Sukses

Melatih Anak Biar Tak Pilih-Pilih Makanan

Melatihnya makan berbagai jenis makanan, bukan hanya membuat anak lebih sehat tapi yang membuat mereka menghargai hidangan yang ada

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan anak yang suka pilih-pilih makan menjadi keluhan yang paling sering dilontarkan ibu baru. Mereka khawatir, anak-anaknya hanya makan makanan tertentu saja lantaran sudah tahu rasanya.

Saat anak disodorkan menu baru, sama sekali tak mau coba. Hal ini sebenarnya bisa dicegah dengan mengenalkan berbagai macam bahan makanan ketika anak mulai belajar makan.

"Melatihnya makan berbagai jenis makanan, bukan hanya membuat anak lebih sehat tapi yang lebih penting membuat mereka mengharga hidangan yang ada. Termasuk melatih kemampuan sosial dan adaptasi," ujar Diana K. Rice, R.D, seorang pakar gizi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana cara melatih anak mau mencoba berbagai makanan?

Cobalah untuk tak selalu memberikan yang ia mau. Misalnya si kecil sangat suka wortel. Sesekali tawarkan sayuran lain, seperti jamur, brokoli, bayam. Pastikan mengolahnya dengan baik dan nikmat sehingga si kecil menyukainya.

Seperti dikutip dari situs Fit Pregnancy pada Senin, 28 Mei 2018, buatlah makan bersama keluarga sebagai agenda rutin. Makan bersama dengan berbagai lauk di depan mata akan sangat menggoda anak untuk mencobanya. Apalagi jika ia melihat anggota keluarga lain makan dengan lahapnya.

"Anak akan penasaran dengan menu yang dimakan ibu atau saudar-saudaranya yang lebih tua. Mereka pasti ingin mencicipi. Dengan begitu anak pun jadi ingin mencoba makanan lain," ungkap Rice.

 

3 dari 3 halaman

Ajak Anak Masak Bareng

Lalu sesekali libatkan anak saat memasak. Biarkan mereka mencoba rasa asli bahan makanan sebelum diolah. Misalnya mencoba tauge, tahu, tempe atau sayuran dan bahan makanan lain sebelum dibumbui.

"Melibatkan anak-anak dalam proses mengolah masakan akan sangat membantu mereka lebih ingin mengenal beragam rasa," kata Rice.

Penulis : Mutia/ Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.