Sukses

Kunyit, Rahasia Kulit Cerah dan Awet Muda

Kunyit bisa digunakan sebagai bahan masker wajah. Rimpang ini terbukti bisa mencerahkan dan melindungi kulit wajah dari kerusakan dan membuat awet muda.

Liputan6.com, Jakarta Kunyit rupanya tak hanya bermanfaat menambah cita rasa masakan, melainkan juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan. Bumbu yang identik dengan warna kuning ini jadi bahan alami yang berkhasiat membuat kulit wajah tampak awet muda.

Kunyit bisa digunakan sebagai bahan masker wajah. Rimpang ini terbukti bisa mencerahkan dan melindungi kulit wajah dari kerusakan dan membuat awet muda.

Laman Fimela melansir Boldsky, berikut tiga khasiat kunyit yang membuat wajah tampak awet muda.

1. Mencerahkan kulit

Campuran madu dan susu berkhasiat mencerahkan kulit. Madu membantu menutrisi kulit dan membuatnya halus serta lembap. Sementara susu mengandung mineral dan vitamin yang menghambat penuaan dini pada kulit dan mengecilkan pori.

Untuk mendapat manfaatnya, cuci wajah dengan air hangat lebih dulu. Ini akan membuka pori-pori wajah dan membuat penyerapan nutrisi dan vitamin dari masker kunyit lebih maksimal.

Aplikasikan masker campuran bubuk kunyit, madu, dan susu secara menyeluruh pada wajah. Tunggu hingga 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin agar pori kulit kembali menutup. Lakukan perawatan ini seminggu sekali secara rutin dan lihat perbedaannya.

2. Membersihkan kulit

Campuran kunyit, alpukat, dan yogurt berkhasiat membuat kulit tampak lebih bersih. Alpukat mengandung vitamin E dan asam lemak yang menghidrasi dan melembapkan kulit wajah. Sedangkan yogurt mengandung vitamin B serta kaya kalsium, melindungi kulit dari bakteri sehingga tampak lebih bersih.

Campur kunyit, alpukat, dan yogurt, lalu haluskan. Pastika wajah telah bersih sebelum mengaplikasikan masker ini. Pijat wajah dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 10 menit setelah kering lalu bilas dengan air dingin. Gunakan masker ini seminggu sekali untuk membuat wajah lebih bersih dan awet muda.

3. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari langsung berpotensi membuat kulit wajah rusak. Masker kunyit berkhasiat melindungi wajah dari efek samping paparan matahari. Kombinasikan kunyit dengan yogurt dan tomat. Yogurt mendinginkan kulit setelah terkena sinar UV. Sementara tomat kaya antioksidan yang berfungsi sebagai tabir surya, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Campur kunyit, yogurt, dan tomat, haluskan. Oleskan masker ke seluruh wajah yang telah dibersihkan. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Aplikasikan masker ini setiap kali usai terpapar sinar matahari. Ini akan melindungi wajah dari kerusakan kulit dan tetap awet muda.

 

Reporter: Meita Fajriana

Sumber: Fimela.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini