhan untuk mendukung percepatan kesembuhan pasien serta menjadi ruang hijau bagi nakes dan keluargayang berkunjung.

RSUI WINGS Garden ini terwujud melalui kolaborasi multisektor inidiharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan.

Sekretaris Universitas Indonesia, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D selaku perwakilan Rektor UI memberikan apresiasi atas terciptanya healing garden tersebut.

“Universitas Indonesia (UI) menyambut baik adanya pembangunan taman pemulihan ini. Semoga taman ini bisa bermanfaat sebagai ruang terbuka hijau yang benar-benar dapat dinikmati oleh pasien, pengunjung, dan juga warga UI," katanya dalam keterangan pers, Sabtu (4/2/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

32 Ribu Tanaman dari Berbagai Varietas

Sebagai RS Pendidikan, Agustin berharap taman ini dapat dimanfaatkan sebagai lahan belajar yang nyaman bagi para tenaga kesehatan dan berkolaborasi bersama Rumpun Ilmu Kesehatan menciptakan inovasi di bidang kesehatan.

Rencananya ruang terbuka hijau akan dipenuhi 32.000 tanaman dari berbagai varietas.

RSUI WINGS Garden ini nantinya akan menghadirkan nuansa alam yang restoratif, nyaman dan mudah diakses pasien melalui elemen lanskap yang dihadirkan. Mulai dari bebatuan, aliranair, tanaman kesehatan, hingga fasilitas lainnya seperti aquarium, amphitheater, hingga batualam berpola untuk area terapi.

Selain itu, taman ini juga akan menjadi ruang hijau bagi masyarakat luas sebagai upaya antisipatif menghadapi pemanasan dan perubahan iklim global.

 

3 dari 4 halaman

Diperkirakan Selesai pada Juli 2023

Direktur Utama RS Universitas Indonesia, Dr. dr. Astuti Giantini, Sp.PK(K), MPH,mengatakan, “Kami mengapresiasi Yayasan WINGS Peduli karena memiliki spirit yang sama untuk menghadirkan fasilitas pendukung penyembuhan pasien di RSUI melalui healing gardenini.

Nantinya fungsi dari RSUI WINGS Garden ini akan diintegrasikan dengan pelayanan perangkat klinik, dokter, hingga tenaga kesehatan yang bertugas di RSUI.

"Kami juga berharap healing garden yang akan selesai dibangun pada pertengahan Juli 2023 ini, bisa menjadi salah satu inovasi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat serta ruang terbuka hijau yangnyaman dengan jumlah lebih dari 32.000 tanaman dari berbagai varietas.

”RSUI terus berkomitmen meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan menciptakan inovasidalam bidang kesehatan yang terintegrasi dengan berbagai multidisiplin serta mengutamakan keselamatan pasien."

 

 

 

4 dari 4 halaman

Inovasi yang Akan Jadi Fasilitas Belajar bagi Dokter dan Akademisi

Ricky Tjahjono perwakilan YayasanWINGS Peduli mengatakan, “Kolaborasi dengan berbagai pihak strategis untuk menghadirkan sarana penunjang kualitas pelayanan kesehatan masyarakat."

"Dalam hal ini RSUI sebagai salah satu rumah sakit yang mengusung konsep hijau. Di samping itu, inovasi RSUI WINGS Garden ini juga diharapkan dapat mendukung fasilitas belajar bagi dokter dan akademisi yang terasosiasi dengan salah satu universitas terbesar di Indonesia, yakni UI," ujarnya.

”Berbagai inisiatif kolaborasi dan inovasi ini diharapkan menjadi the good things in life should be accessible for all," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.