Sukses

Merasa Dihakimi, Waspada Pertemanan Tak Sehat

Liputan6.com, Jakarta Pertemanan merupakan hubungan yang terjadi karena adanya perilaku kerja sama dan saling mendukung. Pertemanan dapat memberikan pengaruh positif dan atau pun negatif pada kehidupan Anda.

Tentu saja Anda tak ingin mendapatkan pengaruh negatif dari pertemanan yang tak sehat, bukan?

Berikut ini adalah tanda bahwa pertemanan yang tak sehat sehingga Anda dapat menghindari hal itu:

1. Anda Selalu Merasa Buruk Mengenai Diri Sendiri

Seperti yang dilansir dari Health, pertemanan yang sehat dapat membuat Anda merasa postif, sedangkan pertemanan yang tak sehat dapat membuat Anda merasakan hal yang sebaliknya.

"Teman Anda mungkin secara terang-terangan menjatuhkan Anda atau menjadi lebih agresif dalam kritikan mereka," kata penulis buku Better Than Perfect, Elizabeth Lombardo.

2. Tak Pernah Yakin Posisi Anda

Selalu mempertanyakan kepada diri sendiri mengenai status dalam kelompok pertemanan Anda. Merasa tidak yakin dengan reaksi mereka terhadap Anda pada hari tertentu. Kadang mereka senang dengan keberhasilan Anda, pada waktu berbeda mereka cemburu dan pahit. Lambardo mengatakan bahwa ketidakpastian ini yang dapat membuat Anda cemas ketika bersama mereka.

2 dari 3 halaman

3. Anda Merasa Dihakimi

Menurut psikolog klinis, Ben Michaelis, PhD, pertemanan yang tak sehat sering membicarakan individu lain di belakangnya.

"Kelompok teman yang sehat tidak menghakimi Anda dan akan menjaga rahasia Anda," ujar Lambardo.

4. Anda Merasa Tertekan untuk Melakukan Hal yang Tak Ingin Dilakukan

Tekanan sosial dapat menyebabkan norma-norma kelompok yang tidak sehat, Anda harus waspada jika Anda merasa tidak bebas mengungkapkan pikiran Anda atau bahkan menjadi malu melakukan sesuatu yang bertentangan dengan hati nurani Anda.

"Anda merasa bersalah atas apa yang Anda lakukan atau mereka membuat Anda malu melakukan hal-hal yang tak Anda inginkan," kata Lambardo.

3 dari 3 halaman

5. Ketika Menghabiskan Waktu Bersama Mereka, Anda Tak Menikmati

Berdasarkan lansiran dari Women's Health, Lambardo mengatakan bahwa bisa jadi Anda merasakan peningkatan kecemasan, sakit kepala, atau gangguan perut ketika bersama kelompok teman Anda.

6. Anda Bersaing dengan Mereka

Tak ada salahnya dengan persaingan sehat antarteman. Jika Anda dan teman-teman Anda menyukai bidang yang sama, Anda harus tetap memiliki perasaan yang baik dan menginginkan yang terbaik bagi mereka secara keseluruhan. Jika tidak, hal itu bisa menjadi racun bagi pertemanan Anda.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Alasan Persahabatan Lebih dari 10 Tahun Itu Istimewa
Artikel Selanjutnya
Sontek 5 Cara Orang Sukses Hadapi Kesulitan