Sukses

Syarat agar Anak Bisa Diajak Traveling ke Alam Bebas

Liputan6.com, Jakarta Mengajak si Kecil berlibur tak harus melulu ke tempat-tempat yang berisi wahana bermain. Memperkenalkan anak pada alam bebas pun bisa jadi pilihan. Namun, ada syarat yang harus diperhatikan oleh orangtua sebelum mengajak anak berlibur di alam. Simak sharing Mommy Nandya Rahayu K dari Babyologist berikut ini.

Banyak Orang tua yang ingin liburan tapi terlalu khawatir anak akan sakit jika dibawa ke alam bebas. Padahal, banyak sekali manfaat mengajak bayi liburan ke alam bebas. Sebenernya bisa gak, sih, kita bawa bayi jalan jalan ke alam terbuka atau menginap di hutan? Jawabannya, bisa banget, Moms!

Namun, ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan sebelum Moms membawa si Kecil berpetualang bersama, ya!

Usia Minimal

Untuk usia minimal mengajak bayi traveling sebenarnya tergantung pada kondisi bayi tersebut; apakah sudah siap untuk diajak berpergian atau tidak? Latihlah bayi untuk bermain di taman sekitar rumah dahulu atau ajak lebih sering untuk berpergian bersama. Setelah itu, lihat kondisi tubuhnya apakah sudah siap atau belum.

Perlu Konsulatasi ke DSA

Bagi orang tua yang masih khawatir dan ragu, opsi ini memang menbantu. Yup, konsultasikan dulu ke DSA apakah bayi kita aman atau tidak untuk dibawa traveling.

 

2 dari 3 halaman

Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Apa saja yang harus dipersiapkan saat membawa bayi ke alam bebas?

P3K si Kecil

Bisa membawa Obat (luka, penurun panas, batuk pilek, alergi), minyak balur, asal aspirator (penyedot ingus bayi) dan lain-lain.

Pakaian

Untuk Pakaian disesuaikan dengan berapa lama kita akan berpergian, sebisa mungkin kita lebihkan 2 - 3 baju. Jangan lupa juga untuk membawa jaket dan kaos kaki.

Jaket

Pilih bahan jaket untuk bayi yang hangat dan tidak tipis.

Makanan & Minuman

Untuk makanan, Moms bisa membawa makanan instan atau membawa stok makanan dari rumah yang bisa di hangatkan ketika diperjalanan. Jika anak sudah makan nasi, kita bisa pergi ke tempat makan dan membawa beberapa bungkus untuk persediaan. Moms juga disarankan untuk membawa cemilan, ya.

Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi adalah hal yang tidak boleh ketinggalan saat travelling ya, Moms. Apalagi jika kita ingin mengajak si Kecil camping.

Mainan

Bawalah mainan kesukaan anak yang mudah di-packing dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Kita bisa membawa 2 atau 3 mainan.

Gendongan

Ini wajib buat yang anaknya belum bisa jalan, atau yang bayi nya 2 tahun ke bawah. Sebab, kita gak mungkin bawa stroller ke alam terbuka. Gendongan juga sangat penting karena kita tidak tahu bagaimana kondisi bayi. Mereka bisa tiba-tiba capek dan ingin digendong. Gendongan yang bisa Moms pilih adalah gendongan aman, nyaman dan tentunya yang paling nyaman untuk orang tua saat menggencong si Kecil.

 

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Mengajak anak ke Alam Terbuka

Ada banyak manfaat mengajak anak traveliing ke alam terbuka. Bagi saya juka besar nanti, kelak bisa lebih menghargai apa yang telah Allah Ciptakan, menghargai dirinya sendiri, menghargai kehidupan, sayang pada alamnya, rendah hati, meningkatkan wawasan dan motorik anak dan berani mencoba hal baru.

Semoga bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Menyayangi Pasangan Jangan Kalah Besar dari Anak
Artikel Selanjutnya
Kisah Perjuangan Ibu yang Memiliki Anak dengan Kelainan Genetik Langka