Sukses

Telinga Anda Berdengung? Atasi dengan Terapi Suara

Tinnitus merupakan suatu kondisi yang menyebabkan telinga berdengung dan dapat diobati melalui terapi.

Liputan6.com, Inggris Tinnitus merupakan suatu kondisi yang menyebabkan telinga berdering permanen atau berdengung yang memengaruhi 10 persen dari populasi penduduk di dunia. Kondisi itu  bisa diobati dengan cara tidur. Sebuah terobosan pengobatan baru menggunakan kekuatan otak telah tersedia di Inggris untuk pertama kalinya.

Yaitu dengan sistem Levo yang berupa terapi suara untuk tinnitus dengan menggunakan teknologi iPod yang akan langsung mengarah ke otak saat pasien tidur. Para ahli mengatakan, otak dapat dilatih untuk mengabaikan dengung. Telinga berdengung biasa terjadi saat seseorang dilanda stres.

Pengobatan yang mengutamakan terapi berbasis suara digunakan sebagai perangkat medis untuk pertama kalinya bagi penderita tinnitus di Amerika Serikat sejak 2014. Mark Williams, Kepala Audiolog di The Tinnitus Clinic mengatakan, sistem Levo secara khusus dirancang untuk mengobati pasien tinnitius pada saat tidur. Hal ini dikarenakan otak seseorang lebih cenderung responsif terhadap terapi suara saat tidur.

"Ini adalah pendekatan inovatif yang telah terbukti memberikan bantuan penyembuhan dari gejala tinnitus lebih cepat daripada sebelumnya. Selama penilaian, kami mengidentifikasi dan memetakan tinnitus terhadap kondisi pasien," terangnya.

Kemudian sistem Levo menciptakan preskriptif suara yang disajikan kepada pasien melalui perangkat iPod saat mereka tidur. "Hasilnya, pusat pendengaran di otak pasien membuat pasien terbiasa dengan suara dengungan yang mampu mengurangi volume suara," lanjut Mark, seperti yang ditulis Express, Selasa (8/11/2016).

Telinga berdengung diobati dengan sistem Levo, terapi suara

Mark menambahkan, pengobatan tinnitus berbasis terapi suara di iPod di Inggris mulai marak digunakan. Sistem Levo bisa menjadi populer digunakan sejumlah orang seperti orang-orang muda yang ingin beradaptasi dengan pendengaran berdengung pada siang hari.

Berdasarkan data The British Tinnitus Association, sekitar 6 juta orang di Inggris dipengaruhi oleh kondisi telinga berdengung. Dr Lorraine Gailey, Kepala Ekseskutif Hearing Link menyambut baik sistem Levo untuk pertama kalinya di Inggris.

"Perawatan ini termasuk pertama kali dikeluarkan The Tinnitus Clinic bagi jutaan orang yang hidupnya dipengaruhi oleh gejala tinnitus setiap hari," kata Dr Lorraine.

Nitesh Patel, seorang konsultan mengatakan, anak-anak muda yang berusia 18 tahun ke atas lebih banyak menderita gejala tinnitius. Mereka mengharapkan pendengaran yang cukup baik dari pengobatan terapi suara sistem Levo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini