Sukses

Tabir Surya Sudah Kedaluwarsa, Masih Bisa Dipakai?

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, mungkin memiliki banyak jenis tabir surya dengan berbagai SPF, tetapi banyak juga yang tidak memperhatikan tanggal kedaluwarsanya. Lalu, amankah menggunakan tabir surya yang sudah kedaluwarsa?

"Tabir surya adalah obat bebas dan harus tetap diperhatikan," kata pendiri perusahaan penelitian sains kosmetik, Konstantinos Lahanas, PhD yang dilansir dari Self.

Anehnya lagi, terdapat beberapa botol tabir surya yang tidak dilengkapi dengan tanggal kedaluwarsanya. Bahkan jika ada pun, itu bisa hilang dari waktu ke waktu.

Berikut jawaban para ahli terkait tabir surya yang sudah kedaluwarsa.

John G. Zampella, instruktur di Departemen Dermatologi di New York mengatakan bahwa bahan kimia yang ada pada tabir surya bisa rusak dalam jangka waktu yang lama. Akhirnya, menjadi tidak berguna.

"Sama seperti stroberi yang dimasukkan ke lemari es berminggu-minggu yang akan membusuk. Akhirnya,  semua senyawa dalam kandungan akan rusak, dan tabir surya menjadi tidak berguna," kata Zampella kepada Self.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Amerika Serikat menjelaskan bahwa semua produsen obat, termasuk tabir surya harus melakukan pengujian stabilitas sebelum mereka menjual produknya.

Berdasarkan pengujian tersebut, mereka dapat mengaplikasikan tanggal kedaluwarsa pada produk.

2 dari 4 halaman

Apa yang akan terjadi jika menggunakan tabir surya kadaluarsa?

Zampella mengatakan jika kamu menggunakan tabir surya yang sudah kedaluwarsa, mungkin masih memiliki manfaat dalam menangkal sinar UV, tetapi itu tidak memberikan manfaat penuh seperti yang tercantum dalam label.

Bahkan tabir surya dengan SPF tinggi tidak akan bekerja secara maksimal apabila sudah kedaluwarsa.

"Dapat dikatakan tabir surya itu tidak efektif," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Bagaimana jika tabir surya tidak ada tanggal kadaluarsanya?

Tabir surya yang tidak ada tanggal kedaluwarsa terbukti efektif digunakan setidaknya dalam kurun waktu tiga tahun, kata BPOM Amerika Serikat.

"Jadi, tabir surya bisa digunakan tiga tahun setelah pembelian," kata BPOM Amerika Serikat.

Pada dasarnya apabila kamu menemukan tabir surya tanpa tanggal kadaluarsa dan mungkin lupa kapan membelinya, buang saja.

Penulis :Vina Muthi A.

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bisa Meresap ke Aliran Darah, Amankah Pakai Sunscreen?