Sukses

4 Cara Mudah Kurangi Asupan Garam

Berikut cara menghindari konsumsi garam berlebih agar terhindar dari banyak penyakit

Liputan6.com, Jakarta - Garam memang berguna untuk tubuh, tapi jika mengonsumsi secara berlebih juga tidaklah baik.

Sodium merupakan salah satu kandungan di dalam garam yang paling penting. Akan tetapi terlalu banyak mengonsumsi garam pun manfaat dari sodium ini tidak akan didapat tubuh. 

Menurut Otoritas Keamanan dan Standar Pangan India (FSSAI), mengonsumsi garam secara berlebihan dapat berujung membahayakan kesehatan seseorang.

Bagi pasien hipertensi, hal ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah, seperti dikutip dari situs Indianexpress pada Kamis, 19 November 2020.

Selain itu, penelitian ini menunjukan bahwa mengonsumsi garam berlebihan dapat berpotensi menyebabkan penyakit terkait ginjal, menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan kesulitan melawan infeksi bakteri.

FSSAI membagikan empat tips mudah dan sederhana dalam mengendalikan dan menjaga asupan garam.

1. Daripada menambahkan garam dalam masakan, bubuk lemon, bubuk mangga kering, ajwain (biji karom) bubuk lada hitam, oregano bisa menjadi alternatif dalam penyedap rasa masakan Anda.

2. Jika memang mengharuskan untuk menggunakan garam dalam masakan, cobalah untuk mengurangi takaran garam menjadi lebih sedikit.

3. Jangan menambahkan garam ke dalam beras, roti dan puri saat memasak atau itu akan menyamarkan rasa manisnya biji-bijian.

 

Penulis: Deskhila Wijaya

Simak Video Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.