Sukses

13 Manfaat Kunyit Kuning dan Kunyit Hitam Untuk Kesehatan Tubuh yang Prima

Jakarta Tanaman herbal banyak tersebar di lingkungan rumahmu, salah satunya adalah kunyit.Rempah-rempah yang identik dengan warna kuning ini diperkaya dengan bahan aktif utama yang disebut dengan kurkumin. Bahan ini memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang sangat kuat. Itulah sebabnya kunyit tinggi akan manfaat sehat untuk kesehatan tubuhmu.

Manfaat kunyit untuk kesehatan

Berikut adalah manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh seperti yang dirangkum Liputan6.com (30/5):

1. Anti peradangan alami

Peradangan yang terjadi dalam tubuh menjadi cikal bakal dari munculnya penyakit, baik penyakit ringan hingga penyakit kronis termasuk penyakit jantung, kanker, Alzheimer, dan berbagai kondisi degeneratif lainnya. Tingginya kandungan kurkumin memberi manfaat kunyit sebagai agen anti inflamasi.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kurkumin yang ada di dalam kunyit adalah salah satu zat anti oksidan yang kuat. Zat ini mampu mencegah radikal bebas yang mengganggu sistem DNA. Sistem DNA yang kuat berkontribusi pada meningkatnya imunitas atau sistem kekebalan tubuh

3. Menyehatkan pencernaan

Sekali lagi, kandungan kurkumin di dalam kunyit memberi manfaat kunyit untuk membunuh bakteri jahat di dalam perut sehingga mampu menyehatkan pencernaan.

 

2 dari 5 halaman

4. Menurunkan kolesterol

selain kaya akan zat anti oksidan, manfaat kunyit berikutnya adalah efektif untuk menurunkan LDL atau kolesterol buruk dalam darah.

5. Mengobati asma

Satu sendok bubuk kunyit yang dicampur dengan segelas susu hangat efektif untuk mengobati asma, flu, pilek, dan batuk. Ya, manfaat kunyit yang lain adalah untuk mengobati asma dan gangguan sistem pernapasan lainnya.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Berbagai macam vitamin dan mineral seperti potasium dan zat besi di dalam kunyit diperlukan untuk membangun sel darah merah. Sedangkan kalium di dalamnya mampu untuk mengontrol tekanan darah dan denyut jantung. Itulah sebabnya manfaat kunyit yang lain adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular lain.

7. Mencegah Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang jadi penyebab utama demensia. Sejauh ini belum ada pengobatan yang ampuh untuk mencegah Alzheimer. Namun kamu bisa mencegahnya dengan konsumsi kunyit. Manfaat kunyit lain yang bisa kamu dapatkan adalah mampu mencegah Alzheimer karena kandungan kurkumin di dalamnya.

3 dari 5 halaman

Manfaat kunyit untuk mendukung kecantikan kulit dan wajah

Selain berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuhmu secara keseluruhan, manfaat kunyit lainnya untuk mendukung kecantikan kulit dan wajah. Ini dia buktinya:

8. Menghambat proses penuaan

Kunyit dikenal memiliki sifat yang dapat membantu dalam menunda munculnya tanda-tanda penuaan. Maka, manfaat kunyit untuk kecantikan kulit adalah dengan mencegah penuaan dini. Campur beberapa sendok makan kunyit dengan sedikit air. Aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah, leher dan lengan. Ketika itu mengering, gosok kulit dengan lembut dalam gerakan melingkar, lalu bersihkan sisanya dengan air hangat. Lakukan ini secara teratur untuk menghindari munculnya kerutan dan untuk membuat kulit selalu terlihat lebih muda.

9. Mengurangi jerawat

Karena memiliki sifat antibakteri dan antiseptik, kunyit dapat membantu untuk melawan jerawat. Ini juga dapat mengontrol sekresi minyak pada kulit dan mengurangi bekas jerawat. Campurkan sedikit bubuk kunyit, bubuk cendana dan sedikit air lemon. Oleskan masker ke seluruh wajah dan biarkan kering. Kemudian cuci wajah dengan air dingin.

10. Mencerahkan warna kulit

Kunyit dapat meratakan warna kulit dan memberikan efek cahaya pada kulit. Sertakan kunyit dalam masker wajah untuk mencerahkan warna kulit.

4 dari 5 halaman

Manfaat kunyit untuk kanker

Kanker adalah penyakit yang mengerikan, biasanya diawali oleh pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali. Kabar baiknya, kanker bisa dicegah dan bahkan diminimalkan efek buruknya dengan kunyit. Ya, memang ada manfaat kunyit untuk kanker karena kunyit mengandung kurkumin.

Menurut penelitian kandungan kurkumin dalam kunyit mampu mengurangi angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor), metastasis (penyebaran kanker), serta mampu mematikan sel kanker. Dalam sebuah penelitian ditunjukkan bahwa konsumsi 4 gram kunyit selama 30 hari bisa mengurangi jumlah lesi di usus besar hingga sebesar 40%.

Manfaat kunyit asam

Minuman kunyit asam adalah minuman yang paling populer dengan bahan kunyit. Berikut merupakan manfaat kunyit asam untuk kesehatan tubuh.

11. Meredakan gejala arthritis

Sifat anti inflamasi yang ada dalam kunyit membantu meredakan peradangan dan pembengkakan pada penderita arthritis atau radangan sendi. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan kurkumin di dalam kunyit inilah yang memberi manfaat kunyit tersebut.

12. Mencegah Kolitis ulserativa

Kolitis ulserativa adalah penyakit kronis yang menyebabkan munculnya bisul di ujung bawah saluran pencernaan. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center ditemukan bahwa konsumsi kunyit secara rutin mampu menyembuhkannya.

5 dari 5 halaman

13. Mengobati uveitis

Uveitis adalah peradangan pada iris mata. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin yang ditemukan dalam kunyit sebetulnya sama efektifnya dengan pengobatan seperti kortikosteroid, namun tanpa efek samping.

Manfaat kunyit hitam

Tahukah kamu bahwa kunyit tak hanya berwarna kuning? Ternyata ada lho kunyit yang berwarna hitam dan sama-sama memiliki manfaat sehat seperti kunyit kuning.

Menurut beberapa penelitian, tanaman yang memiliki nama ilmiah Cucurma Caesia ini juga tinggi akan kandungan zat antioksidan, mampu mencegah kanker, hingga bersifat anti peradangan.

"Kandungan kurkumin dalam kunyit hitam dapat digunakan untuk meningkatkan atau mengobati penyakit paru-paru seperti asma, bronkitis, hingga pneumonia. Jika dipasangkan dengan bumbu dapur seperti lada hitam, maka khasiat dari kunyit yang didapatkan akan lebih maksimal," ungkap penelitian dari Positivemed.

Kamu bisa mendapatkan manfaat kunyit dengan minum air rebusan kunyit atau menaburkan kunyit bubuk di makanan dan minuman yang akan kamu konsumsi.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
14 Cara Cepat Berbahasa Inggris Tanpa Kursus Mahal
Artikel Selanjutnya
9 Cara Membuat Bolu Kukus Lezat, Mekar, dan Tidak Amis