Sukses

5 Tanaman di Rumah Ini Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran tanaman hidup di dalam rumah tak hanya sekadar menyemarakan isi rumah melainkan juga berdampak positif bagi kesehatan. Masing-masing tanaman ruang punya fungsi dan keunggulan masing-masing. Ada tanaman yang membantu menyaring udara di dalam ruangan jadi lebih bersih, ada pula yang ampuh mengiringi Anda ke alam mimpi.

Berikut jenis tanaman yang cocok diletakkan di dalam kamar tidur agar Anda lelap lebih cepat, dilansir dari laman Times of India, Rabu (22/3/2017):

1. Lavender

Bunga berbentuk unik dan berwarna ungu ini sangat populer akan kemampuannya meminimalisir kecemasan dan stres, juga membuat Anda mudah tidur. Peneliti telah membuktikan bahwa lavender bisa membantu bayi tidur lebih cepat dan mengurangi kadar stres pada ibu baru.

2. Melati/jasmine

Aroma melati memiliki efek menenangkan pada tubuh. Tanaman ini dikatakan bisa mengurangi kadar kecemasan dan meningkatkan energi positif.

3. Sanseviera

Menurut NASA, sanseviera yang dikenal juga dengan snake plant merupakan penyaring udara terbaik di rumah. Bentuknya yang unik tak hanya indah menyemarakkan sudut ruangan melainkan juga mengeluarkan oksigen di malam hari.

4. Spider plant

Tanaman yang daunnya seperti kaki-kaki laba-laba ini bisa membersihkan udara dari zat kimia penyebab kanker. Spider plant ini pun mampu menyerap bau dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.

5. Lidah buaya

Ya, lidah buaya atau aloe vera tak hanya bagus sebagai bahan krim kulit, melainkan juga bisa membantu Anda tidur nyenyak. Seperti sanseviera, tanaman ini melepas oksigen saat malam hari. Perawatannya pun mudah dan gelnya bisa untuk mengobati luka tersayat atau memar.