Sukses

Terapkan Protokol Kesehatan, Salat Jumat di Masjid Raya Bandung Dihadiri 2.000 Jemaah

Setelah beberapa bulan terakhir ditutup karena COVID-19, Masjid Raya Bandung kembali gelar salat Jumat perdana hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Setelah beberapa bulan terakhir ditutup karena pandemi COVID-19, Masjid Raya Bandung kembali gelar salat Jumat hari ini.

Sekitar 2.000 jemaah hadir dalam pelaksanaan salat Jumat perdana tersebut. Menurut Muchtar Gandaatmaja, Ketua DKM Masjid Raya Bandung, jumlah tersebut adalah hasil dari pembatasan kapasitas jemaah.

"Jemaah kalau saya melihat mungkin 2.000-an, enggak kurang. Kalau kapasitas normal bisa sampai 13.000 atau 15.000 jemaah," ujar Muchtar mengutip Antara, Jumat (12/6/2020).

Salat Jumat perdana ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Muchtar memastikan dari mulai jemaah masuk hingga bubar, pihak pengelola masjid bekerja sama dengan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jawa Barat telah menerapkan anjuran pemerintah.

Upaya tersebut dimulai dari pengecekan suhu hingga mengatur jarak antar jemaah demi mencegah penyebaran COVID-19.

Biddokkes yang terdiri dari para personel polisi bertugas mengecek suhu dan mengatur masuknya jamaah ke dalam masjid. Sedang, petugas DKM mengatur penempatan salat jemaah.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hanya Dua Pintu yang Dibuka

Hanya ada dua pintu masjid yang dibuka selama pandemi, yitu pintu utara dan pintu selatan. Kedua pintu langsung mengarahkan jemaah ke tempat wudhu lalu ke dalam masjid.

Setelah salat selesai, tambah Muchtar, petugas membuka seluruh pintu masjid agar tidak ada penumpukan jamaah di dua pintu. Menurutnya, pelaksanaan salat perdana tersebut tidak menemui kendala sama sekali. Jemaah yang tidak menggunakan masker tidak diperkenankan untuk masuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.