Sukses

4 Kata Wajib Saat Ajari Anak tentang Sopan Santun

Sopan santun sebaiknya diperkenalkan sejak dini pada anak.

Liputan6.com, Jakarta Pendidikan sopan santun pada anak menjadi salah satu tanggung jawab penting orangtua dalam mengasuh anak. Sopan santun sebaiknya diperkenalkan sejak dini pada anak, seperti yang dilakukan oleh Devina Apriyanti dari Babyologist. Simak kisahnya berikut ini...

"Bekal harta bisa habis. Tapi bekal pengetahuan untuk selamanya." Mungkin ada yang pernah mendengar kalimat ini ya Moms? Memang wajar memberi bekal materi pada anak. Namun bekal pengetahuan jauh lebih penting.

Untuk saya, mendidik anak sopan santun sedini mungkin sangatlah penting, terutama kesopanan dalam bertutur kata. Apalagi masyarakat Indonesia terkenal akan keramahannya di mata dunia. Jangan sampai predikat ini luntur.

Ada 4 kata dalam kesopanan bertutur kata: terima kasih, maaf, tolong, dan permisi. Bagaimana cara mengajarkannya ke anak?

Terima Kasih

Jika anak memberikan sesuatu kepada kita, selalu ucapkan terima kasih padanya. Begitu juga jika anak menerima pemberian dari orang lain, selalu biasakan anak untuk mengucapkan terima kasih. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Maaf, Tolong, dan Permisi

Maaf

Ajari dan biasakan anak untuk tidak segan mengucapkan permintaan maaf jika dia berbuat kesalahan pada orang lain. Baik orang yang lebih tua maupun yang lebih muda. Begitu juga sebaliknya. Apabila kita berbuat salah pada anak, kita wajib meminta maaf juga ke anak.

Tolong

Selalu ucapkan kata tolong jika kita meminta bantuan pada anak. Apapun permintaan bantuannya, selalu ucapkan tolong. Anak pun harus dibiasakan mengucap kata tolong jika dia hendak meminta bantuan pada orang lain.

Permisi

Biasakan anak mengucapkan permisi jika hendak mengambil benda di dekat orang lain, atau jalan melewati orang lain yang sedang duduk, atau hendak memotong jalan karena tergesa-gesa, dan lain sebagai.

Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.