Sukses

Tidur Nyenyak dan Badan Terasa Segar saat Bangun dengan 11 Cara Ini (2)

Liputan6.com, Jakarta Tidur nyenyak merupakan dambaan bagi semua orang, terutama bagi mereka yang kesulitan mendapatkannya. Berbagai kondisi membuat sebagian orang kerap merasa kesulitan dalam mencapai kualitas tidur yang lebih baik, seperti terlalu lelah, suara gaduh, dan kondisi badan yang tidak fit.

Mengutip dari Step to Health, Sabtu (3/3/2018), tak dapat tidur nyenyak dapat berdampak pada kondisi badan yang tidak segar. Oleh karena itu, melanjutkan dari artikel sebelumnya, berikut adalah 11 cara yang dapat Anda lakukan agar mencapai kualitas tidur yang lebih baik.

6. Jangan tidur dengan hewan peliharaan

Bagi Anda yang memelihara hewan seperti anjing dan kucing, sebaiknya jangan tidur bersama mereka. Menurut penelitian, sebanyak 64% orang yang berbagi kamar dengan hewan peliharaannya tidak dapat mencapai kualitas tidur yang baik.

7. Meletakkan bawang putih di bawah bantal Anda

Meski terkesan seperti mitos, ternyata meletakkan bawang putih di bawah bantal benar-benar ampuh membawa Anda masuk ke alam mimpi dengan cepat. Hal ini karena kandungan sulfur pada bawang putih yang memiliki efek sedatif, yang akan meningkatkan kualitas tidur Anda.

8. Matikan telepon selular Anda

Ketika telepon selular berdering saat malam hari, tentu hal ini akan mengganggu Anda saat tidur. Tak hanya itu, cahaya pada telepon selular dapat mengganggu hormon melatonin, yang dapat mengendalikan tidur Anda.

Jika ingin meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik lagi, sebaiknya letakkan telepon selular di luar kamar Anda. Hal ini karena otak akan terus merasa bahwa barang-barang tersebut masih berada di dalam ruangan, sehingga Anda akan tetap merasa kesulitan untuk tidur nyenyak.

 

Simak juga video menarik berikut ini :

2 dari 2 halaman

Suhu yang tinggi dapat membuat Anda sulit tidur

9. Lihat kembali suhu ruangan tempat Anda tidur

Suhu kamar pun menjadi salah satu faktor penentu Anda mencapai kualitas tidur yang baik atau tidak. Idealnya, suhu ruangan tempat Anda tidur berkisar antara 16 dan 20 derajat celcius. Kondisi ruangan dengan suhu tersebut dapat membantu Anda mencapai tidur yang nyenyak.

Jika tertidur dalam kondisi panas yang tak tertahankan, Anda akan bangun pada tengah malam. Hal inilah yang akan membuat Anda merasa kesulitan untuk kembali tertidur.

10. Dekatkan lavender di sekitar tempat tidur Anda

Aroma bunga ini terkenal dengan sifat penenangnya. Hal ini akan membuat Anda tertidur lelap dengan lebih nyenyak. Oleh sebab itu, letakkan bunga lavender di dekat tempat tidur Anda atau gunakan lilin atau minyak lavender.

11. Pastikan Anda mendapatkan dosis magnesium harian

Tubuh membutuhkan kandungan magnesium dalam jumlah banyak agar dapat tertidur nyenyak sepanjang malam. Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium, atau nikmati suplemennya 30 menit sebelum tertidur.

Loading
Artikel Selanjutnya
Punya Kondisi Langka, Remaja Kolombia Tidur Sampai Dua Bulan
Artikel Selanjutnya
Tidur Bisa Bikin Berat Badan Turun, Begini Caranya