Sukses

Pemerintah Targetkan Vaksinasi Gotong Royong Akhir Mei 2021

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah menargetkan vaksinasi gotong royong pada akhir Mei 2021. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator RI Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Tentunya, vaksinasi gotong royong ini diharapkan sudah bisa dilaksanakan nanti di akhir bulan Mei ini," kata Airlangga usai Rapat Terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 10 Mei 2021.

Terkait pelaksanaan vaksinasi gotong royong, Juru Bicara Menteri BUMN sekaligus Koordinator Komunikasi Publik KPC-PEN Arya Sinulingga sebelumnya mengatakan, target dijadwalkan 17 Mei 2021. Dalam hal ini, pelaksanaan vaksinasi gotong royong dilakukan Idulfitri.

"Kita akan mulai pada tanggal 17 Mei. Tadinya, informasi yang beredar mulainya 9 Mei. Akan tetapi, ditunda sampai tanggal 17 Mei, ya supaya jangan kepotong sama Lebaran," ujar Arya dalam dialog Indonesia Siap Vaksin Gotong Royong beberapa hari lalu.

"Jadi, Lebarannya selesai, habis itu sudah lancar terus ke sananya untuk pelaksanaan vaksinasi gotong royong."

2 dari 4 halaman

Vaksinasi Gotong Royong Tidak Bebankan Karyawan

Pemerintah sudah menjalankan program vaksinasi COVID-19 nasional gratis bagi semua masyarakat sejak Januari 2021 lalu. Kendati begitu, kalangan pengusaha di bawah Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) berupaya membantu Pemerintah.

“Caranya adalah para pengusaha ini ingin memvaksinasi karyawan atau buruhnya. Inilah kontribusi mereka untuk Pemerintah dan untuk negara. Dana, pembeliannya, dan proses vaksinasinya ditanggung oleh teman-teman swasta yang terdaftar oleh KADIN,” terang Arya Sinulingga melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

Pemerintah telah mematangkan peraturan agar vaksinasi gotong royong tidak boleh dibebankan kepada karyawan atau buruh. Langkah ini menghindari terjadinya komersialisasi vaksin COVID-19.

Pengadaan vaksin untuk program Gotong Royong ini pun dilakukan oleh Pemerintah atau BUMN. Namun dalam pelaksanaan vaksinasinya, akan menggandeng pihak swasta.

3 dari 4 halaman

Infografis Vaksinasi Covid-19 Lansia di Indonesia Masih Rendah

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini: