Sukses

Efek Septic Tank Meledak, Bisa Sampai Sebabkan Luka Bakar

Liputan6.com, Florida Kejadian septic tank meledak tidak hanya terjadi di Cakung, Jakarta Timur. Ada beberapa kejadian lain serupa, termsuk di Florida, Amerika Serikat. 

Kejadian septic tank meledak pernah terjadi di kamar mandi rumah Marylou Ward. Beruntung dia selamat dari kejadian yang terjadi pada Minggu, 4 Agustus 2019. Sambaran dahsyat petir pun menghantam septic tank-nya, yang menyebabkan ledakan besar.

"Itu adalah suara paling keras yang pernah aku dengar. Kami turun dari tempat tidur dan langsung ke kamar mandi. Hancur berantakan kloset di lantai," ujar Ward, dikutip dari Metro, Kamis (7/11/2019).

Seluruh sistem drainase di rumah Ward pun hancur setelah petir menyambar septic tank. Ledakan dipicu gas metana yang keluar dari septic tank.

Gas metana juga ada dalam jumlah kecil dalam perut manusia dan limbah. Gas ini mampu menyulut api hingga tingkat yang mudah terbakar ketika terkandung dalam septic tank.

Ledakan septic tank yang begitu dahsyat menimbulkan kekhawatiran Ward, takut rumahnya ikut terbakar. "Kami mencium bau asap dan melihat keluar. Itu asap dari septic tank," Ward melanjutkan.

Jendela dan dinding kamar mandi rusak parah. Walaupun septic tank meledak, Ward tetap berpikiran positif, "Aku senang tidak ada di antara kami (anggota keluarga) yang menggunakan kamar mandi. Itu hal utama yang patut disyukuri."

2 dari 4 halaman

Hujan Kotoran Manusia

Kejadian septic tank meledak pernah terjadi pada 2011, dua pekerja federal terluka (satu serius) setelah toilet di gedung Public Service Administration meledak. Kasus juga pernah terjadi di Baltimore pada tahun 2014. 

Melansir Gizmodo, kasus di Baltimore mungkin salah satu contoh kejadian paling menjijikkan. Seorang wanita mengklaim, pekerjaan pembersihan saluran pembuangan membuatnya 'dihujani' kotoran manusia.

Ini karena septic tank meledak sehingga 'air mancur panas' kotoran manusia keluar tatkala ia duduk di atas kloset. "Aku benar-benar 'tertutup' kotoran (manusia)," kata wanita yang tak disebut namanya.

3 dari 4 halaman

Luka Bakar Parah

Luka bakar parah dialami seorang wanita akibat septic tank yang meledak pada tahun 2014. Wanita yang tak disebut namanya ini harus menjalani pencangkokan kulit pada kaki. 

Ia terbakar parah dalam ledakan septic tank dipicu gas metana, yang disebabkan kurangnya ventilasi dan kebersihan bar toilet di sebuah bar di Barcelona.

Melansir The Local, septic tank meledak ketika kloset yang didudukinya meledak. Nahas, ia didera luka bakar tingkat dua dan tiga.

Menurut laporan resmi polisi, ledakan septic tank disebabkan kondisi septic tank yang tidak higienis dan kurangnya ventilasi di toilet.

Saat menyalakan lampu toilet, percikan kabel listrik memicu gas metana yang menyelimuti ruangan toilet. Ketika korban duduk di kloset, gas dikompresi, lantas mengakibatkan ledakan yang kuat.

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Metro Sepekan: Tragedi Septic Tank Meledak hingga Kabar Ahmad Dhani Bebas
Artikel Selanjutnya
Kenali Bahaya Gas dalam Septic Tank yang Mudah Meledak