Sukses

Menginjak Usia 40 hingga 60-an, Pria Wajib Ketahui Ini

Memasuki usia 40-an hingga 60-an, pria akan mengalami perubahan kondisi tubuh yang harus diketahui lebih awal,

Liputan6.com, Jakarta Memasuki umur 40 tahun ke atas, pria akan mengalami perubahan kondisi tubuh secara perlahan. Sayangnya, perubahan ini tidak disadari oleh mereka.

Seperti dikutip laman Men's Journal, Rabu (1/2/2017) pria yang memasuki usia 40-an hingga 60 ke atas harus memeriksakan kesehatannya secara khusus seperti berikut ini.

Pria usia 40-an

Menurut Dr. Jamin Brahmbhatt, urolog dari Orlando Health, pria yang memasuki usia ini berpotensi besar terhadap kanker usus besar dan kanker prostat. Terlebih, jika salah satu anggota keluarga lebih dulu mengalaminya.

1. Pantau tekanan darah dan kolesterol sepanjang usia 40-an.

2. Periksa juga BMI dan glukosa dalam darah yang dapat mempengaruhi kemungkinan terjadinya diabetes tipe 2.

Pria usia 50-an

1. Saat pria memasuki usia 50, diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan mata dan pendengaran sebelum terjadi penurunan fungsi.

2. Tak kalah penting, pria dianjurkan untuk melakukan tes kadar testosteron dan memeriksa kebutuhan gizi seperti magnesium dan asam folat.

Pria usia 60-an

1. Pada usia 60 dan seterusnya, pria harus melakukan pemeriksaan secara berkala terkait petanda Alzheimer dan demensia.

"Kami belum bisa mengukur efek kesehatan dari stres mental. Namun, kondisi ini berpotensi besar terjadi pada usia tersebut," ungkap Dr Gerald Fletcher, juru bicara American Heart Association.

2. Kesehatan tulang memerlukan perhatian khusus bagi pria yang memasuki usia ini. Anda harus melakukan pemeriksaan kepadatan mineral pada tulang untuk mengetahui apakah Anda osteoporosis atau tidak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini