Sukses

Alasan Selfie Bisa Bikin Hidung Terlihat Besar

Selfie bisa membuat orang merasa hidungnya terlihat besar.

Liputan6.com, Jakarta Selfie bisa membuat orang merasa hidungnya terlihat besar. Jika Anda merasakan hal seperti itu, Anda tak sendirian. Efeknya, permintaan operasi hidung pun meningkat.

Itulah hasil penelitian yang dipublikasikan secara online di jurnal JAMA Facial Plastic Surgery, seperti dilansir Healthday, Jumat (2/3/2018).

Apa penyebab hidung terlihat besar? Karena diambil dari jarak dekat, berswafoto bisa mendistorsi penampilan hidung seseorang, seperti dijelaskan ahli bedah plastik dan rekonstruktif, Dr Boris Paskhover. Dia adalah asisten profesor di departemen otolaringologi di Rutgers New Jersey Medical School.

"Orang dewasa yang masih muda terus-menerus memfoto diri sendiri untuk dikirim ke media sosial dan menganggap foto itu mewakili penampilan mereka, yang dapat berdampak pada keadaan emosional mereka," kata Dr Paskhover menjelaskan dalam rilis berita Rutgers tentang kebiasaan selfie. 

Para periset mencatat, pada tahun 2014 saja, lebih dari 93 miliar selfie diambil dengan menggunakan ponsel per hari.

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bedah kosmetik agar selfie lebih baik

Paskhover mengatakan, ia ingin mereka yang mengambil foto selfie, pada dasarnya melihat ke cermin funhouse portabel.

Untuk membantu pasien memahami hal ini, Paskhover dan peneliti lain menciptakan model matematis yang menjelaskan distorsi hidung pada foto close-up.

Model menunjukkan rata-rata selfie, diambil sekitar 12 inci dari wajah, membuat dasar hidung tampak sekitar 30 persen lebih lebar dan ujung hidung sekitar 7 persen lebih lebar dari foto yang diambil pada jarak stansae potret 5 kaki, yang memberikan gambaran wajah yang lebih akurat.

Menurut American Academy of Facial Plastic and Reconstructive Surgery, 55 persen anggotanya mengatakan orang-orang mendatangi mereka tahun lalu untuk bertanya tentang bedah kosmetik karena mereka ingin terlihat lebih baik saat selfie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.