Sukses

5 Langkah Mudah Detoksifikasi Tubuh

Mendetoksifikasi tubuh sangat penting dilakukan untuk memaksimalkan perlindungan dari berbagai penyakit. Anda dapat melakukannya sekali dalam seminggu.

Liputan6.com, Jakarta Memberikan perlindungan tubuh dari luar sama pentingnya dengan memberikan perlindungan tubuh dari dalam. Selain memilih asupan makanan dan minuman yang baik untuk tubuh, Anda juga harus rutin melakukan detoks untuk menyingkirkan racun yang menumpuk di dalam tubuh.

Pastinya tak ingin racun yang menumpuk tersebut menjadi sumber berbagai penyakit untuk menyerang tubuh Anda. Oleh karena itu, perhatikan langkah kecil di bawah ini untuk membantu Anda dalam detoksifikasi tubuh:

1. Setelah Bangun Tidur Minum Perasan Air Lemon

Seperti yang dilansir dari Health, Anda dapat meminum segelas air hangat dengan lemon segar yang telah diperas. "Ini akan memberikan tubuh Anda tetap terhidrasi dalam bentuk kalium, kalsium, dan magnesium," kata pendiri dan direktur perusahaan kesehatan, Be Well, Frank Lipman, MD.

Jus lemon juga membantu hati Anda menghasilkan lebih banyak enzim, membantu sistem pencernaan, dan mendorong hati untuk membersihkan racun. Vitamin C dalam jus lemon adalah antioksidan yang kuat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Mengonsumsi Brokoli

Menurut dr. Lipman, mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi dapat mendukung kemampuan tubuh untuk melawan racun. Sebuah studi tahun 2014 mengungapkan bahwa wanita yang mengonsumsi banyak sayuran memiliki risiko lebih sedikit mengalami peradangan daripada mereka yang mengonsumsi sedikit sayuran.

3. Menggosok Tubuh dengan Sikat Halus

Beberapa hari seminggu sebelum mandi atau saat mandi, Anda dapat menyikat tubuh dengan menggunakan sikat berbulu halus. "Ini membantu kulit Anda mengelupas sel-sel tua, membuka pori-pori, dan memungkinkan kulit berkeringat dengan bebas," jelas dr. Lipman. Dia juga menambahkan bahwa menggosok tubuh dengan sikat berbulu halus dapat merangsang sirkulasi di bawah kulit dan mendorong pembaruan sel.

3 dari 3 halaman

4. Berolahraga

Seperti yang dilansir dari Shape, olahraga teratur adalah bentuk detoksifikasi yang sehat karena mendorong sirkulasi dalam darah dan sistem getah bening. Berolahraga juga dapat meningkatkan pencernaan, mengurangi ketegangan, melumasi sendi, dan memperkuat tubuh Anda.

Menurut dokter keluarga dan profesor klinis di University of California San Francisco, Amerika Serikat, Daphne Miller, MD, seseorang yang berolahraga secara teratur memiliki lebih sedikit racun dalam tubuhnya daripada mereka yang tak rutin berolahraga.

5. Tidur yang Cukup

Tidur merupakan detoksifikasi yang sehat. Menurut dr. Miller, tidur yang buruk adalah penyebab utama dari kesehatan tubuh yang buruk. Oleh karena itu, petimbangkan tidur Anda, hilangkan  kebiasaan mengonsumsi kafein, alkohol, makan larut malam, dan menatap layar televisi, komputer, serta ponsel dua jam sebelum tidur.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.