Sukses

Ingin Tidur Nyenyak? Lakukan 6 Kebiasaan di Malam Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta Tidur menjadi salah satu kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi. Beberapa orang kerap mengalami kesulitan mencapai tidur nyenyak. Padahal, tidur menjadi salah satu momen di mana tubuh beristirahat secara fisik dan mental.

Dilansir dari Step to Health, Senin (16/4/2018), kualitas tidur sangat dipengaruhi oleh aktivitas yang Anda lakukan sebelum beranjak ke kasur. Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat dilakukan sebelum tidur untuk membuat Anda terlelap.

1. Nikmati makan malam ringan

Sebagian orang berpikir makan banyak akan membuat mereka mudah mengantuk dan akhirnya dapat tidur nyenyak. Namun, hal ini ternyata salah. Makan terlalu berat justru akan membuat Anda semakin sulit untuk tidur.

Tak hanya itu, sebaiknya Anda menghindari makanan manis, agar mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

2. Jauhi karbohidrat kompleks

Hal ini perlu Anda perhatikan karena karbohidrat kompleks memiliki kadar gula yang tinggi. Selain itu, makan makanan ini terlalu banyak tidak hanya menstimulasi tubuh, melainkan juga otak. Hal inilah yang akan membuat Anda sulit tidur nyenyak.

3. Batasi cairan

Sebagian orang terbiasa minum segelas air sebelum tidur. Namun demikian, hal ini rupanya akan membuat Anda sulit untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda dapat minum maksimal satu jam sebelum tidur. Teh merupakan minuman yang dianjurkan, agar tubuh Anda pun menjadi lebih rileks dan tertidur nyenyak.

 

Saksikan juga video berikut ini :

2 dari 2 halaman

4. Mendengarkan musik

Beberapa orang mendengarkan musik untuk membantu mereka tertidur lelap. Anda bisa mencoba mendengarkan musik klasik dan memasangnya pada volume rendah. Selain itu, musik yang berasal dari suara alami seperti air, pantai, kicauan burung, akan membuat Anda lebih santai dan pada akhirnya tertidur nyenyak.

5. Tidur malam pada waktu yang sama

Menjaga rutinitas menjadi salah satu hal yang penting untuk membuat Anda tidur dengan nyenyak. Oleh sebab itu, Anda dapat menetapkan waktu yang sama. Hal ini akan membuat Anda secara otomatis akan tertidur pada waktu tersebut.

6. Lakukan latihan pernapasan di tempat tidur

Salah satu hambatan tidur yang paling sering terjadi adalah Anda merasa tegang. Oleh sebab itu, latihan pernapasan dapat melepaskan ketegangan, sehingga Anda akan tertidur dengan nyenyak.

Anda dapat menarik napas dan mengembuskannya perlahan. Oksigen yang masuk ke otak akan membantu mengatasi kecemasan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Perhatikan Waktu yang Tepat agar Mandi Air Hangat Bikin Tidur Nyenyak
Artikel Selanjutnya
5 Kebiasaan di Kamar Mandi Ini Bisa Bikin Sakit