Sukses

Stimulasi 8 Kepintaran Anak Bisa Dimulai Sejak di Kandungan

Liputan6.com, Jakarta Anak pada dasarnya mempunyai delapan kepintaran dengan kadar yang berbeda-beda. Orangtua perlu memberi stimulasi sejak dini yang merupakan kunci untuk mengembangkan otak anak secara optimal.

"Meski masing-masing anak berbeda-beda, mungkin word smart yang lebih menonjol atau number smart yang menonjol, tetapi di usia dini semua kepintaran ini bisa distimulasi. Dan memang perlu dikembangkan karena kepintaran ini tidak tumbuh dengan otomatis," kata Parenting Educator Dr Andyda Meliala di peluncuran Parenting Club di Kawasan Senayan pada Kamis (3/11/2016)

Sama halnya ketika anak bisa berjalan, pertama kali yang dilakukan para orangtua adalah dengan membimbingnya, mendorong agar si Kecil mau merangkak, menetah, yang pada akhirnya anak bisa berjalan.

Menurut Andyda, stimulasi guna mengasah kepintaran si Kecil bisa dilakukan sejak anak di dalam kandungan. Dengan cara orangtua rutin bernyanyi dan menjaga diri agar tidak stres yang berakibat pada tumbuh kembang si Kecil di kemudian hari.

"Kalau orangtua menginginkan anak memiliki word smart (kalau anak masih kecil) kitanya yang banyak bernyanyi dan bercerita. Itu sudah menstimulasi si Kecil," kata Andyda.