Sukses

Piza hingga Cokelat, Ini Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

Makanan pedas memang nikmat tapi ada baiknya tidak disantap sebelum tidur jika tidak ingin kualitas tidur terganggu.

Liputan6.com, Jakarta Banyak faktor yang dapat mengganggu kualitas tidur, seperti banyaknya beban pekerjaan, stres, cemas, hingga makanan. Siapa sangka, salah satunya mengonsumsi makanan pedas. 

Dilansir dari Health, Briana Rodriquez, RDN, ahli gizi dan personal trainer membagikan pengetahuan tentang minuman dan makanan ringan yang dapat mengganggu kualitas tidur.

Berikut adalah beberapa minuman dan makanan yang dapat mengganggu kualitas tidur:

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Cokelat Hitam

Pada dasarnya, dark chocolate atau cokelat hitam mengandung kafein. Sama seperti kopi, kafein pada dark cokelat dapat bertindak sebagai stimulan dan dapat mengganggu kualitas tidur. Pilihan lain yang lebih baik untuk dikonsumsi yaitu susu dan cokelat putih. 

3 dari 9 halaman

Makanan Pedas

Bagi sebagian orang memang menghindari untuk makan makanan yang pedas, tetapi perlu diperhatikan bagi orang yang menyukai sambal untuk berhati-hati mengonsumsi sebelum tidur.

Bumbu pedas yang terlalu kuat dapat menyebabkan perut terasa tidak nyaman dan gangguan pencernaan, keduanya dapat menjadi lebih buruk ketika berbaring.

4 dari 9 halaman

Alkohol

Segelas alkohol atau anggur merah sebelum tidur mungkin menjadi ritual bagi beberapa orang. Meskipun alkohol dapat membantu beberapa orang tertidur, sebuah penelitian telah menunjukkan minum alkohol sebelum tidur cenderung dapat menyebabkan kelelahan ketika bangun tidur. Cobalah untuk menggantinya dengan minum teh chamomile.

5 dari 9 halaman

Saus Tomat

Jika Anda hendak menambahkan saus tomat ke dalam makanan, sebaiknya tidak memakannya sebelum tidur.

"Itu dikemas dengan asam amino yang disebut tiramin, yang dapat mengaktifkan pelepasan norepinephrine. Bahan kimia ini dapat meningkatkan aktivitas otak, sehingga dapat mengganggu kemampuan untuk tertidur," kata Rodriquez.

6 dari 9 halaman

Soda

Perlu disadari bahwa soda merupakan minuman yang penuh dengan gula. Ketika meminumnya di malam hari dan langsung tidur, pencernaan Anda akan melambat dan tubuh kemungkinan akan menyimpan kalori sebagai lawan untuk menggunakan energi tersebut. Soda juga mengandung kafein.

7 dari 9 halaman

Makanan Tinggi Lemak

Hindari makanan ringan yang mengandung lemak tinggi. Makanan seperti ini dapat mengganggu kualitas tidur, sebaiknya untuk menggantinya dengan makan makanan yang berprotein tinggi dan rendah lemak yang dapat membantu seseorang tertidur lebih cepat.

8 dari 9 halaman

Kopi

Bagi sebagian orang sudah terbiasa meminum kopi, mungkin tidak menjadi masalah yang besar bagi dirinya. Namun, jika Anda sensitif dengan kopi, jangan sampai meminum secangkir kopi enam jam sebelum tidur. Jika Anda membutuhkan minuman yang dapat membuat Anda menjadi melek, cobalah ganti dengan minum teh hijau atau air mineral.

9 dari 9 halaman

Piza

Piza memang merupakan makanan yang lezat tetapi perlu diingat bahwa di dalamnya terdapat saus tomat. Saus tomat terasa asam yang dapat membuat perut terasa tidak nyaman. 

"Dan jika Anda menambahkan lada ke piza, kombinasi tiramin, keasaman, dan pedas kemungkinan lebih besar akan membuat Anda mengalami gangguan pencernaan yang mengakibatkan lebih sulit untuk beristirahat," kata Rodriquez.

Alangkah baiknya makan piza di awal atau siang hari.

 

Penulis : Vina Muthi A.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.