Sukses

Tahan Makan 50 Cabai Semenit Berhadiah Emas 24 Karat 3 Gram

 

Liputan6.com, Jakarta Masing-masing negara memiliki keunikannya sendiri. Di Tiongkok misalnya, ada kompetisi makan cabai yang diselenggarakan setiap tahun. Tak tanggung-tanggung, perlombaan ini dilaksanakan di dalam kolam yang dipenuhi cabai.

Hadiah lomba makan cabai ini bukan uang tunai, melainkan emas 24 karat seberat 3 gram. Untuk jadi juara, peserta harus kuat melahap 50 cabai dalam semenit! Kamu berani coba?

Mengonsumsi makanan pedas biasanya identik dengan efek samping perut melilit dan buang air setelahnya. Tapi, sebenarnya ada manfaat sehat di balik makan cabai. Berikut lima manfaat doyan makan makanan pedas bagi kesehatan.

Mengurangi Berat Badan

Rasa panas yang ‘nendang’ dalam cabai berasal dari kandungan capsaisin. Menurut "The New York Times", makan hidangan pedas dapat meningkatkan metabolisme hingga 8 persen dan membakar kalori. Tapi hati-hati jangan malah jadi kebanyakan makan, karena selera makan bertambah akibat sengatan sambal.

Membuat Jantung Sehat

Capsaisin bahan aktif yang ditemukan dalam jalapeños, cabai rawit dan cabai merah menurunkan kolesterol jahat, dan berdampak positif meningkatkan fungsi jantung. Menurut penelitian yang dipresentasikan dalam American Chemical Society, capsaisin juga melancarkan aliran darah dalam pembuluh.

 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

1 dari 2 halaman

Melawan Kanker

Tambahan Nilai Gizi

Membubuhkan cabai segar dalam makanan membantu konsumen mencapai asupan harian vitamin dan mineral yang cukup. Menurut USDA National Nutrient Database, paprika hijau dan merah memiliki berbagai mineral penting dan tingkat vitamin C yang tinggi. Vitamin C dapat mengurangi risiko flu dan dapat membantu mencegah kanker serta penyakit jantung.

Melawan Kanker

Selain membantu memicu produksi keringat, beberapa rempah-rempah mengandung antioksidan pelawan kanker yang dapat membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan sel tumor. Beberapa bahan makanan pedas memiliki potensi anti-kanker. Riset American Cancer Society menunjukkan bahwa capsaisin dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Mengatasi Flu

Unsur aktif capsaisin dalam cabai bisa membantu melancarkan jalan pernapasan, membuat lega hidung tersumbat, mencegah sinusitis dan gejala flu lainnya yang mengganggu.

Penulis: ap/as (DW)

Artikel Selanjutnya
Beli Cabai di Pasar, Pria Ini Terkejut Lihat Kertas Pembungkusnya
Artikel Selanjutnya
Harga Cabai dan Bawang Merah Stabil Usai Lebaran