Sukses

3 Cara Kenalkan Kondisi Pandemi pada Anak

Liputan6.com, Jakarta Pandemi COVID-19 melanda sebagian besar dunia. Kehadiran virus SARS-CoV-2 telah mengubah gaya hidup masyarakat. Penting bagi orangtua untuk memberi pemahaman yang tepat mengenai kondisi ini pada anak agar dapat saling terlindungi. Berikut cara yang dilakukan Mommy Dinar Indah Palupi dari Babyologist agar anak memiliki pemahaman mengengai kondisi pandemi.

Bagaimana si kecil bisa mengetahui kondisi pandemi ini jika kita tidak menjelaskannya? Kita bisa menjelaskannya dengan cara - cara sederhana. Berikut ini cara saya mengenalkan kondisi pandemi pada kakak dastan.

1. Melalui permainan sederhana

Waktu itu saya pernah membuatkan kakak dastan permainan sederhana dimana permainan ini seperti permainan mencuci tangan untuk membersihkan virus - virus jahat. Dari sini kita bisa mengenalkan bagaimana kondisi kita saat ini yg sedang dihadapkan pada kondisi mewabahnya virus berbahaya Covid-19.

2. Melalui contoh langsung

Hal yg dibingungkan adalah ketika ayahnya menggunakan masker saat akan keluar. Nah dari sini bisa kita ambil contoh bahwa kondisi saat ini sedang berbahaya karena virus Covid-19 sehingga kita harus menggunakan masker ketika berpergian. Tentunya kita jelaskan dengan bahasa yg mudah dipahami si kecil ya moms. Sehingga dengan begini saat harus benar-benar keluar, kakak dastan bisa menggunakan maskernya juga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menjelaskan pada Anak

3. Melalui penjelasan mengapa kita hanya di rumah saja

Selama 3 bulan sudah kita habiskan waktu di rumah saja. Tentu dengan hal ini kita bisa menjelaskan kondisi ini kepada si kecil mengapa kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja bahkan hingga 3 bulan ini. Tidak ke mall dulu, tidak ke pantai, tidak jalan - jalan yg pasti rutininas yg biasanya di lakukan tiap weekend menjadi hilang. Ini bisa kita jadikan penjelasan kepada si kecil apa yg tengah terjadi saat ini.

Itu tadi hal yang saya lakukan untuk menjelaskan kepada kakak dastan bagaimana kondisi kita saat ini. Tentunya kita bisa membuatkan banyak aktivitas agar anak tidak bosan selama di rumah saja. Seperti membuatkan mainan sederhana dari barang yg sudah di pakai dan membuat bonding time antara orang tua dan anak lebih terjalin terutama bonding ayah dan anak yng biasanya lebih banyak antara kita sebagai ibu yang 24 jam bersama si kecil. Ada hikmah yang bisa kita ambil dari kondisi ini, ya waktu dengan keluarga lebih banyak. Tetap jelaskan kondisi ini pada si kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini