Sukses

Hindari 4 Makanan Minuman Ini Saat Berusia 40 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Pada usia 40 tahun selalu dikaitkan dengan risiko penyakit yang meningkat. Anda perlu melakukan sejumlah perubahan dalam hidup agar lebih sehat.

Beberapa ahli diet bahkan menyarankan untuk tak mengonsumsi makanan tertentu ketika menginjak usia 40 tahun. Berikut daftarnya seperti dikutip Eat This:

1. Minuman soda

"Minuman manis telah dikaitkan dengan penambahan berat badan, obesitas, dan diabetes, dan ketika usia lebih dari 40, orang perlu lebih berhati-hati untuk memperhatikan berat badan dan gula, karena berat badan bertambah seiring bertambahnya usia," kata Lisa Young, PhD, RDN, seorang profesor nutrisi tambahan di NYU, mengutip sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan di Physiology & Behavior.

 

2 dari 6 halaman

2. Butter

Apabila usia Anda sudah 40 tahun, sebaiknya pertimbangkan kembali menggunakan butter secara teratur. Entah itu untuk olesan roti panggang di pagi hari atau untuk memasak sayuran atau protein favorit Anda.

"Butter mengandung lemak jenuh yang tinggi, yang dapat menyebabkan penyakit jantung karena telah diketahui meningkatkan kolesterol Anda. Seiring bertambahnya usia, kolesterol Anda dapat meningkat seperti halnya risiko penyakit jantung," kata Young.

3 dari 6 halaman

3. Makanan olahan

Cobalah mengurangi camilan tinggi gula apabila Anda berusia di atas 40 tahun. "Makanan penutup yang mengandung gula olahan, seperti kue, kue kering, pai, dan permen, semuanya memperburuk peradangan dan nyeri otot," kata Ana Reisdorf, MS, RD, dari Wellness Verge, yang mencatat bahwa makanan ini dapat dengan cepat berkontribusi pada penambahan berat badan.

4 dari 6 halaman

4. Alkohol

Ketika Anda sudah berusia 40 tahun, minum minuman beralkohol bisa lebih merusak kesehatan Anda daripada yang Anda bayangkan.

"Kurang tidur, penambahan berat badan, dan peradangan semuanya diperburuk oleh alkohol. Juga, banyak orang di usia 40-an yang mungkin menyadari bahwa mabuk semakin parah," kata Reisdorf.

Reisdorf merekomendasikan setelah berusia 40 tahun segera membatasi atau menghindari alkohol sepenuhnya. "Rekomendasinya tidak lebih dari 2 gelas sehari untuk pria dan 1 untuk wanita," ujarnya.

5 dari 6 halaman

Infografis

6 dari 6 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini