Sukses

Studi Terbaru Obesitas Bisa Picu 13 Jenis Kanker

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian mengejutkan diungkap para peneliti di Inggris. Mereka menemukan kelebihan berat badan atau obesitas bisa memicu risiko 13 jenis kanker, termasuk kanker kandung kemih perut, multiple myeloma (jenis kanker yang menyerang sel plasma), payudara, usus besar, tiroid, hati dan empedu.

Ini menambah bukti penelitian sebelumnya yang menemukan, kelebihan berat badan berhubungan dengan kanker usus besar, kerongkongan, ginjal, payudara dan rahim.

Temuan ini didasarkan pada review lebih dari 1.000 studi berat badan dan risiko kanker dianalisis oleh Badan Organisasi Kesehatan Dunia Internasional untuk Kanker pada Penelitian (IARC).

Studi yang dipublikasikan dalam the New England Journal of Medicine ini bisa menjadi peringatan bagi populasi global karena diperkirakan 640 juta orang dewasa dan 110 juta anak mengalami obesitas.

Menanggapi hal tersebut, Profesor Graham Colditz yang memimpin IARC di Prancis, mengatakan, kanker tak sekadar masalah kelebihan berat badan atau obesitas tapi lebih luas dari itu. 

"Faktor gaya hidup seperti diet yang sehat, menjaga berat badan yang sehat dan berolahraga, tidak merokok bisa berpengaruh pada pengurangan risiko kanker," ujarnya.

Masalahnya, kata dia, kehilangan berat badan sulit bagi banyak orang. Alih-alih berjuang untuk ideal, dia justru menggunakan berbagai cara instan.